Mahir Belajar Desain Grafis lewat 7 Buku Ini

Dibaca Normal: 5 menit aja
buku untuk belajar desain grafis

Belajar desain grafis memang tidak selalu mudah tapi kalau kamu tahu celahnya, maka semuanya tidak akan selalu sulit. Yang penting kamu tetap belajar, memperkaya wawasan, berlatih, dan jangan lupa untuk rajin membaca buku desain grafis.

Sebelum kita membahas desain dan semakin rumit, tidak ada salahnya kalian mengetahui konsep dari desain itu sendiri, GenK. Desain merupakan proses pencapaian atau perancangan kreatif dari seni terapan. Cakupan desain pun cukup luas.

Nah, untuk membantumu agar lebih mengenal dan memahami apa itu desain, serta seperti apa desain yang diterima masyarakat, mari kita simak buku-buku desain di bawah ini. Siapa tahu bisa menambah ilmu dan wawasan, khususnya tentang desain grafis.

Color Basic by Anne Dameira

Belajar Desain Grafis Lengkap sama Kreativv ID

Sumber: store.dgi.or.id

Sebelum belajar desain grafis lebih mendalam, ada baiknya kamu mengerti hal-hal sederhana seperti warna. Terdengar sangat simpel, tetapi hal tersebut sangat menentukan hasil dari karya desainmu. Pemilihan warna yang baik akan menghasilkan desain yang baik pula.

Jangan salah, warna pun dapat memancing perbedaan emosi seseorang saat melihat sebuah karya, lho! Buku yang berjudul Color Basic karya Anne Dameira ini memaparkan penjelasan warna dengan lugas serta perbedaan antara warna subtraktif dan aditif. Anne menjelaskan berbagai teori dan cara pemakaian warna yang tepat untuk diaplikasikan ke desain.

Kamu tentu tidak mau bukan, karena pemilihan warna yang kurang tepat, desainmu malah terlihat kurang bagus. Nah, di dalam buku ini, kamu akan belajar melihat sebuah desain dari filosofi pemilihan warna pada awal pembuatan.

Baca Juga
Imajinasi Jadi Kenyataan dengan 3D Pen

Universal Principles of Design by William Lidwell

Belajar Desain Grafis Lengkap sama Kreativv ID 2

Sumber: amazon.com

Cara belajar desain grafis yang mudah dituangkan dalam buku karya William Lidwell ini, GenK.

Buku laris yang telah diterjemahkan dalam 16 bahasa ini membahas mengenai konsep desain yang diaplikasikan ke dalam contoh-contoh visual. Ada kurang lebih 100 konsep yang disuguhkan penulis, agar kamu mempunyai banyak sudut pandang dan ide untuk menciptakan sebuah karya desain yang baik.

Desain yang baik merupakan desain yang dapat diterima oleh masyarakat. Dengan belajar desain grafis melalui buku karya William, kamu akan diajak untuk bereksplorasi dengan berbagai macam ilustrasi yang William sajikan. Buku ini juga merupakan salah satu referensi besar untuk desain, loh!

Dont Make Me Think by Steve Krug

Belajar Desain Grafis Lengkap sama Kreativv ID 3

Sumber: amazon.co.uk

Buku desain yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang sedang belajar web design. Steve memaparkan dalam bukunya yang terjual hampir 100.000 eksemplar ini, bahwa kita harus bisa mengaplikasikan desain web yang enak dilihat dan sederhana.

Desain web yang dimaksud sederhana oleh Steve di sini adalah desain web yang memudahkan orang memakai dan melihat web tersebut. Buat kamu yang sedang belajar desain web, Steve menegaskan bahwa jangan sampai orang yang melihat situs kamu akan berpikir keras saat membukanya.

Tempatkan dirimu di sisi orang yang akan mengunjungi web kamu. Pasti kamu akan buat sesederhana mungkin dan mudah bukan? Nah, bila kamu masih penasaran dengan buku karya Steve ini, buku lanjutannya sudah keluar di pasaran loh, GenK.

Dalam edisi kedua tersebut, Steve menambahkan bab baru ilmu desain web. Tetapi gaya penyampaiannya masih sama sederhananya seperti buku sebelumnya. Tertarik membeli yang kedua?

