Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat

Dibaca Normal: 6 menit aja
cara melukis

Melukis adalah kegiatan yang menyenangkan! Terdapat beragam jenis cat yang bisa kamu gunakan, tapi setiap cat punya tips dan triknya masing-masing loh. Ini dia cara melukis berdasarkan jenis cat supaya hasilnya memuaskan. Apakah kamu suka melukis? Jenis cat apa yang menjadi andalanmu? Untuk membuat lukisan yang hasil akhirnya memuaskan dan super keren, kamu bisa menerapkan cara melukis berdasarkan jenis cat berikut ini!

Cara Melukis dengan Cat Akrilik

Cat akrilik adalah jenis cat yang terbuat dari plastik yang berbasis polietilen. Bentuk botolnya ada yang seperti tube dan ada juga yang seperti tempat pasta gigi. Jenis cat ini berbasis air tapi lebih pekat daripada cat air. Namun, cat ini mudah mengering sehingga diperlukan trik tertentu untuk mempertahankan kelembabannya. Melukis menggunakan cat akrilik hampir sama dengan melukis menggunakan cat minyak. Hanya saja cat yang satu ini kurang cocok untuk melapisi medium transparan. Lebih cocok kalau ingin kamu gunakan untuk melukis di atas permukaan medium yang tidak licin, berminyak, atau terlalu berpori.

Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat 1

Cat akrilik (sumber: productnation.co)

Teknik melukis dengan cat akrilik terbilang susah-susah gampang sih. Sifat cat yang mudah mengering membuat kamu harus cermat mengakalinya. Kami punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah. Tips yang pertama adalah untuk mengakali sifat cat yang mudah kering.  Campurkan cat akrilik dengan air. Sedikit saja, tidak perlu banyak-banyak. Karena kalau kebanyakan hasil cat saat diaplikasikan di medium akan berbeda dan malah jadi becek. Kamu perlu cermat untuk menentukan takaran air yang digunakan.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Oh iya, saat mencampurkan air dengan cat akrilik harus cepat-cepat, supaya tidak keburu kering. Selain itu kamu bisa menggunakan palet stay-wet alias palet yang tetap basah untuk menjaga kelembapan cat. Lalu semprotkan air pada lukisan atau palet. Kalau catnya masih lembab, jadinya lebih mudah saat proses pencampuran warna deh.

cara melukis 2

Palet stay-wet sumber: productnation.co)

Tips yang kedua digunakan untuk memberikan ilusi tebal tipis gambar. Cobalah membuat banyak lapisan cat untuk menimbulkan efek yang tebal sehingga gambar tidak monoton. Teknik pelapisan ini juga bisa diterapkan saat kamu ingin mengganti warna. Kamu bisa meniban warna yang sudah kering dengan warna yang baru. Supaya hasil akhirnya lebih mulus, gunakan warna putih terlebih dahulu sebelum dilapisi dengan warna yang baru.

Misalnya kamu melukis pakai warna kuning. Di pertengahan proses melukis, kamu ingin mengganti warnanya menjadi warna biru. Tiban warna kuning dengan warna putih terlebih dahulu. Barulah selanjutnya ditiban dengan warna biru. Bila kamu tertarik membuat sepatu lukis, cat akrilik bisa menjadi salah satu pilihanmu loh. Gunakan sepatu berbahan kanvas untuk mempermudah proses melukis. 

Baca Juga
6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital

Cara Melukis dengan Cat Air

cara melukis 3

Cat air (sumber: prestigify.com)

Melihat karya-karya lukisan cat air memang memanjakan mata. Saat melihatnya, kita akan merasa ingin membuat lukisan seperti itu juga. Nah, kalau kamu memang ingin membuat lukisan cat air, kami bisa membantumu. Menurut Wikipedia, cat air adalah jenis cat yang menggunakan pigmen dengan pelarut air yang sifatnya transparan. Umumnya cat ini digunakan pada media kertas. Selain kertas, sebenarnya juga bisa digunakan untuk melapisi kertas papirus, kain, kanvas, kulit, ataupun kayu. Dibutuhkan proses latihan yang panjang untuk menghasilkan karya lukisan yang indah. Buat kamu yang tertarik dengan teknik ini, yuk pahami terlebih dahulu bagaimana cara melukis dengan cat air.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Tutorial Cara Menggambar Wajah Lengkap!

Seni Rupa & Desain

Hand Lettering, Teknik Menggambar Huruf Kekinian

Seni Rupa & Desain

Desain Grafis ala Jepang, Indahnya Perpaduan Tradisional dan Modern

Seni Rupa & Desain

Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link