Imajinasi Jadi Kenyataan dengan 3D Pen

Dibaca Normal: 5 menit aja
3D PEN

Jika dulu untuk merealisasikan gambar 2D menjadi 3D perlu melalui proses panjang, sekarang kamu bisa mengubahnya secara instan loh. Semua berkat sebuah pena yang bisa membentuk objek nyata 3D. Namanya adalah 3D Pen. 儭

3D Pen adalah sebuah pena yang dapat mengeluarkan plastik panas atau hangat dari bagian nosel. Tidak memerlukan kemampuan sulap maupun sihir, dengan pena ini, segala bentuk yang kamu bayangkan di dalam otak, bisa langsung memiliki bentuk nyata yang bisa kamu pegang.

magic GIFs

Alat ini memungkinkan kamu untuk membentuk struktur 3D di udara dengan cara yang instan. Selain itu, kamu tidak memerlukan transfer file dari software atau aplikasi apa pun. Seperti menggambar desain dengan pena biasa saja, GenK. Cara mengoperasikannya juga tergolong mudah dan bisa langsung kamu kuasai dalam waktu singkat. Canggih bukan?氣

Baca Juga
7 Referensi Template PPT Keren yang Menginspirasi

Cara Kerja 3D Pen

3d pen 1

3D Pen (Sumber: help.the3doodler.com)

Kamu penasaran bagaimana cara kerjanya? Tidak serumit yang mungkin kamu bayangkan kok, GenK. Untuk memudahkan kamu memahami cara kerjanya, kamu harus tahu beberapa bagian yang tersusun di seluruh badan pena. Apa saja sih? Yuk simak!

  1. Saat menggunakan 3D Pen, kamu harus memasukkan plastik ke dalam pena. Di tubuh pena, ada bagian khusus untuk mendorong mentahan plastik. Setiap garis yang kamu buat keluar menggunakan mentahan plastik yang didorong oleh mesin yang bekerja di dalam pena.
  2. Selanjutnya ada bagian khusus untuk melelehkan plastik agar dapat mengalir secara lancar. Proses ini disebut dengan ekstrusi. Pena memanas dengan suhu yang berbeda-beda, tergantung bahan apa yang kamu masukkan ke dalam pena untuk membuat desain.
  3. Lalu ada bagian nosel, yaitu tempat plastik yang sudah lunak keluar dari pena. Plastik yang sudah panas atau hangat keluar dalam bentuk yang hampir mengeras. Tujuannya agar tetap bisa dibentuk saat hangat dan langsung mengeras setelah beberapa detik. Bentuk desain juga tidak mudah rusak karena langsung membeku sehingga menciptakan struktur yang solid, stabil, dan dapat diangkat.

Baca Juga
Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

Material untuk 3D Pen

3D Pen 2

Material 3D Pen (Sumber: jer3d.com)

Apabila kamu tertarik untuk membuat karya desain dari 3D Pen, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bahan material apa saja yang bisa kamu gunakan. Pilihlah material yang sekiranya cocok untuk hasil akhir yang kamu inginkan. Ada beberapa jenis material yang bisa kamu pilih. Berikut contohnya.

ABS

Acrylonitrile Butadiene Styrene atau yang disingkat ABS merupakan polimer jenis organik yang dapat membentuk plastik dengan tekstur yang kenyal. Material ini umumnya digunakan dalam pembentukan barang 3D secara instan yang diolah dengan teknik ekstrusi. Sehingga bisa digunakan sebagai bahan pembuat karya desain dari 3D Pen. Bahan ini paling cocok digunakan untuk pemula. Beberapa jenis ABS memiliki sifat tahan api loh.

PLA

PLA merupakan singkatan dari PolyLactic Acid atau Poli Asam Laktat. Material plastik ini merupakan yang paling populer di kalangan seniman 3D Pen, karena kegunaannya yang serbaguna. Dengan material ini, kamu bisa langsung membuat sketsa atau corat-coret gambar langsung di permukaan. Wah praktis banget ya, GenK!

Flexy Plastic

Material yang selanjutnya adalah flexy plastic atau plastik fleksi. Material plastik ini berupa karet yang memiliki tingkat kelenturan yang tinggi. Walaupun sudah lama membeku, material ini bisa tetap menjaga kelenturannya. Karena lentur, cocok banget untuk digunakan saat mendesain dengan pena unik ini.

Baca Juga
6 Referensi Gaya Desain Grafis yang Menginspirasi

Wood Plastic Composite

Wood Plastic Composite atau yang disingkat dengan WPC merupakan material yang berasal dari campuran antara kayu dan plastik. Perbandingannya adalah 50% kayu dan 50% plastik. Kedua campuran itu dilebur menjadi satu, sehingga terbentuklah material baru. Dengan menggunakan WPC, kamu bisa membuat desain yang menyerupai kayu dengan daya tahan yang lebih kuat daripada polimer atau plastik. Karena terbuat dari serat kayu, material ini dapat diamplas saat sudah mengering.

