leadersingle

Cara Membuat Cover Wattpad Yang Baik, Biar Banyak Dilirik Pembaca

Dibaca Normal: 8 menit aja
cara membuat cover wattpad

Don’t judge a book by its cover. Kamu pasti pernah mendengar kalimat itu bukan? Namun, mau bagaimanapun, cover adalah yang pertama kali orang lihat dari segala hal, entah itu buku atau penampilanmu sendiri. Jadi, jangan sampai menyepelekannya. Dalam hal membaca cerita Wattpad misalnya. Kalau cover-nya sudah kece, pasti kamu juga jadi tertarik untuk membacanya. Dari sana kamu jadi menerka-nerka apa isi cerita yang akan disampaikan si penulis.

Kamu bisa mengerahkan seluruh imajinasi dan kreativitas saat membuat sebuah cover atau sampul cerita. Ingin mempelajarinya lebih dalam? Sekarang kami akan membagikan cara membuat cover Wattpad secara cuma-cuma hanya buat kamu. Sebelum masuk ke tutorial, ada baiknya kamu tahu terlebih dulu alasan yang mendasari kenapa kamu mesti membuat sampul yang bagus. Yuk kita simak sama-sama!

Desain Cover Wattpad Sebagai Senjata untuk Menarik Pembaca

Seperti yang kita ketahui, Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi baca buku online di smartphone yang memberikan wadah untuk penulis dan pembaca secara gratis. Sampai saat ini sudah diunduh lebih dari 100 juta orang pengguna. Tak dapat dimungkiri, Wattpad memang menjadi salah satu aplikasi yang populer di kalangan pembaca online. Sehingga banyak penulis yang berbondong-bondong menulis cerita di sana.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Kamu mesti banget menggunakan taktik untuk mampu bersaing dengan penulis lainnya. Misalnya membuat ciri khas dari segi penulisan, pemilihan nama tokoh yang sangat lokal, dan lain-lain. Salah satunya caranya adalah dengan membuat cover cerita yang bagus dan unik. Ini bisa menjadi strategi untuk bersaing dengan ribuan penulis lainnya. Bayangin deh saat kamu sedang scrolling di hasil kolom pencarian, pasti ada saja momen di mana mata kamu berhenti pada sebuah cerita. Padahal kamu belum melihat judul, pemeran, dan sinopsisnya. Semua murni dari ketertarikan kamu pada cover yang terpampang di layar ponsel. Hal ini membuktikan bahwa pemilihan desain cover bisa menjadi senjata ampuh untuk menarik minat pembaca.

Hal Penting Saat Mendesain Cover Wattpad

Terdapat beberapa aspek yang penting banget untuk menjadi pertimbangan kamu saat mendesain. Aspek-aspek inilah yang justru menjadi resep rahasia pembuatan cover cerita yang bisa menarik minat pembaca. Ini dia poin-poinnya.

Baca Juga
4 Aplikasi Membuat Poster Gratis Terbaik Tahun 2020

1. Mengetahui Ukuran Cover Cerita

Sebagian orang masih belum mengetahui berapa ukuran cover Wattpad. Terutama kamu yang baru mendalami cara membuat cover Wattpad sendiri. Ketidaktahuan ini bisa menjadi kendala yang merepotkan loh. Misal desainmu sudah jadi dan juga sudah diunggah. Namun ketika kamu lihat hasilnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Sisi kanan, kiri, atas, dan bawah cover bisa saja terpotong jika ukurannya tidak sesuai.

Cara Membuat Cover Wattpad 2

Contoh pengaturan ukuran cover (sumber: gubukilmu.me)

Jadi, ukuran cover Wattpad adalah 768 x 1200 pixels, 512 x 800 pixels, dan 256 x 400 pixels. Namun menurut kami, ukuran yang paling ideal adalah 256 x 400 pixel, karena hasilnya tidak kebesaran dan kekecilan. Apabila kamu menggunakan ukuran 768 x 1200 pixels, kualitas gambar akan lebih jernih. Akan tetapi saat diunggah pada pilihan ‘Add Cover’ gambarmu dengan otomatis akan di-compress sesuai ketentuan aplikasi.

