fbpx

Mengenal Mock up dan Cara Membuatnya

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
apa itu mockup

Setelah mendesain kamu memerlukan media untuk melihat preview hasil sebelum dicetak. Mockup adalah tool yang akan membantumu untuk mengeceknya. Yuk simak di sini cara membuatnya, GenK!

Suatu hari kamu membuat desain stationery untuk sebuah perusahaan. Saat hendak presentasi, bos perusahaan tersebut pasti akan meminta untuk melihat prototipe barang. Tidak perlu repot-repot untuk mencetak stationery-nya, kasih unjuk saja mockup-nya.  

apa itu mockup 1

Contoh templat Mockup (sumber: freepik.com)

Apa Itu Mockup?

Mockup adalah media visual yang digunakan untuk melihat preview sebuah konsep desain yang kemudian diberikan efek visual sehingga hasil gambar terlihat menyerupai wujud yang sebenarnya.

Sebagai seorang desainer, mockup benar-benar mempermudah pekerjaanmu. Dengan menggunakan mockup, kamu dapat melihat gambaran desain sebelum diaplikasikan menjadi benda yang nyata.

Jadinya kamu bisa tahu apakah desainmu cocok atau tidak sebelum dicetak atau masuk tahap produksi. Jadi, kalau ada revisi, kamu punya kesempatan buat mengedit deh, GenK.

Selain itu, dengan mockup, desainmu akan terlihat nyata dan lebih menarik berkat variasi 2 dan 3 dimensi. Tampilannya yang menarik dan terkesan modern ini cocok kamu gunakan saat presentasi ataupun dimasukkan ke dalam Graphic Standard Manual yang kita kenal dengan sebutan buku GSM.  

Apa Fungsi Mockup?

apa itu mockup 2

Contoh Mockup kartu nama (sumber: graphicburger.com)

Setelah membahas tentang apa itu mockup, ada baiknya kamu juga mengetahui fungsi-fungsinya. Dari sini kamu jadi paham apa saja keuntungan yang bakalan kamu dapatkan dari membuatnya.

Baca Juga   Cara Membuat Stop Motion dan Bahan yang Dibutuhkan

Ini dia fungsinya, GenK!

  1. Untuk melihat preview desain sebelum dicetak atau diproduksi.
  2. Menghemat pengeluaran biaya, karena tidak perlu mencetak desain yang belum fix.
  3. Kontrol untuk menjaga display desain supaya tidak melenceng dari konsep awal.
  4. Sebagai pedoman teknis perancangan desain.
  5. Kamu bisa melihat gambaran secara nyata bagaimana desain kamu saat diproduksi nantinya.

Cara Mendesain Mockup

Desain mockup bisa kamu buat dengan cara manual maupun digital. Seiring perkembangan zaman, para desainer saat ini lebih memilih menerapkannya dengan cara digital. Alasannya tentu karena lebih mudah dan efisien.

Kalau dulu membuat mockup manual harus mengandalkan banyak kertas, alat tulis, dan cat lukis. Berbeda halnya dengan cara digital. Tinggal unduh template mockup dan gabungkan dengan desainmu lewat software edit foto. Contohnya seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDRAW, dan masih banyak lagi. Tergantung bentuk desain dan software yang kamu kuasai, GenK.

Alhasil pekerjaanmu jadi jauh lebih mudah dan tentunya bisa menghemat biaya. Bayangin deh kalau kamu mesti cetak desain yang belum selesai secara sempurna. Bisa-bisa uangmu habis duluan.

Jadi solusi termudahnya adalah buat dulu desain mockup. Jika dirasa ada yang kurang bisa segera kamu perbaiki. Kalau sudah benar-benar beres, baru deh kamu cetak prototipe-nya atau langsung produksi dalam jumlah banyak.  

Contoh Desain Mockup

Ada banyak jenis produk yang bisa kamu buat mockup-nya secara digital. Setiap jenis desain memerlukan detail yang berbeda-beda pula. Berikut adalah jenis desain mockup yang bisa menjadi inspirasimu saat mendesain, GenK.    

  • Mockup Stationery

apa itu mockup 3

Contoh Mockup stationery (sumber: freepik.com)

Stationery atau alat tulis sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya di perusahaan. Biasanya mereka ingin membuat alat tulis yang seragam dan terdapat logo perusahaan. Desain alat tulis profesional mampu menciptakan kesan yang mendalam di benak pelanggan dan partner bisnis.

Dalam kasus ini, kamu memerlukan yang namanya mockup stationery untuk mempermudah kamu menyampaikan gambaran bagaimana produk yang akan kamu cetak nantinya kepada pihak perusahaan.    