Metal

Dengan material metal, hasil karya 3D Pen buatanmu akan terbuat dari perunggu dan tembaga asli, sehingga menciptakan struktur yang kokoh dan lebih berat. Material ini dapat dipoles agar menciptakan hasil permukaan desain yang lebih bersinar saat terkena pantulan cahaya.

Nilon

Dengan menggunakan material ini, karya desainmu akan memiliki tekstur yang sama seperti kain. Agar lebih bervariasi, ubah nilon menjadi berbagai macam warna dengan menggunakan pewarna kain.

Baca Juga
Mengenal FODA, Komunitas Doodle Art Indonesia

Cara Membuat Desain Menggunakan 3D Pen

Buat kamu yang penasaran, kami akan membagikan cara membuat desain menggunakan pena ini.兩 Kami pakai contoh pembuatan dompet koin. Yuk, kita lihat sama-sama!

3D Pen 3

Dompet Koin dari 3D Pen (Sumber: help.the3doodler.com)

  1. Siapkan 3D Pen beserta material plastik. Coba gunakan plastik fleksi untuk contoh pembuatan karya ini. Pilih warna material yang menarik dan sesuai dengan barang yang akan dibuat, yaitu dompet koin. Setelah itu mulailah membuat pola corat-coret. Lalu gunakan pena mengikuti pola yang sudah digambar.
  2. Kupas semua bentuk coretan dari permukaan kertas. Lipat desain yang masih datar untuk mulai dibentuk menjadi kerangka dasar dompet koin. Tahap ini harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati, karena ini akan menjadi kerangka dasar. Pastikan kerangka kokoh dan tidak akan mudah rusak nantinya.
  3. Buat wadah berbentuk kubus. Kaitkan setiap sisi menggunakan 3D Pen lagi. Gambar tali-tali kecil langsung di kerangka dompet untuk menyambungkan setiap sisi kerangka. Karena sifat plastik yang masih hangat bisa membuat sisi kerangka satu dengan kerangka lainnya menempel jadi satu. Semakin kreatif bentuk yang kamu buat, maka semakin istimewa pula hasilnya. Sebenarnya bentuk ini disesuaikan dengan bentuk dompet koin yang kamu inginkan.
  4. Isi bagian kerangka yang kosong dan buatlah pola-pola untuk menutupi kerangka dompet. Kerjakan secara sabar dan telaten agar hasil dompet buatanmu jadi dengan sempurna.
  5. Buat dua tali panjang menggunakan 3D Pen yang sudah diisi dengan warna plastik fleksi yang berbeda dari warna kerangka. Tali panjang ini akan dirangkai menjadi aksesoris pemanis dompet koin.
  6. Tali panjang yang sudah dibuat, kemudian dimasukkan sedikit demi sedikit ke bagian tengah kerangka dasar dompet koin. Gambarlah lagi agar aksesoris menempel. Buat pola bunga agar dompet koin terlihat cantik.
  7. Untuk finishing, rapikan sisi-sisi permukaan dompet koin dengan menggunakan amplas pada bagian yang terasa kasar.
  8. Setelah semua rapi, dompet koin buatanmu sudah dapat digunakan, GenK!
Baca Juga
Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

Mau lihat contoh yang lain? Ini dia beberapa karya desain dari para seniman 3D Pen!

3D Pen 4

Menara Eiffel dari 3D Pen (sumber: Awesomenest YouTube Channel)

3D Pen 5

Topeng dari 3D Pen (sumber: help.the3doodler.com)

3D Pen 6

Toples Nanas dari 3D Pen (Sumber: help.the3doodler.com)

Nah itu dia penjelasan singkat seputar 3D Pen. Dengan menggunakan alat tersebut, semua bentuk gambar yang ada di benakmu selama ini bisa langsung direalisasikan dengan mudah dan instan. Selain menjadi hobi, hasil karyamu bisa dijual untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah loh. Lumayan banget kan!


Daripada ide dan imajinasi cemerlang kamu hanya berakhir dan tertampung di benakmu saja, lebih baik realisasikan menjadi karya istimewa dengan menggunakan pena ajaib ini. Selamat mencoba, GenK!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Nirmana Sedotan Mudah dan Gak Ribet

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Moodboard Kece yang Praktis dan Simpel

Seni Rupa dan Desain

7 Referensi Template PPT Keren yang Menginspirasi

Seni Rupa dan Desain

7 Langkah Cara Membuat Kliping yang Unik dan Kreatif

            Thank u, next!