Untuk resolusi gambar bisa kamu sesuaikan lagi. Namun idealnya adalah 72 pixels. Sekadar tips, ketika kamu mengunggah foto ke Wattpad, kamu akan diminta memilih ukuran resolusi. Nah, jangan pilih yang terlalu tinggi, karena gambar akan ter-compress dan pecah. Kemudian untuk color mode pilih RGB color, karena gambar kamu akan dilihat di layar gadget.

2. Sesuaikan dengan Genre Cerita

“Lebih baik fokus ke isi cerita. Cover sih masalah belakangan,” pikir sebagian orang. Nyatanya pemikiran seperti itu tidaklah benar, karena tidak hanya poster film, untuk membuat sebuah cover cerita juga harus disesuaikan dengan genre loh. Banyak penulis yang malah menyepelekan hal ini, padahal termasuk hal krusial yang wajib diberi perhatian lebih. Jika kamu tidak tertarik melakukannya, kamu harus lihat lagi ke dirimu, apa jangan-jangan kamu hanya merasa malas untuk mencari ide.

Sekarang kita ambil contoh. Misalnya kamu menggunakan genre drama romantis yang ditargetkan untuk pembaca remaja. Kemudian cover kamu berwarna hitam dengan tulisan warna merah yang diberi efek asap. Alhasil rasa mencekam lebih kentara dibanding rasa romantis ala remaja. Pembaca pun akan bingung. Sebenarnya kamu membuat cerita romantis atau horor sih? Kalau salah tafsir bisa-bisa malah meruntuhkan ekspektasi pembaca terhadap cerita kamu. Ujung-ujungnya mereka kehilangan selera untuk baca tulisanmu lebih jauh.

3. Menentukan Siapa Karakter yang Akan Muncul di Cover

Siapa tokoh utama di dalam cerita yang kamu tulis? Ada berapa tokoh pendampingnya? Sebelum mendesain, kamu mesti tahu dulu siapa saja tokoh yang layak kamu cantumkan di cover. Layak di sini maksudnya adalah tokoh-tokoh yang memiliki peran penting terhadap jalannya cerita. Idealnya hanya memasukkan 1-4 orang di dalam cover. Tujuannya supaya gambar tidak terlalu sumpek dan masih ada ruang kosong untuk menulis judul dan nama pengarang. Selain itu, ruang kosong ini juga penting bagimu untuk meletakkan bentuk grafis, seperti bulat, kotak, atau bentuk lainnya yang memiliki korelasi dengan isi cerita.

Baca Juga
Cara Membuat Poster Film Sesuai Genre

4. Kreatif Saat Meracik Filter dan Overlay

Cara Membuat Cover Wattpad 4

Contoh color grading (sumber: BorrowLenses.com)

Menyatukan banyak objek dengan background akan menyebabkan tampilan gambar benar-benar seperti diedit. Padahal sebenarnya bisa saja dipoles supaya hasil edit tidak terlalu kasar dan patah. Salah satu siasatnya adalah dengan menggunakan filter atau overlay. Dengan menggunakan kedua teknik tersebut, gambar objek dengan background akan terlihat lebih selaras dan memiliki value. Ini dikarenakan keduanya mampu memberikan dimensi yang lebih nyata dari sebelumnya.

Filter dan overlay bisa langsung kamu unduh template-nya di Internet. Salah satu situs web yang menyediakan keduanya adalah DeviantArt. Tinggal klik download, buka aplikasi Adobe Photoshop, dan pasang di dalam desainmu. Akan tetapi tidak semua filter akan cocok di gambarmu. Misal kamu ingin menggunakan efek warna dark red, tetapi saat diterapkan ke gambarmu warnanya malah underexposure. Sehingga kamu perlu mengunduh banyak template sebagai cadangan.

5. Memerhatikan Kualitas Foto

Saat mendesain cover, kamu tentu akan menggunakan teknik crop atau tools lainnya untuk memotong gambar sesuai bentuk yang diinginkan. Jika menggunakan gambar dengan resolusi tinggi, maka cover-mu tidak akan pecah saat proses penyuntingan. Sebaliknya, gambar akan pecah jika kamu menggunakan foto dengan resolusi yang rendah. Ada beberapa situs web yang bisa kamu gunakan untuk mencari gambar-gambar estetis. Cocok banget digunakan untuk komponen cover, misalnya Pinterest, We Heart It, dan Tumblr.

Aplikasi untuk Edit Cover Wattpad

Kamu tentu membutuhkan aplikasi edit foto untuk membuat cover cerita. Ada yang bisa kamu gunakan secara online maupun offline. Kalau online bisa langsung kamu akses lewat internet secara gratis. Sedangkan offline harus kamu unduh terlebih dahulu di device kamu. Di sini kami punya daftar aplikasi online dan aplikasi offline untuk membuat cover cerita. Yuk kita intip apa saja aplikasinya!

1. Canva

Canva adalah sebuah aplikasi edit foto yang bisa kamu akses secara online maupun offline. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat poster, logo, kartu nama, dan masih banyak lagi. Namun, karena bentuknya sudah berupa template, kamu mesti kreatif mengubahnya menjadi sesuatu yang baru dan lebih segar. Sehingga desainmu tidak mirip dengan orang lain dan punya ciri khas.

Baca Juga
8 Rekomendasi Aplikasi Infografis Kece Gratis dan Berbayar

2. Adobe Photoshop

Berikutnya adalah Adobe Photoshop yang merupakan software edit foto offline. Dengan aplikasi ini kamu bisa dengan leluasa memasukkan filter. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, color grading menjadi salah satu teknik yang bisa kamu terapkan saat membuat cover. Hanya saja aplikasi ini lebih nyaman saat digunakan di laptop atau PC sehingga kurang praktis jika kamu tidak punya aplikasi ini sebelumnya.

3. PicsArt

Kemudian ada aplikasi PicsArt. Di sini kamu bisa memasang overlay dan memberi filter. Lebih praktis daripada Adobe Photoshop, karena bisa kamu jalankan di ponsel. Kapan saja dan di mana saja, kamu bisa mengedit cover cerita. Simpel banget! Sayangnya bentuk font di sini tidak terlalu beragam sehingga kamu perlu menggunakan aplikasi lain untuk membuat tulisan.

4. Phonto

Kalau aplikasi yang ini bisa kamu gunakan untuk mengedit tulisan. Selain menggunakan font yang sudah tersedia dari aplikasi, kamu juga bisa mencari bentuk font dari hasil unduhan di internet. Minus dari aplikasi ini yakni tidak bisa memberi filter dan mengatur pencahayaan.

Cara Membuat Cover Wattpad

Selanjutnya masuk ke cara membuat cover Wattpad. Di sini kami akan memberikan langkah demi langkah yang bisa kamu ikuti. Sebelum itu, kamu mesti punya dulu aplikasi PicsArt dan Phonto di ponselmu. Nah, kalau sudah langsung saja kita mulai bikin sama-sama.

Step 1 – Membuat lembar kerja baru di PicsArt

Pertama-tama buka aplikasi PicsArt. Pilih menu ‘Drawings, kemudian klik ‘Pick Canvas. Di sana ada pilihan ‘Custom Size’ yang berarti kamu dapat mengganti ukuran kertas sesuai keinginanmu. Kami menggunakan ukuran 256 x 400 pixels agar gambar tidak terlalu besar resolusinya. Kemudian kamu akan masuk ke lembar kerja baru.

Cara Membuat Cover Wattpad 6

Step 2 – Masukkan foto utama

Di bagian pojok kanan, klik simbol foto untuk memasukkan foto yang akan kamu jadikan sebagai foto utama cover cerita. Usahakan pilih foto dengan kualitas tinggi. Tujuannya supaya gambar tidak pecah saat di-resize. Ini dia hasil jadinya. Kalau sudah langsung di save dulu gambarnya. Karena setelah ini kami akan langsung pindah ke aplikasi Phonto.

