Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
apa itu infografis

Komunikasi visual yang baik tak hanya dinilai dari segi desainnya saja loh, tetapi juga dari ketepatan informasi yang disampaikan. Membuat desain infografis adalah salah satu solusinya. Apa itu infografis dan apa saja jenis-jenisnya? Mari simak selengkapnya di sini!

Menyampaikan data dan informasi yang dicetak di atas kertas HVS tentu sudah biasa. Tapi kalau begini terus sih lama-lama bisa bikin kamu bosan, GenK. Apalagi kalau harus berhadapan dengan klien. Bisa-bisa mereka malah tidak tertarik dengan data yang kamu ajukan.

Sebagai seorang desainer yang bekerja di bidang industri kreatif, kamu harus memutar otak untuk selalu produktif membuat sesuatu yang menarik dan fungsional. 

Mungkin kamu harus cobain yang namanya infografis, GenK. Mau menyampaikan informasi yang berat sekalipun akan terlihat menarik kalau disajikan dengan menggunakan desain ini. 

Nah, seandainya kamu tertarik untuk membuat infografis, kami punya penjelasan singkatnya nih. Mulai dari apa itu infografis, manfaatnya, dan jenis-jenisnya. 

Silakan dibaca, GenK!

Apa Itu Infografis?

Infografis berasal dari bahasa Inggris, yaitu infographics. Istilah ini terdiri dari dua kata, yaitu “information” dan “graphics”. Singkatnya, infografis diartikan sebagai sebuah informasi yang disampaikan lewat susunan desain grafis.

Atau secara garis besar, infografis adalah representasi visual dari sebuah data atau informasi yang disajikan dengan ringkas, jelas, dan to the point

 infografis adalah 1

Contoh desain infografis (sumber: venngage.com)

Desain ini dibuat dengan menggunakan kumpulan gambar, bagan, teks, dan warna-warna yang menarik saat dipandang. Kemudian semua komponen tersebut dibuat sesederhana mungkin agar dapat dimengerti dengan mudah.

Namun meski terlihat sederhana, perlu diingat bahwa visual di dalam infografis harus lebih fun dan engaging ke audiens. Jadi gak hanya membaca, tetapi mereka juga bisa mengingat konten buatanmu, GenK.

Beberapa tahun terakhir, infografis telah berkembang menjadi media komunikasi massa loh. Tampilannya yang kece membuat siapa saja jadi gak mager lagi kalau disuruh membaca. 

Ini juga berhubungan dengan cara belajar efektif yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Di mana infografis masuk ke dalam salah satu daftar cara supaya kamu lebih cepat dan mudah saat mempelajari suatu materi, GenK.

Baca Juga   Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Manfaat Infografis

Desain yang satu ini punya banyak manfaat loh. Apa saja sih manfaatnya? Yuk kita simak satu per satu!

  1. Lebih mudah diingat, karena gambar dan teksnya sudah disederhanakan. Cocok buat kamu yang suka mager membaca nih.
  2. Mampu menjelaskan topik yang kompleks, karena bentuknya bisa dibuat menjadi timeline, sehingga lebih mudah dimengerti alurnya.
  3. Pembaca bisa langsung mengetahui inti pembahasan, karena infografis adalah desain yang memiliki sifat ringkas dan to the point.
  4. Sangat efektif untuk menyampaikan data hasil penelitian atau survei, karena kamu bisa memasukkan bagan dengan desain kreatif di dalamnya.
  5. Memiliki tampilan yang menarik, dengan begitu, audiens jadi tidak mudah bosan ketika membaca data dan informasi yang kamu berikan. 

Jenis Infografis

Kalau kamu lihat di internet, ada banyak gaya desain yang digunakan untuk membuat infografis. Itu bukan hanya kebetulan loh, karena ternyata desain ini memiliki 9 jenis yang berbeda-beda, GenK. Yuk disimak setiap jenisnya!

1. Statistical infographic 

 infografis adalah 2

Contoh statistical infographic (sumber: istockphoto.com)

Jenis infografis yang pertama akan kami bahas adalah statistical infographic. Sesuai namanya, jenis ini cocok untuk kamu yang ingin memvisualisasikan hasil survei dan menyajikan data dari berbagai sumber. Template seperti ini sangat berfokus pada data yang disampaikan dengan menggunakan bagan, ikon, dan font yang menarik.

2. Informational Infographic

 infografis adalah 3

Contoh informational infographic (sumber: venngage.com)

Ingin menyampaikan informasi yang memiliki banyak bagian? Infografis adalah solusinya. Gunakan jenis infografis yang satu ini, GenK. Jenis yang sangat populer ini cocok digunakan buat kamu yang ingin mengkomunikasikan konsep baru dengan jelas. Umumnya setiap bagian topik diberi nomor pada bagian tertentu yang berguna untuk membantu pembaca menemukan alur tulisan yang tepat.

