Imajinasi Jadi Kenyataan dengan 3D Pen

Dibaca Normal: 5 menit aja
3D PEN

Jika dulu untuk merealisasikan gambar 2D menjadi 3D perlu melalui proses panjang, sekarang kamu bisa mengubahnya secara instan loh. Semua berkat sebuah pena yang bisa membentuk objek nyata 3D. Namanya adalah 3D Pen. 

3D Pen adalah sebuah pena yang dapat mengeluarkan plastik panas atau hangat dari bagian nosel. Tidak memerlukan kemampuan sulap maupun sihir, dengan pena ini, segala bentuk yang kamu bayangkan di dalam otak, bisa langsung memiliki bentuk nyata yang bisa kamu pegang.

Alat ini memungkinkan kamu untuk membentuk struktur 3D di udara dengan cara yang instan. Selain itu, kamu tidak memerlukan transfer file dari software atau aplikasi apa pun. Seperti menggambar desain dengan pena biasa saja, GenK. Cara mengoperasikannya juga tergolong mudah dan bisa langsung kamu kuasai dalam waktu singkat. Canggih bukan?

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
8 Unsur Seni Rupa yang Wajib Diketahui Anak Seni

Cara Kerja 3D Pen

3d pen 1

                            3D Pen (Sumber: help.the3doodler.com)

Kamu penasaran bagaimana cara kerjanya? Tidak serumit yang mungkin kamu bayangkan kok, GenK. Untuk memudahkan kamu memahami cara kerjanya, kamu harus tahu beberapa bagian yang tersusun di seluruh badan pena. Apa saja sih? Yuk simak!

  1. Saat menggunakan 3D Pen, kamu harus memasukkan plastik ke dalam pena. Di tubuh pena, ada bagian khusus untuk mendorong mentahan plastik. Setiap garis yang kamu buat keluar menggunakan mentahan plastik yang didorong oleh mesin yang bekerja di dalam pena.
  2. Selanjutnya ada bagian khusus untuk melelehkan plastik agar dapat mengalir secara lancar. Proses ini disebut dengan ekstrusi. Pena memanas dengan suhu yang berbeda-beda, tergantung bahan apa yang kamu masukkan ke dalam pena untuk membuat desain.
  3. Lalu ada bagian nosel, yaitu tempat plastik yang sudah lunak keluar dari pena. Plastik yang sudah panas atau hangat keluar dalam bentuk yang hampir mengeras. Tujuannya agar tetap bisa dibentuk saat hangat dan langsung mengeras setelah beberapa detik. Bentuk desain juga tidak mudah rusak karena langsung membeku sehingga menciptakan struktur yang solid, stabil, dan dapat diangkat.

Baca Juga
Macam-Macam Aliran Seni Rupa yang Harus Kamu Ketahui

Material untuk 3D Pen

3D Pen 2

                                       Material 3D Pen (Sumber: jer3d.com)

Apabila kamu tertarik untuk membuat karya desain dari 3D Pen, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bahan material apa saja yang bisa kamu gunakan. Pilihlah material yang sekiranya cocok untuk hasil akhir yang kamu inginkan. Ada beberapa jenis material yang bisa kamu pilih. Berikut contohnya.

1. ABS

Acrylonitrile Butadiene Styrene atau yang disingkat ABS merupakan polimer jenis organik yang dapat membentuk plastik dengan tekstur yang kenyal. Material ini umumnya digunakan dalam pembentukan barang 3D secara instan yang diolah dengan teknik ekstrusi. Sehingga bisa digunakan sebagai bahan pembuat karya desain dari 3D Pen. Bahan ini paling cocok digunakan untuk pemula. Beberapa jenis ABS memiliki sifat tahan api loh

2. PLA

PLA merupakan singkatan dari PolyLactic Acid atau Poli Asam Laktat. Material plastik ini merupakan yang paling populer di kalangan seniman 3D Pen, karena kegunaannya yang serbaguna. Dengan material ini, kamu bisa langsung membuat sketsa atau corat-coret gambar langsung di permukaan. Wah praktis banget ya, GenK!

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari

Seni Rupa & Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa & Desain

Yuk Intip Tips Instastory Kreatif yang Bikin Konten Jadi Atraktif

Seni Rupa & Desain

Bikin Tulisan Kece Lewat 8 Aplikasi Pembuat Font Ini

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link