Cara Membuat Cover Wattpad 8

Baca Juga
7 Cara Membuat Infografis Cepat dan Mudah

Step 3 – Memberi judul cerita

Buka aplikasi Phonto, kemudian klik ‘Load Image’ untuk memasukkan gambar yang sudah kamu buat di PicsArt. Di sini kami menggunakan “No More Dream” sebagai judul cerita. Untuk menulis judul cukup klik text dan ubah font-nya sesuai keinginanmu. Sekadar tips, bentuk font bisa disesuaikan dengan genre cerita.

Cara Membuat Cover Wattpad 9

Kami menggunakan jenis font Good Brush” yang bisa kamu unduh di Dafont. Ukurannya 108 dan tilt menjadi -008° supaya tulisannya menjadi miring. Ubah juga warnanya di menu ‘Style’. Untuk merubah warna tulisan ada di menu text color. Sedangkan untuk memberi bayangan di belakang tulisan ada di menu ‘Shadow’. Sebenarnya masih ada menu lainnya yang bisa kamu ulik lagi.

Cara Membuat Cover Wattpad 10

Ini dia hasilnya! Kalau sudah jangan lupa klik save untuk menyimpan gambar. Eits, ini belum selesai loh. Karena sekarang kamu harus pindah lagi ke aplikasi PicsArt untuk memberi efek visual lainnya.

Step 4 – Beri overlay asap untuk efek visual

Buka lagi aplikasi PicsArt. Masukkan foto yang sudah kamu edit di Phonto. Sebelum memasang overlay, kamu mesti unduh dulu template-nya di internet. Kamu menggunakan overlay asap untuk efek visualnya.

Cara Membuat Cover Wattpad 11

Untuk memasukkan foto overlay cukup klik ‘Add Photo, pilih foto di galeri, kemudian klik ‘Oke’. Maka tampilannya akan seperti ini. Dikarenakan background-nya tidak transparan, klik menu ‘Blenddan pilih ‘Screen.

Cara Membuat Cover Wattpad 12

Ubah juga presets asap di menu ‘Adjustsupaya tidak terlalu keras. Ini dia pengaturannya.

  • Brightness: -75
  • Contrast: +54
  • Highlights: -81
  • Shadows: +30
Baca Juga
Tips dan Trik Edit Foto Ala Korea yang Bisa Kamu Tiru

Step 5 – Beri efek warna foto

Selanjutnya klik menu ‘Effects. Di dalamnya terdapat berbagai macam efek dan warna yang bisa langsung kamu gunakan. Hanya saja ada beberapa warna yang baru bisa kamu gunakan kalau berlangganan.

Cara Membuat Cover Wattpad 13

Kami menggunakan efek HDR dengan pengaturan berikut ini:

  • Blur: 21
  • Unsharp: 19
  • Saturation: 19
  • Fade: 32

Kemudian klik lambang centang untuk menyimpan gambar.

Step 6 – Polesan akhir

Berikutnya atur lagi warnanya di menu ‘Tools’, kemudian klik ‘Adjust’. Ini dia racikan fotonya:

  • Saturation: +4
  • Highlight: -7
  • Shadows: -14
  • Temperature: -6

Cara Membuat Cover Wattpad 14

Referensi Cover Wattpad

Kami punya beberapa referensi hasil desain cover yang bisa menginspirasi kamu nih. Yuk intip sama-sama!

contoh cover wattpad

Contoh cover Wattpad

Nah, itu dia cara membuat cover Wattpad yang bisa kamu terapkan saat mendesain. Gak bingung lagi kan? Sekarang kamu juga jadi tahu betapa pentingnya pengaruh cover terhadap minat pembaca. Masih soal poster, kamu juga punya artikel tentang cara membuat poster kreatif untuk anak desain. Yuk mulai berkarya! 

Don’t judge a book by its cover. Kamu pasti pernah mendengar kalimat itu bukan? Namun, mau bagaimanapun, cover adalah yang pertama kali orang lihat dari segala hal, entah itu buku atau penampilanmu sendiri. Jadi, jangan sampai menyepelekannya. Dalam hal membaca cerita Wattpad misalnya. Kalau cover-nya sudah kece, pasti kamu juga jadi tertarik untuk membacanya. Dari sana kamu jadi menerka-nerka apa isi cerita yang akan disampaikan si penulis.

Kamu bisa mengerahkan seluruh imajinasi dan kreativitas saat membuat sebuah cover atau sampul cerita. Ingin mempelajarinya lebih dalam? Sekarang kami akan membagikan cara membuat cover Wattpad secara cuma-cuma hanya buat kamu. Sebelum masuk ke tutorial, ada baiknya kamu tahu terlebih dulu alasan yang mendasari kenapa kamu mesti membuat sampul yang bagus. Yuk kita simak sama-sama!

Desain Cover Wattpad Sebagai Senjata untuk Menarik Pembaca

Seperti yang kita ketahui, Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi baca buku online di smartphone yang memberikan wadah untuk penulis dan pembaca secara gratis. Sampai saat ini sudah diunduh lebih dari 100 juta orang pengguna. Tak dapat dimungkiri, Wattpad memang menjadi salah satu aplikasi yang populer di kalangan pembaca online. Sehingga banyak penulis yang berbondong-bondong menulis cerita di sana.

Kamu mesti banget menggunakan taktik untuk mampu bersaing dengan penulis lainnya. Misalnya membuat ciri khas dari segi penulisan, pemilihan nama tokoh yang sangat lokal, dan lain-lain. Salah satunya caranya adalah dengan membuat cover cerita yang bagus dan unik. Ini bisa menjadi strategi untuk bersaing dengan ribuan penulis lainnya. Bayangin deh saat kamu sedang scrolling di hasil kolom pencarian, pasti ada saja momen di mana mata kamu berhenti pada sebuah cerita. Padahal kamu belum melihat judul, pemeran, dan sinopsisnya. Semua murni dari ketertarikan kamu pada cover yang terpampang di layar ponsel. Hal ini membuktikan bahwa pemilihan desain cover bisa menjadi senjata ampuh untuk menarik minat pembaca.

Hal Penting Saat Mendesain Cover Wattpad

Terdapat beberapa aspek yang penting banget untuk menjadi pertimbangan kamu saat mendesain. Aspek-aspek inilah yang justru menjadi resep rahasia pembuatan cover cerita yang bisa menarik minat pembaca. Ini dia poin-poinnya.

Baca Juga
4 Aplikasi Membuat Poster Gratis Terbaik Tahun 2020

1. Mengetahui Ukuran Cover Cerita

Sebagian orang masih belum mengetahui berapa ukuran cover Wattpad. Terutama kamu yang baru mendalami cara membuat cover Wattpad sendiri. Ketidaktahuan ini bisa menjadi kendala yang merepotkan loh. Misal desainmu sudah jadi dan juga sudah diunggah. Namun ketika kamu lihat hasilnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Sisi kanan, kiri, atas, dan bawah cover bisa saja terpotong jika ukurannya tidak sesuai.

Cara Membuat Cover Wattpad 2

Contoh pengaturan ukuran cover (sumber: gubukilmu.me)

Jadi, ukuran cover Wattpad adalah 768 x 1200 pixels, 512 x 800 pixels, dan 256 x 400 pixels. Namun menurut kami, ukuran yang paling ideal adalah 256 x 400 pixel, karena hasilnya tidak kebesaran dan kekecilan. Apabila kamu menggunakan ukuran 768 x 1200 pixels, kualitas gambar akan lebih jernih. Akan tetapi saat diunggah pada pilihan ‘Add Cover’ gambarmu dengan otomatis akan di-compress sesuai ketentuan aplikasi.

Untuk resolusi gambar bisa kamu sesuaikan lagi. Namun idealnya adalah 72 pixels. Sekadar tips, ketika kamu mengunggah foto ke Wattpad, kamu akan diminta memilih ukuran resolusi. Nah, jangan pilih yang terlalu tinggi, karena gambar akan ter-compress dan pecah. Kemudian untuk color mode pilih RGB color, karena gambar kamu akan dilihat di layar gadget.

2. Sesuaikan dengan Genre Cerita

“Lebih baik fokus ke isi cerita. Cover sih masalah belakangan,” pikir sebagian orang. Nyatanya pemikiran seperti itu tidaklah benar, karena tidak hanya poster film, untuk membuat sebuah cover cerita juga harus disesuaikan dengan genre loh. Banyak penulis yang malah menyepelekan hal ini, padahal termasuk hal krusial yang wajib diberi perhatian lebih. Jika kamu tidak tertarik melakukannya, kamu harus lihat lagi ke dirimu, apa jangan-jangan kamu hanya merasa malas untuk mencari ide.

