fbpx

8 Unsur Seni Rupa yang Harus Diketahui Oleh Anak-Anak Seni

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
unsur seni rupa

Tidak sedikit calon mahasiswa yang memilih jurusan seni rupa untuk perkuliahannya. Jika kamu adalah salah satunya, atau malah sudah jadi mahasiswa di jurusan impianmu itu, kamu harus memperdalam banyak hal terkait bidang ini. Mulailah dari mengenal unsur seni rupa berikut ini, GenK!

Seni rupa memang mengharuskan kita untuk mengasah kemampuan kreativitas untuk dapat mengembangkan ide kreatif yang belum pernah ada. Kreativitas sendiri berarti kepemilikan daya cipta pada diri seseorang.

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang hasil karyanya bisa kita nikmati dengan indera penglihatan dan juga rabaan. Karya seni rupa atau bisa disebut dengan visual art merupakan hasil karya yang memiliki wujud nyata. Karya seni rupa juga merupakan salah satu dari karya seni yang masih banyak diminati oleh masyarakat karena hasil karyanya bisa dibilang terasa “nyata”.

Meskipun hasil dari karya seni terbilang sederhana, karya tersebut pastinya terbentuk dari beberapa elemen, atau yang biasa disebut dengan unsur seni rupa.

Unsur-unsur ini berkaitan satu sama lain dan pada akhirnya berhasil membentuk sebuah karya. Umumnya, unsur seni rupa terdiri dari 8 hal yang dapat membuat sebuah karya. Unsur dari seni rupa itu sendiri meliputi Titik, Garis, Bidang, Tekstur, Bentuk, Ruang atau Kedalaman, Warna, dan Gelap atau Terang.

Ke-8 unsur seni rupa tersebut sebenarnya biasa ditemukan di kehidupan kita sehari-hari. Bukan hanya pada sebuah bidang artistik, melainkan gedung ataupun perabotan yang ada di rumah. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai unsur tersebut, yuk simak penjelasan berikut!  

1. Titik

unsur seni rupa 1

Titik ( Sumber: clarenduta.blogspot.com)

Unsur yang pertama akan dibahas adalah titik. Unsur satu ini pastinya sudah kamu ketahui dong bentuknya seperti apa? Elemen titik pada umumnya digunakan pada bagian-bagian terkecil pada sebuah karya seni rupa. Malah, ada aliran lukis yang menggunakan teknik penggabungan atau kombinasi dari sebuah titik, berdasarkan varian warna dan titik yang ada. Aliran tersebut biasa disebut dengan istilah Pointilisme.  

2. Garis

unsur seni rupa 2

Garis (Sumber: zonareferensi.com)

Untuk unsur seni rupa yang kedua adalah garis. Unsur satu ini merupakan goresan dari suatu benda atau bidang, tekstur, ruang, dan juga warna. Garis bisa dibedakan berdasarkan jenisnya, yaitu garis vertikal, garis horizontal, garis melengkung, garis lurus, garis panjang, garis pendek, garis diagonal, garis putus-putus, dan masih banyak lagi.

Baca Juga   Mengenal FODA, Komunitas Doodle Art Indonesia

Dengan adanya jenis dan variasi garis tersebut, maka bisa tercipta sebuah karya seni. Keberadaan garis juga apat memberikan kesan pada masing-masing karya yang diberikan, contohnya seperti kesan gerak, simbol, ide, dan masih banyak lagi. Sedangkan jika dibedakan berdasarkan wujudnya, garis memiliki dua wujud yaitu garis nyata dan garis semu.  

3. Bidang

unsur seni rupa 3

Bidang (Sumber: zonareferensi.com)

Selanjutnya adalah bidang. Pada seni rupa, unsur ini bisa disebut juga sebagai dimensi. Bidang, bisa terbentuk karena adanya pertautan atau pertemuan pada garis yang membatasi sebuah bentuk. Bidang memiliki dimensi lebar dan panjang, atau bisa juga disebut dengan pipih.