  • Mockup Fashion

apa itu mockup 4

Contoh Mockup baju (sumber: mockupworld.co)

Pernah melihat toko online yang memasang foto di situs webnya tentang beragam jenis baju yang berbeda warna? Tapi anehnya, bentuk foto dan posisi baju tetap sama walaupun warnanya berbeda. Yap, mereka menggunakan mockup fashion, GenK. Kamu tidak perlu memotret berkali-kali dengan posisi yang sama. Tinggal unduh templat mockup, kemudian masukkan desainmu. Jadi deh!    

Baca Juga   Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat
  • Mockup Billboard

apa itu mockup 5

Contoh Mockup billboard (sumber: freepik.com)

Sesuai dengan namanya, jenis mockup yang satu ini digunakan untuk preview desain billboard atau papan reklame yang sering kamu temukan di pinggir jalan raya.

Ukurannya yang besar kurang memungkinkan untuk dipasangi desain yang belum fix. Alhasil, kamu jadi sulit untuk membayangkan bagaimana hasil akhir desainmu nantinya.

Dengan mockup billboard semuanya jadi jauh lebih mudah dan lebih simpel, GenK.    

  • Mockup Phone Case

apa itu mockup 6

Contoh Mockup phone case (sumber: mockupworld.co)

Selanjutnya adalah mockup phone case, yaitu template yang digunakan untuk mempermudah kamu saat memilih model phone case. Sekarang tidak perlu bingung lagi saat memesan model dan desain phone case secara online, karena kamu sudah tahu preview ponselmu lewat mockup.

Nah, kamu bisa nih, GenK, membuat kreasi phone case kreatif sendiri dari mockup buatanmu. kalau ditekuni, bisa jadi peluang bisnis yang bagus!  

Sebenarnya masih banyak lagi jenis mockup yang bisa kamu gunakan untuk melihat preview rancangan desain, seperti mockup CD, undangan, poster film, kartu nama, peralatan makan, buku, dan masih banyak lagi. Pilih saja mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Supaya pekerjaanmu jadi lebih mudah, GenK.  

Situs Web untuk Mengunduh Mockup

Beberapa orang masih kebingungan di mana mereka bisa mengunduh template Mockup yang gratis.

Padahal, ada loh situs web yang bisa menjadi pilihanmu untuk mengunduh mockup. Beberapa situs yang bisa menjadi pilihanmu adalah Freepik, GraphicBurger, DeviantArt, dan Mockup World.  

Baca Juga   Mengenal Lukisan Abstrak Lebih Dalam

Cara Membuat Mockup

Ini dia yang ditunggu-tunggu! Kalau dari tadi kami sudah membahas seputar apa itu mockup, sekarang saatnya praktik nih. Yuk siapkan device kamu dan ikuti cara membuat mockup berikut ini.

  1. Step pertama yang mesti kamu lakukan adalah mengunduh file template mockup gratis terlebih dahulu. Carilah model yang sesuai dengan kebutuhan dan produk yang ingin kamu lihat preview-nya.
  2. Buka Adobe Photoshop.
  3. Buat projek baru.
  4. Klik file, kemudian klik open. Pilih file mockup yang sudah kamu unduh.
  5. Di pilihan layer, klik layer dengan nama apa saja, misalnya “Mockup”.
  6. Setelah itu akan terbuka tab baru berisi kertas kosong yang ukurannya sudah disesuaikan dengan template. Klik file, kemudian open, dan masukkan desain yang ingin kamu lihat preview-nya.
  7. Posisikan letak desain dan ubah ukurannya sesuai yang kamu inginkan. Jika sudah, coba kembali ke tab awal.
  8. Tadaaa! Desain buatanmu sudah secara otomatis masuk ke template mockup deh.
  9.  

Tidak semua model template cocok diterapkan untuk desainmu. Sehingga belum tentu yang sudah kamu unduh saat ini langsung cocok dengan desainmu. Cobalah mengunduh berbagai macam. Selain untuk mencegah terjadi ketidakcocokan, semakin banyak template bisa memberi variasi gambaran bentuk produk kamu nantinya.


Sekarang kamu jadi tahu apa itu mockup dan bagaimana cara membuat mockup. Ternyata di balik cara penggunaannya yang super simpel, mockup adalah alat yang tentunya berguna untuk kamu para desainer.

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Glitch Art: dari Distorsi Jadi Estetika

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Rainbow Effect pada Foto lewat PicsArt

Seni Rupa dan Desain

7 Cara Membuat Infografis Cepat dan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Seni Rupa dan Desain

Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

7 Jenis Logo dan Cara Penggunaannya yang Wajib Diketahui Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Graphic Standard Manual? Yuk Baca Penjelasan Lengkapnya!

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Desain Kemasan untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Dasar-Dasar Desain Kemasan

Seni Rupa dan Desain

6 Jenis Kertas yang Wajib Anak Desain Ketahui

Seni Rupa dan Desain

6 Referensi Gaya Desain Grafis yang Menginspirasi 

Seni Rupa dan Desain

Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari, GenK!

Seni Rupa dan Desain

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link