GenK STORY

Seni Psikedelik: Visualisasi Imajinasi Tanpa Batas

seni-psikedelik

Pernahkah kamu melihat suatu karya dengan melibatkan pola kaleidoskopik berwarna-warna sangat kontras atau sebuah objek metafisika yang menimbulkan ilusi penglihatan seolah-olah objek tersebut bergerak akibat pengulangan motif? Beberapa karakteristik tersebut termasuk dalam seni psikedelik (psychedelic).

Kenalan dengan Seni Psikedelik

seni-psikedelik

Net of Being by Alex-Grey (2002) (Sumber: revolvermag.com)

Seni psikedelik merujuk pada karya visual dan musik representasi kondisi kesadaran yang berubah akibat obat-obatan halusinogen seperti LSD (d-lysergic acid diethylamide) dan Psilosibin. Kata psychedelic berasal dari bahasa Yunani: Psychē (ψυχή) yang berarti pikiran; jiwa dan Delos (δήλος) yang berarti manifestasi; merealisasikan.

Dalam sejarah perkembangannya, seni psikedelik dipengaruhi oleh gerakan hippie yang berideologi Flower Power, konteks sosial dan politik Amerika pada tahun 1960-an serta berhubungan erat dengan Art Nouveau, surealisme dan optical art.  

Hippie adalah sebuah istilah populer pada pertengahan tahun 1960-an. Istilah ini mengacu pada kelompok kaum muda yang berusaha untuk menjatuhkan nilai-nilai sosial sebagai bentuk pemberontakan terhadap institusi-institusi dasar yang ada dalam masyarakat (keluarga, pemerintah, agama, sistem pendidikan, dan lain-lain). Mayoritas hippie berasal dari keluarga kelas menengah atau kelas atas dalam masyarakat Amerika.

Sejarah Seni Psikedelik

sejarah-psikedelik

Big Brother and the Holding Company by Victor Moscoso (1967) (Sumber: moma.org)

Sejarah seni psikedelik sendiri berawal dari suatu grafis yang diperkenalkan oleh William Addison Dwiggins, seniman tipografi Amerika pada 1922 silam. Namun, seni ini baru berkembang di era 1960-an kala terjadi sebuah pertentangan norma sosial akibat perang Vietnam saat itu. Akhirnya timbulah aliran seni psikedelik sebagai bentuk perlawanan melawan propaganda pemerintah akibat perang yang tak kunjung usai.

About author

Related posts
GenK STORY

Sosok Kusni Kasdut, Perampok Ulung yang Dijuluki “Robin Hood Indonesia”. Pernah Curi Emas di Museum Nasional!

GenK STORY

Butala 2022: Mulai dari Aku - Online Interactive Talk Show

GenK STORY

Dorno Si Kucing Ngeselin

GenK STORY

Mengenal Lebih Dekat Grace Tahir, Anak Konglomerat Mayapada Group!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *