Seni Rupa & Desain

Seni Cukil Kayu, Teknik Grafis Kuno yang Nggak Lekang Dimakan Zaman

seni-cukil-kayu

Ada banyak banget metode berkarya dalam bidang seni grafis. Dari sekian macam teknik, seni cukil kayu adalah jenis metode cetak manual yang cukup kuno. Tapi jangan salah, loh, karena hingga detik ini metode cukil kayu masih tetap bertahan.

Yuk, lebih dalam mengulik tentang apa itu seni cukil kayu.

Udah Ada Sejak Zaman Dahulu, Loh

orang-membuat-karya

Seni cukil kayu sudah ada sejak zaman dulu (Sumber: i.ytimg.com)

Kalo ngomongin soal teknik cetak manual di dunia seni grafis, tentu nggak lepas dari yang namanya metode cukil kayu. Pasalnya, jenis metode cetak seni rupa ini udah ada sejak lama, GenK. Menjadi teknik cetak favorit banyak pelaku kreatif, seni cukil kayu ternyata udah muncul sejak masa-masa perjuangan bangsa kita.

Hal tersebut seperti yang bisa kamu lihat dari banyaknya poster-poster zaman dulu yang dibuat dengan menggunakan teknik cukil kayu.

Apa Sih, Keunggulan Seni Cukil Kayu?

keunggulan-seni-cukil

Keunggulan seni cukil (Sumber: docplayer.info)

Kenapa sih, cukil kayu begitu disukai oleh para pelaku kreatif? Ternyata bukan tanpa alasan, loh, GenK, mereka lebih memilih metode yang satu ini. Pasalnya, teknik cukil menawarkan banyak kelebihan. Salah satu keunggulannya adalah dapat menghasilkan eksperimen visual dengan tampilan yang lebih menarik. Hasil mengagumkan itu berasal dari perpaduan berbagai macam warna tinta  yang digunakan.

Selain itu, keunggulan lain dari seni cukil kayu adalah teknik grafis yang bisa kamu terapkan ke berbagai medium. Nggak cuma permukaan kayu atau woodcut, seni cukil juga dapat diterapkan ke medium linoleum atau linocut, bahkan permukaan logam alias metalcut, loh!

Baca Juga :   Noken: Tas Serat Kayu Tradisional Unik Asal Papua
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Meraup Cuan Sekaligus Menyelamatkan Lingkungan, Peluang Bisnis Furniture Daur Ulang Sampah Plastik

Seni Rupa & Desain

Tren Media Sosial Instagram Tahun 2022 Terbaik untuk Personal Branding

Seni Rupa & Desain

Mengulik Prinsip Mobile First Design yang Penting dalam Desain Produk

Seni Rupa & Desain

Step by Step Cara Mengubah Gambar jadi Vektor di Photoshop