Baca Juga   Ingin Jago Mendesain? Kenali Dulu Dasar Desain Grafis!

3. Timeline Infographic

 infografis adalah 4

Contoh timeline infographic (sumber: visme.co)

Infografis adalah sebuah desain yang mempermudah kamu untuk menjelaskan suatu materi, bahkan yang rumit sekalipun. Sama halnya ketika kamu ingin menyampaikan materi semacam sejarah perkembangan. Kalau begitu, gunakanlah jenis timeline infographic, GenK. Karena kamu bisa memberikan gambaran jelas tentang sebuah peristiwa dalam kurun waktu tertentu. 

4. Process Infographic

infografis adalah 5

Contoh process infographic (sumber: vengage.com)

Nah, kalau tadi timeline infographic lebih menyoroti tentang titik waktu ke titik waktu, process infographic lebih cocok untuk memberikan ringkasan langkah-langkah dalam suatu proses. Jenis ini memungkinkan kamu untuk menyederhanakan setiap langkahnya. Dengan memberi nomor pada setiap langkahnya, tentu akan membuat proses yang kamu sampaikan lebih mudah diikuti, GenK.

5. Geographic Infographic

contoh infografis

Contoh geographic infographic (sumber: visual.ly)

Seandainya kamu ingin memvisualisasikan data berbasis data demografis dalam jumlah besar, gunakanlah jenis geographic infographic. Template ini menggunakan bagan peta sebagai bagian visual yang paling utama. Ada berbagai jenis bagan yang bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis data pula. Semuanya bakal lebih mudah dengan infografis, GenK.

Baca Juga   Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

6. Comparison infographic

contoh infografis

Contoh comparison infographic (sumber: vengage.com)

Seringkali orang merasa kesulitan untuk memilih di antara dua opsi, contohnya saat membeli ponsel. Akibatnya, mereka membutuhkan informasi soal perbandingan dua ponsel untuk meyakinkan mereka membeli salah satu produknya. Umumnya perbandingan ini dibuat dalam bentuk vertikal atau horizontal dengan penjelasan satu opsi di setiap sisinya. Infografis adalah solusi yang tepat. Oh iya, selain itu setiap sisi dapat dibedakan dengan penggunaan warna yang kontras.

7. Hierarchical Infographic

contoh infografis

Contoh hierarchical infographic (sumber: slidemodel.com)

Pasti pernah dong melihat desain infografis yang mencantumkan bagan piramida? Eits, ini bukan sembarang piramida, GenK. Karena didalamnya terdapat urutan dari yang paling dasar sampai ke bagian puncak. Kamu bisa menggunakan bagan seperti ini untuk berbagai informasi hierarkis. Contohnya seperti Maslow’s Hierarchy of Needs.

8. List infographic

contoh infografis

Contoh list infographic (sumber: vengage.com)

Jika kamu ingin berbagi tentang tips dan trik atau serangkaian daftar contoh, buatlah list infographic. Karena pada dasarnya infografis adalah desain yang memungkinkan kamu untuk membuat daftar dengan singkat, padat, dan jelas. Template yang satu ini bisa kamu kreasikan bagian poin-poinnya dan jenis font-nya dengan warna yang kreatif. Sehingga setiap poin akan lebih menonjol.

Baca Juga   Keluar dari Gaya Desain yang Lama? Perlu atau Tidak Ya?

9. Infographic resume

contoh infografis

Contoh infographic resume (sumber: zety.com)

Nah, jenis infografis yang terakhir adalah infographic resume yang biasanya digunakan untuk mendesain CV. Agar tampilan CV kamu tidak membosankan, gunakanlah template yang sedang populer di beberapa tahun belakangan ini, GenK. Selain itu, kamu bisa mengunggah dokumen resume-mu ke situs portofolio. Mau dikirim lewat e-mail juga jadi lebih mudah, karena sudah ringkas dan jelas.

Coba deh baca cara membuat CV kreatif yang sudah pernah kami tulis sebelumnya, dan praktikkin gaya desain infografis ini. Menarik perhatian rekruiter pun akan lebih besar peluangnya, GenK.


Sekarang kamu jadi tahu apa itu infografis dan jenis-jenisnya. Infografis adalah desain yang benar-benar solutif, GenK. Berarti yang perlu kamu lakukan adalah tinggal mempelajari cara membuat infografis yang akan kami bahas di artikel berikutnya. Yuk kita bikin sama-sama!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

            Artikel Selanjutnya