Mengenal Apa Itu Cyberpunk: Low Life vs High Technology

Dibaca Normal: 7 menit aja 😊
cyberpunk adalah

Ketika ketimpangan antara low life dengan teknologi canggih dipadukan, maka terciptalah yang namanya cyberpunk. Apa itu cyberpunk? Kenapa bisa menjadi tren? Simak penjelasannya di sini, GenK.

Selalu ada dampak dari kemajuan zaman, baik dari segi positif maupun negatif. Ada dua kemungkinan, yaitu kemakmuran dan kehancuran. Inilah yang menjadi dasar gerakan cyberpunk.

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah itu, GenK?

Ini merupakan sebuah ironi. Di mana kehidupan kelas bawah digabungkan dengan teknologi yang super canggih yang menyebabkan kehancuran. Namun anehnya banyak orang yang tertarik untuk mengulik gerakan ini.

Gerakan ini sudah semakin berkembang, baik disadari maupun tidak. Sudah merambah ke dunia game, film, fashion, arsitektur, fotografi, dan lain-lain yang nantinya akan kami bahas lebih lanjut.

Hal ini membuktikan bahwa cyberpunk bisa berdiri menjadi sub-genre baru yang punya ciri khas yang sangat kuat. 

Apa Itu Cyberpunk?

Kita dapat memecahnya dari definisi yang paling dasar.

Kata cyber mengacu pada teknologi yang erat hubungannya dengan cyberspace (dunia maya). Contohnya seperti bioteknologi dan nanoteknologi.

Kemudian kata punk mengacu pada orang dan sikap yang dimilikinya sebagai bagian dari gerakan kehidupan kelas bawah. Uniknya, protagonisnya dianggap sebagai outsiders, anti-hero, orang buangan, penjahat, dan pembangkang. Itulah attitude seorang cyberpunk.

Mencoba untuk mendefinisikannya sangatlah kompleks, karena ini mengacu pada budaya dan genre.

apa itu cyberpunk 1

Ilustrasi kehidupan bawah dengan teknologi canggih (sumber: pcgamesn.com)

Cyberpunk adalah sub-genre fiksi ilmiah yang menampilkan perkotaan urban dengan sains dan kemajuan teknologi yang super canggih. Gerakan ini terpengaruh dari subkultur punk dan budaya hacker. Warna cyan purple adalah ciri khas yang paling menempel di pikiran banyak orang.

Atau dengan kata lain gerakan ini merupakan representasi akan ketimpangan yang terjadi antara low life (kehidupan kelas bawah) dengan kecanggihan teknologi (futuristik). 

Low life vs high technology.

Gerakan ini sering menampilkan distopia.

Distopia adalah sebuah konsep mengenai kehidupan yang tidak layak dan menakutkan. Merupakan kebalikan dari utopia yang hidup dengan makmur dan canggih.

Turunnya kualitas hidup terjadi karena adanya tekanan dari pemerintah atau pemimpin, kemudian teror yang datang secara terus-menerus, dan wabah penyakit. Ada juga yang menampilkan kehancuran distopian (sebutan untuk orang distopia) akibat terjadinya perang dan teknologi. Semua mengacu pada kepunahan.

Inilah alasannya kenapa cyberpunk juga dikenal dengan sebutan neon dystopia.

Baca Juga   Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari, GenK!

Asal Usul Cyberpunk

Dimulai dari gerakan sastra, lama-lama cyberpunk berubah menjadi gerakan sub-kultural. Persepsi tentang masa depan yang penuh misteri menjadi salah satu daya pikat gerakan ini.

apa itu cyberpunk 2

Ilustrasi berkomunikasi dengan hologram (sumber: theportalist.com)

Dari ranah sastra, gerakan ini kemudian berkembang ke film dan semua bentuk seni, desain, fashion, arsitektur, dan lain-lain. Sehingga menghasilkan percabangan-percabangan yang baru lagi, GenK.

Penasaran?

Hmm.. sebenarnya ada kok cara untuk memeriksa asal mula gerakan ini.

Seperti yang ditulis dalam artikel “NeonDystopia, What is Cyberpunk?”, istilahnya sendiri bisa kamu lacak dari cerpen berjudul “Cyberpunk” karya Bruce Bethke. 

Kemudian ada pula author yang mendedikasikan diri mereka untuk menulis gerakan ini. Mereka adalah William Gibson (dianggap sebagai penemu gerakan cyberpunk), Bruce Sterling, Pat Cadigan, John Shirley, Lewis Shiner, dan Rudy Rucker.

Ciri-Ciri Cyberpunk

Sebutan neon dari istilah neon dystopia muncul bukan tanpa alasan loh. Ini merupakan karakteristik yang membedakannya dengan gaya lain. Nah, untuk memperjelasnya lagi, kami akan membahas tentang ciri-cirinya. Yuk simak, GenK!

