Seni Rupa & Desain

Aliran Seni Gothic, Sering Dengar Namanya tapi Sudahkah Tahu Sejarahnya?

aliran-seni-gothic

Istilah “gothic” sangat populer tapi nggak semua orang tahu tentang sejarahnya. Bisa jadi, kamu sendiri belum kenal lebih dalam dengan aliran seni gothic. Biasanya gothic menjadi lifestyle dan fashion seseorang. Maka dari itu, biar semakin memahami istilah ini, mari mengenalnya sama-sama.

Asal Mula Istilah “Gothic”

asal mula istilah gothic

Sumber: unsplash.com

Jadi, istilah “gothic” berasal dari gaya arsitektur Eropa yang berkaitan dengan seni Romanesque di masa Renaissance awal. Periodenya terbagi menjadi tiga yaitu Early Gothic (1150-1250), High Gothic (1250-1375) dan International Gothic (1375-1450). Awalnya, ini merupakan pembentukan umum dari seni Nasrani yang dikenal dengan lle de France dan terus digunakan di area sekitar Prancis pada periode 1150-1250, kemudian barulah tersebar di seluruh Eropa utara setelahnya.

Wujud Seni Gothic dari Masa ke Masa

wujud seni gothic dari masa ke masa

Sumber: unsplash.com

Perwujudan aliran seni gothic paling utama adalah arsitektur yang dipengaruhi oleh katedral Gothic Prancis Utara. Ada dua gaya dekoratifnya yang paling utama yaitu Arsitektur Gothic Rayonnant (c. 1200-1350) dan kemudian setelahnya yakni Arsitektur Gothic Flamboyant (1375-1500). Contoh desain Gothic terbaik di antaranya yaitu Katedral Chartres (1194-1250); Katedral Notre-Dame (1163-1345); Sainte Chapelle (1241-1248) dan Katedral Cologne (sejak 1248). Ada banyak juga katedral lainnya seperti Canterbury, Winchester, Westminster Abbey dan Santiago de Compostela.

Baca Juga :   Macam-Macam Aliran Seni Rupa yang Harus Kamu Ketahui
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Mengenal Teknik Menggambar Serta Jenis-Jenisnya

Seni Rupa & Desain

Pengertian Desain Cyberpunk dan Tips Edit-Edit Foto dengan Style Cyberpunk

Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

Seni Rupa & Desain

Eco Printing: Teknik Cetak yang Menggunakan Bahan-Bahan dari Alam