Baca Juga
Mengenal FODA, Komunitas Doodle Art Indonesia

Tipografi dalam Desain Grafis by Danton Sihombing

Belajar Desain Grafis Lengkap sama Kreativv ID 4

Sumber: ebooks.gramedia.com

Buku desain karya anak bangsa yang satu ini tidak kalah dari buku desain mancanegara lainnya. Kalau kamu belajar desain, kamu juga harus memahami tipografi. Penyampaian pesan dalam desain itu sangat penting. Maka dari itu, dalam buku karya Danton Sihombing ini, kamu akan dibawa untuk melihat, memahami, tata cara penulisan, dan penyampaian pesan dalam desain grafis.

Di dalam buku tersebut, kamu pun akan mengenal sejarah tipografi itu sendiri, dan apa sebenarnya teknik terminologi. Menarik sekali bukan?

The Design of Everyday Things by Donald Norman

Belajar Desain Grafis Lengkap sama Kreativv ID 5

Sumber: amazon.com

Proses mendesain tidak bisa dikatakan sederhana, GenK. Belajar desain grafis contohnya, kamu pasti memerlukan sebuah buku yang mengupas mengenai cara pengaplikasian desain ke dalam sebuah media. Sebelum kamu fokus akan hal tersebut, tidak ada salahnya untuk membaca buku sederhana karya Donald Norman ini.

Di dalam buku ini, kamu akan dibawa jauh ke sebelum sebuah desain itu tercipta. Lalu kamu akan melihat dari titik atau cara pandang berbeda akan suatu karya. Buku desain ini menganalisis sudut pandang desain dari barang sehari-hari yang kalian lihat.

Donald Norman benar-benar cerdas berpikir dan mengubah pemikiranmu akan suatu benda. Sesederhana kamu melihat sebuah meja. Meja yang sehari-hari ditemui tersebut mempunyai cerita panjang di belakangnya, mulai dari ide, proses pembuatannya, sampai benar-benar dibeli oleh pelanggan, dan berada mengisi interior rumah.

The Laws of Simplicity by John Maeda

Belajar Desain Grafis Lengkap sama Kreativv ID 6

Sumber: amazon.com

Semua anak desain pasti mengenal sosok John Maeda. Pria penerima banyak penghargaan ini adalah pendiri Simplicity Consortium di MIT Media Lab. Maeda memang memiliki otak cerdas dalam menciptakan sebuah karya.

Dalam bukunya yang berjudul The Laws of Simplicity ini, kamu diajak untuk banyak membaca buku desain agar lebih mengerti akan arti dari sebuah desain itu sendiri.

Baca Juga
8 Unsur Seni Rupa yang Wajib Diketahui Anak Seni

Kurang lebih ada 10 hukum kesederhanaan yang dipaparkan dalam bukunya. John ingin para pembaca dapat mengerti keseimbangan dari kompleksitas dalam bisnis dan teknologi. Semua ia paparkan dalam kesederhanaan.

100 Things Every Designer Needs to Know About People by Susan Weinschenk

Belajar Desain Grafis Lengkap sama Kreativv ID 7

Sumber: goodreads.com

Susan Weinschenk sudah bergelut di dalam desain teknologi hampir kurang lebih 30 tahun lamanya. Belajar desain grafis bagi Susan, seperti memahami seluk beluk wilayah dalam satu peta sampai ke detail persimpangan jalan. Buatnya, bila tidak melihat dari segi tersebut, pasti akan salah arah.

Buku ini memenuhi kebutuhan pelajaran desain untuk para desainer. Dengan contoh-contoh yang dipaparkan di dalam buku, kamu akan lebih mudah memahami desain dan merancangnya dengan lebih menarik. Desain bukunya pun sangat menarik perhatian, banyak warna yang Susan berikan dalam bentuk lingkaran-lingkaran kecil. Jika kamu ingin memperkaya ilmu desain, jangan sampai ketinggalan membaca buku karya Susan ini.


Jadi, masih bingung, untuk belajar desain dengan cara yang mudah dan menyenangkan? Tentu tidak bukan? Buku-buku di atas bisa menjadi rangkaian alternatif untuk mengisi imajinasi dan otak mengenai desain. Nah, buruan deh cari di toko-toko terdekat ataupun sosial media. Bila kamu mager, jangan salah, sebagian dari buku-buku tersebut juga sudah ada versi online-nya, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Nirmana Sedotan Mudah dan Gak Ribet

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Moodboard Kece yang Praktis dan Simpel

Seni Rupa & Desain

7 Referensi Template PPT Keren yang Menginspirasi

Seni Rupa & Desain

7 Langkah Cara Membuat Kliping yang Unik dan Kreatif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link