  • Cahaya Neon

apa itu cyberpunk 3

Contoh foto di perkotaan (sumber: twitter.com/agkdesign)

Adanya pencahayaan dari neon sign jalanan yang mencolok. Didominasi dengan warna cyan purple. Beberapa orang menganggap bahwa foto dengan warna seperti ini berarti cyberpunk. Secara sekilas sih iya, namun ingat, GenK, karakteristik utama yang ditonjolkan pada gerakan ini adalah low life vs high technology.

  • Latar Perkotaan

Ciri yang berikutnya adalah penggunaan latar perkotaan. Biasanya latar ini menunjukkan suasana keramaian kota dengan gedung-gedung tinggi. Selain itu di perkotaan ada banyak lampu dari setiap gedung yang membuat gaya ini terlihat futuristik.

Kamu bisa eksplorasi tempat seperti ke bangunan unik atau gang-gang sempit untuk menghasilkan karya dari gerakan ini, GenK.

  • Malam Hari

Saat kamu mengetik neon dystopia di kolom pencarian, maka yang keluar adalah gambar-gambar ala hacker dengan latar waktu malam. Ini bukan tanpa alasan. Karena gerakan distopia melambangkan kehancuran. Makanya penggunaan latar malam hari adalah pilihan yang tepat untuk mencerminkan kehancuran. Tidak ada lagi cahaya matahari yang menerangi kehidupan. Semuanya suram.

Selain itu berguna untuk mencerminkan gemerlap kehidupan malam yang identik dengan sesuatu yang liar dan penuh kejahatan.

Baca Juga   Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya
  • Jalanan yang Basah

apa itu cyberpunk 4

Contoh foto jalanan yang basah (sumber: designtaxi.com)

Jalanan yang basah tidak melulu dari air hujan, tetapi juga bisa dari kubangan lumpur, tumpahan bensin, oli, atau minyak kotor lainnya. Ini benar-benar memperkuat identitas distopia yang serba low life. Bagaimana air bersih sudah tidak ada lagi. Bahkan hujan pun berubah jadi hujan cairan kotor seperti minyak.

  • Model Busana Futuristik

Selanjutnya adalah penempatan model berbusana yang futuristik. Ini merupakan perpaduan dari nostalgia kehidupan di masa lalu dengan kecanggihan di masa depan. 

Busana gerakan ini sangat ciri khas. Saat kamu lihat, pasti langsung tahu kalau ini adalah cerminan gaya dari gerakan cyberpunk.

Daya Tarik Cyberpunk

apa itu cyberpunk 5

Contoh foto cyberpunk (sumber: donanimgunlugu.com)

Bagaimana tanggapanmu setelah melihat foto di atas?

Ambil selembar kertas kosong dan tuliskan kesan-kesanmu deh.

Hasilnya pasti tidak akan jauh dari kontradiksi kehidupan futuristik dan punk. Di mana budaya kehidupan dunia bawah berjalan beriringan dengan adanya teknologi. 

Jika divisualisasikan pun akan sangat unik. Dilihat dari segi pakaian, aksesoris, gemerlap lampu neon, kubangan air, dan masih banyak lagi.

Namun tidak semua pro dengan gaya seperti ini.

Mereka merasa bahwa distopia punya kesan liar dan bersifat kekerasan yang sangat kentara. Sehingga dari segi grafisnya cukup eksplisit untuk beberapa audiens.

Perbedaan Cyberpunk dengan Steampunk

Apakah istilah ini masih asing di telingamu?

Seperti yang ditulis pada Spot The Difference, Perbedaan antara Cyberpunk dan Stempunk (26/3/2019), Steampunk adalah gaya yang terinspirasi oleh mesin bertenaga uap pada abad ke-19 era industri. 

apa itu cyberpunk 6

Contoh gaya steampunk (sumber: anttikarppinen.com)

Dengan kata lain, ini merupakan dunia fantasi alternatif yang menjadikan tenaga uap sebagai latar sejarah.

Steampunk merupakan genre fiksi ilmiah yang punya latar sejarah dan menampilkan mesin uap daripada teknologi. Berbanding terbalik dengan apa itu cyberpunk yang lebih didominasi dengan teknologi komputer dan kehidupan tanpa hukum.

Baca Juga   Tutorial Cara Menggambar Rambut Anime dengan Mudah

Gerakan Cyberpunk di Industri Kreatif

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, gerakan kehidupan bawah ini berawal dari sastra dan sudah merambah ke dunia kreatif seperti game, film, fotografi, dan lain-lain. Yuk kita bahas satu per satu seperti apa itu cyberpunk di ranah industri rkeatif, GenK!

  • Game

Buat para gamer pasti tahu dong Cyberpunk 2077?

Ini dia game yang paling ditunggu-tunggu buat para penggemar cyberpunk!

Video game dengan cara bermain role-playing ini akan dikembangkan dan dirilis pada 16 April 2020 oleh CD Projekt. Bisa dimainkan di Windows, PlayStation 4, dan Xbox. 

