Biar Gak Salah Ngasih, Ini Dia 4 Arti Bahasa Bunga yang Perlu Kamu Tahu

Dibaca Normal: 3 menit aja

Sejak ratusan tahun silam, bunga telah dipercaya sebagai media penyampai pesan yang digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari simbol keluarga kerajaan, ungkapan rasa belasungkawa, hingga lamaran pernikahan. Setiap jenis bunga memiliki makna khusus yang berbeda-beda satu sama lain atau dikenal dengan istilah bahasa bunga. 

Menerjemahkan arti bahasa bunga tak cuma dari jenisnya saja, tapi warna dan cara pemberiannya juga loh. Tergantung dengan pesan yang ingin kamu sampaikan, memberikan jenis bunga yang tidak sesuai tentu bisa mengecewakan si penerima. Jangan khawatir, agar kamu tidak salah dalam menentukan jenis bunga yang tepat, berikut ini beberapa arti bahasa bunga yang paling umum dipakai. 

1. Bunga Mawar 

Arti bahasa bunga 1

Sumber: ftd.com

Berbagai jenis bunga mawar merupakan pilihan klasik yang selalu digunakan untuk menjadi penyampai pesan cinta universal. Tapi tak boleh sembarangan, setiap warna mawar memiliki arti bahasa bunga yang berbeda. Beberapa di antaranya yaitu: 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
  • Mawar merah: Menyimbolkan cinta dan romantisme. Pas banget untuk kencan pertama atau saat menyatakan cinta. 
  • Mawar kuning: Menjadi perlambang hubungan persahabatan dan kebahagiaan. Cocok untuk diberikan kepada sahabat, ucapan selamat atas kelulusan, atau untuk orang yang sakit. 
  • Mawar ungu: Menjadi lambang penghormatan serta cinta pada pandangan pertama. Warna ungu memberikan nuansa agung dan megah. Paling pas untuk diberikan sebagai bukti hormat ke orang yang lebih tua. 
  • Mawar pink: Dipercaya sebagai simbol cinta penuh kasih sayang, rasa syukur, dan apresiasi. Warna mawar ini adalah pilihan tepat untuk menyampaikan ungkapan terima kasih dan rasa syukur. 
  • Mawar soft pink: Arti bahasa bunga ini adalah kelembutan serta kekaguman. Biasa digunakan sebagai ungkapan simpati atau diberikan pas hari Valentine. 
  • Mawar putih: Merupakan lambang kemurnian, kepolosan, simpati, dan spiritualitas. Dalam upacara pernikahan, mawar putih banyak dipilih sebagai simbol persatuan, kebaikan, dan kemurnian dari cinta baru. Biasa juga diberikan sebagai wujud rasa simpati atas suatu musibah dan ungkapan belasungkawa atas teman atau saudara yang meninggal. 
  • Mawar oranye: identik dengan hasrat, gairah, dan antusiasme. Kadang dipakai untuk menyampaikan rasa bangga dan turut berbahagia. Jika rekan atau keluargamu baru saja membuka bisnis baru atau berhasil meraih penghargaan tertentu, mawa oranye bisa dijadikan kiriman yang oke. 
Baca Juga
1001 Bahasa Bunga untuk Mewakili Berbagai Perasaanmu

2. Bunga Melati 

Arti bahasa bunga 2

Sumber: ftd.com

Arti bahasa bunga berikutnya yang tak boleh terlewat adalah bunga nasional Indonesia, apalagi kalau bukan melati. Jenis bunga eksotik ini sering dikaitkan dengan hubungan cinta, sensualitas, dan kecantikan. Dalam beberapa budaya, bunga melati juga menjadi ungkapan apresiasi serta keberuntungan. Sementara untuk berbagai upacara dan ritual keagamaan serta pernikahan, bunga melati menjadi simbol kesucian. Lalu pada prosesi kematian, bunga melati dianggap sebagai lambang perpisahan dan ucapan selamat tinggal. 

3. Bunga Anggrek 

 

Sumber: ftd.com

Menurut Teleflora, bunga anggrek dipuja sebagai simbol kemewahan dan royalitas. Arti bahasa bunga anggrek termasuk cinta, keindahan yang langka, keagungan, kecantikan, dan kekuatan. Untuk varian warnanya, anggrek pink dipilih sebagai penyampai pesan kasih yang tulus dan murni. Ada juga anggrek jenis cattelya yang merepresentasikan pesona dewasa dan matang. 

Baca Juga
5 Wisata Taman Bunga Instagramable yang Wajib Kamu Kunjungi

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Mengenal Apa Itu Cyberpunk: Low Life vs High Technology

Seni Rupa & Desain

Cantiknya Ragam Hias Flora dan Fauna, Bikin Desain Makin Artistik

Seni Rupa & Desain

RGB vs CMYK: Pengaturan Komposisi Warna untuk Desainer

Seni Rupa & Desain

8 Unsur Seni Rupa yang Wajib Diketahui Setiap Desainer Grafis

Seni Rupa & Desain

7 Unsur Desain Grafis Terpenting Agar Karyamu Makin Sempurna

Seni Rupa & Desain

Fakta Mengejutkan di Balik Logo-logo Terkenal

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>