Seni Rupa & Desain

Indah dengan Lekukan Uliran yang Khas, Inilah Gaya Seni Art Nouveau

art noveau

Salah satu aliran seni yang cukup populer dan pernah berjaya pada masanya yaitu art nouveau. Aliran seni ini sempat menikmati puncak kejayaannya pada tahun 1890 hingga tahun 1905. Seni ini banyak diaplikasikan pada berbagai bidang seni seperti lukisan, arsitektur, dan masih banyak yang lainnya. Salah satu ciri yang paling menonjol dari art nouveau yaitu adanya uliran seperti sulur tumbuhan yang meliuk-liuk. Yuk, simak disini pembahasan soal Art Nouveau.

Sejarah Art Nouveau

"Sejarah

Kemunculan art nouveau pertama kali karena adanya bentuk protes dengan jenis aliran seni yang sebelumnya. Sebelum art nouveau, ada gaya victorian dan art and craft movement. Gaya Victorian ini diambil dari nama Ratu Victoria dari Inggris. Gaya ini memiliki ciri-ciri berupa seni yang kaya ornament. Ilustrasi yang digambarkan cukup nyata dan menggunakan warna alami. Dalam setiap ilustrasinya yang banyak diangkat adalah wanita-wanita berbadan subur. Namun, gaya ini mendapat pertentangan hingga akhirnya muncul gaya art and crafts movements dan art nouveau. Aliran seni yang satu ini sendiri juga sudah sampai ke Indonesia dan berkembang di beberapa kota di Indonesia.

Jika di luar negeri aliran seni yang satu ini banyak diaplikasikan pada lukisan, di Indonesia aliran seni yang satu ini banyak diaplikasikan untuk mebel dan arsitektur. Untuk aliran seni ini pada mebel, ditemukan banyak di hasil mebel Jepara, Jawa Tengah. Pada desain mebel-mebel tersebut berupa kursi dan meja banyak ditemukan sulur-sulur tumbuhan yang meliuk dengan indahnya. Sementara pada arsitektur gaya ilustrasi yang menonjolkan ciri lekukan plastis ini banyak ditemukan. Sekilas gaya ini mirip dengan gaya art deco. Namun, gaya art deco lebih kaku dan simetris sedangkan art nouveau sebaliknya. Hal ini dicirikan dari liukan seperti sulur-sulur.

Baca Juga :   Pakai Logogram atau Logotype, Ya? Ini Lho Perbedaan Cara Penggunaannya

Contoh Art Nouveau

Sampai saat ini, kamu tetap bisa menikmati warisan dari seni-seni gaya dengan aliran yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa contoh dari karya art nouveau yang bisa kamu temui.

Secession Building – Vienna

Bangunan ini didesain oleh arsitek Joseph Maria Olbrich dan dibuka pada tahun 1898. Keunikan dari bangunan ini yaitu kubah khas berbentuk daun salam dari emas. Bangunan ini cukup tinggi dan akan terlihat bagian uliran sulur di bagian bawah hingga tengah. Ukiran sulur ini tidak terlalu nampak karena berukuran lebih kecil dan nampak sederhana.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

QuizSeni Rupa & Desain

Hidangan Jepang Mana Yang Sudah Pernah Kamu Coba?

Seni Rupa & Desain

Pembatas Akrilik Puzzle Terobosan Baru Tangani Penyebaran Virus COVID-19