Game ini merupakan adaptasi dari permainan pada tahun 1998 yang bernama Cyberpunk 2020. 

Dimainkan berdasarkan sudut pandang orang pertama. Kamu bisa memilih ingin menjadi role apa, Genk.

Sebelum game ini, ada juga judul game lainnya yang masih bertemakan seputar neon dystopia. Seperti Far Cry 3: Blood Dragon, Deus Ex, Transistor, dan Observer.

  • Fotografi

Low life memang kerap dijadikan sebagai objek foto. Fotografi cyberpunk adalah salah alirannya. 

Zaman sekarang membuat warna-warna neon noise sudah bisa kamu buat di aplikasi edit foto, salah satunya di aplikasi Adobe Lightroom. Tinggal cari presets-nya dan jadi deh!

apa itu cyberpunk 7

Contoh cyberpunk photography (sumber: reddit.com)

Fotografi gaya ini memiliki daya tarik tersendiri. Ketika kehidupan malam dengan gemerlap lampu di perkotaan disajikan dalam sebuah foto. Apalagi kalau jalanan basah dengan genangan air. Beuh… kece banget! Ala-ala low life gitu, GenK.

Apakah kamu tertarik?

Coba datang ke pusat perbelanjaan pada malam hari. Cari spot yang punya vibe seperti neon dystopia. Contohnya seperti gang kecil di pasar. 

Usahakan tidak memotret tumbuhan. Gunanya untuk mempertahankan konsep low life yang sudah menuju kehancuran dan semuanya dikuasai oleh teknologi.

Kemudian saat masuk proses penyuntingan gambar, dominasikan filter-nya dengan warna neon (cyan purple).

  • UI Design

Sekarang masuk ke dalam bidang grafis yaitu tren UI UX

Desain UI adalah sebuah desain keseluruhan gaya dan komponen yang ditampilkan di halaman web. Contohnya seperti tata letak dan bentuk desain menu, ikon, warna, gambar, tombol, dan semua komponen lainnya.

Gimana jadinya kalau menggunakan gaya low life vs high technology untuk desainnya?

apa itu cyberpunk 8

Contoh desain UI (sumber: behance.net/FlorianDecupper)

Pada desain UI, umumnya gerakan ini lebih menonjolkan budaya hacker yang punya data-data layaknya mata-mata. 

Ini akan menjadi sesuatu yang super keren. Bayangkan saja ketika baru masuk ke dalam sebuah situs web, kamu sudah disuguhkan dengan tampilan antarmuka yang unik dengan warnanya yang mencolok.

Baca Juga   Ingin Jago Mendesain? Kenali Dulu Dasar Desain Grafis!
  • Film

Gerakan low life vs high technology juga sudah merambah ke dunia perfilman. Umumnya pemeran utama adalah anti-hero yang menuntut keadilan di negara yang sudah kebal hukum. Ini akan menjadi topik yang menarik ketika diangkat ke dalam film.

Belum lagi dengan efek visual yang futuristik dijamin bikin kamu terpukau deh!

apa itu cyberpunk 9

Film Alita: Battle Angel (sumber: movieweb.com)

Contoh judul filmnya adalah Blade Runner 2049, Ready Player One, RoboCop, Alita: Battle Angel, dan lain-lain.

Apakah kamu sudah pernah menonton salah satunya, GenK?

  • Fashion

apa itu cyberpunk 10

Contoh fashion cyberpunk (sumber: geeknative.com)

Terakhir adalah neon dystopia di dunia fashion. Model baju gerakan ini punya ciri khas yang super canggih. Misalnya menggunakan gas mask, kacamata untuk spying, belt untuk senjata, dan segala sesuatu yang futuristik.

Selain itu erat hubungannya dengan cosplay. Kamu bisa menemukan para cosplayer gerakan distopia di acara-acara tertentu. Kalau ketemu jangan lupa untuk ajak foto, GenK.

Kapan Era Cyberpunk?

Ini menjadi pertanyaan yang mind blowing. Beberapa orang menganggap bahwa sekarang adalah eranya. 

Saat kamu datang ke kota-kota besar, betapa megahnya gedung-gedung tinggi yang berdiri kokoh dengan teknologi canggih di dalamnya. Namun saat kamu melihat ke sisi lain, ada ketimpangan yang terjadi. Di mana tidak semua orang dapat menikmati kehidupan yang layak.

Kalau masa kini sudah termasuk eranya, berarti apakah masih ada the future cyberpunk


Kini pertanyaan tentang apa itu cyberpunk sudah terjawab, GenK. Ini merupakan topik yang kompleks, karena akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Walaupun kompleks tetapi karya-karya yang mengangkat topik ini akan selalu ditunggu oleh masyarakat.

Polling

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Rambut Anime dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

            Artikel Selanjutnya