Jika kamu melihat dari segi bentuknya, bidang bisa dibedakan menjadi beberapa bidang. Seperti bidang biomorfosis atau organis, bidang geometris, bidang bersudut, dan juga bidang yang tidak beraturan. Selain itu, di dalam unsur dasar seni rupa, terdapat juga bidang-bidang dasar yang perlu diketahui, seperti bidang segitiga, bidang segiempat, bidang trapesium, bidang lingkaran, dan lain sebagainya.  

4. Tekstur

unsur seni rupa 6

Tekstur (Sumber: thegorbalsla.com)

Unsur satu ini merupakan bentuk dan hasil dari panca indra rabaan. Tekstur dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu tekstur semu dan tekstur nayat. Untuk tekstur semu bisa dikatakan tidak nyata atau kasat mata, dan memiliki perbedaan rasa di saat menyentuhnya. Sedangkan untuk tekstur nayat, memiliki kesan yang sama saat dilihat maupun diraba.

Tekstur sendiri merupakan unsur sifat yang dimiliki sebuah benda. Sifat-sifat tersebut meliputi halus, kasar, licin, dan lain sebagainya. Tekstur memiliki fungsi untuk memberikan karakter pada permukaan karya, sehingga dapat menimbulkan nilai estetik.

Baca Juga   Cara Membuat Studyblr
 

5. Bentuk

unsur seni rupa 4

Bentuk (Sumber: zonareferensi.com)

Unsur bentuk adalah wujud yang terlihat nyata. Bentuk memiliki 3 dimensi utama yaitu panjang, lebar dan tinggi, yang kemudian digabungkan untuk dijadikan sebuah volume. Pada umumnya, bentuk dibedakan menjadi dua, GenK, yaitu bentuk yang beraturan dan bentuk yang tak beraturan. Seperti kotak, kubis, bundar, dan lainnya.  

6. Ruang atau Kedalaman

unsur seni rupa 5

Ruang (Sumber: hamparan.net)

Unsur seni rupa selanjutnya adalah ruang dan kedalaman. Ruang atau kedalaman biasanya terdapat pada karya 3 dimensi. Bisa dinikmati seperti pada ruangan pada sebuah gedung, sekolah, rumah, dan lain sebagainya.

Setiap bentuk yang ada pastinya memiliki ruang. Pada dasarnya, unsur seni rupa satu ini biasa kamu temukan di kehidupan sehari-hari. Tetapi kadang kita pun tak menyadarinya, GenK!  

7. Warna

unsur seni rupa 7

Warna (Sumber: urbafashion.blogspot.com)

Siapa yang tidak tahu warna? Tidak asing lagi bahwa warna memanglah identik pada sebuah karya seni. Warna merupakan pantulan cahaya pada benda dengan pigmen tertentu. Warna juga dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu warna primer, sekunder, tersier, analogus, dan komplementer. Warna-warna selain primer tersebut adalah hasil dari gabungan atau percampuran dari warna primer.

Baca Juga   17 Cara Mudah Membuat Komik
   

8. Gelap atau Terang

unsur seni rupa 8

Gelap dan Terang (Sumber: fubiz.net)

Gelap atau terang merupakan sebuah intensitas cahaya yang ada pada suatu objek. Dengan adanya unsur dasar seni rupa gelap atau terang, karya akan memberikan kesan mendalam. Kamu bisa melihat perbedaan kontras pada sebuah karya tersebut, GenK.


Sudah tahu kan penjelasan tentang macam macam unsur seni rupa yang ada? Sebagai mahasiswa yang menggeluti dan mempelajari tentang seni rupa, unsur seni di atas wajib untuk kamu pahami. Dengan memahami 8 unsur utama pada seni rupa di atas, pastinya dapat mempermudah kamu saat memulai untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Glitch Art: dari Distorsi Jadi Estetika

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Rainbow Effect pada Foto lewat PicsArt

Seni Rupa dan Desain

7 Cara Membuat Infografis Cepat dan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Seni Rupa dan Desain

Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

7 Jenis Logo dan Cara Penggunaannya yang Wajib Diketahui Anak Desain

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link