Sekarang kita ambil contoh. Misalnya kamu menggunakan genre drama romantis yang ditargetkan untuk pembaca remaja. Kemudian cover kamu berwarna hitam dengan tulisan warna merah yang diberi efek asap. Alhasil rasa mencekam lebih kentara dibanding rasa romantis ala remaja. Pembaca pun akan bingung. Sebenarnya kamu membuat cerita romantis atau horor sih? Kalau salah tafsir bisa-bisa malah meruntuhkan ekspektasi pembaca terhadap cerita kamu. Ujung-ujungnya mereka kehilangan selera untuk baca tulisanmu lebih jauh.

3. Menentukan Siapa Karakter yang Akan Muncul di Cover

Siapa tokoh utama di dalam cerita yang kamu tulis? Ada berapa tokoh pendampingnya? Sebelum mendesain, kamu mesti tahu dulu siapa saja tokoh yang layak kamu cantumkan di cover. Layak di sini maksudnya adalah tokoh-tokoh yang memiliki peran penting terhadap jalannya cerita. Idealnya hanya memasukkan 1-4 orang di dalam cover. Tujuannya supaya gambar tidak terlalu sumpek dan masih ada ruang kosong untuk menulis judul dan nama pengarang. Selain itu, ruang kosong ini juga penting bagimu untuk meletakkan bentuk grafis, seperti bulat, kotak, atau bentuk lainnya yang memiliki korelasi dengan isi cerita.

Baca Juga
Cara Membuat Poster Film Sesuai Genre

4. Kreatif Saat Meracik Filter dan Overlay

Cara Membuat Cover Wattpad 4

Contoh color grading (sumber: BorrowLenses.com)

Menyatukan banyak objek dengan background akan menyebabkan tampilan gambar benar-benar seperti diedit. Padahal sebenarnya bisa saja dipoles supaya hasil edit tidak terlalu kasar dan patah. Salah satu siasatnya adalah dengan menggunakan filter atau overlay. Dengan menggunakan kedua teknik tersebut, gambar objek dengan background akan terlihat lebih selaras dan memiliki value. Ini dikarenakan keduanya mampu memberikan dimensi yang lebih nyata dari sebelumnya.

Filter dan overlay bisa langsung kamu unduh template-nya di Internet. Salah satu situs web yang menyediakan keduanya adalah DeviantArt. Tinggal klik download, buka aplikasi Adobe Photoshop, dan pasang di dalam desainmu. Akan tetapi tidak semua filter akan cocok di gambarmu. Misal kamu ingin menggunakan efek warna dark red, tetapi saat diterapkan ke gambarmu warnanya malah underexposure. Sehingga kamu perlu mengunduh banyak template sebagai cadangan.

5. Memerhatikan Kualitas Foto

Saat mendesain cover, kamu tentu akan menggunakan teknik crop atau tools lainnya untuk memotong gambar sesuai bentuk yang diinginkan. Jika menggunakan gambar dengan resolusi tinggi, maka cover-mu tidak akan pecah saat proses penyuntingan. Sebaliknya, gambar akan pecah jika kamu menggunakan foto dengan resolusi yang rendah. Ada beberapa situs web yang bisa kamu gunakan untuk mencari gambar-gambar estetis. Cocok banget digunakan untuk komponen cover, misalnya Pinterest, We Heart It, dan Tumblr.

Aplikasi untuk Edit Cover Wattpad

Kamu tentu membutuhkan aplikasi edit foto untuk membuat cover cerita. Ada yang bisa kamu gunakan secara online maupun offline. Kalau online bisa langsung kamu akses lewat internet secara gratis. Sedangkan offline harus kamu unduh terlebih dahulu di device kamu. Di sini kami punya daftar aplikasi online dan aplikasi offline untuk membuat cover cerita. Yuk kita intip apa saja aplikasinya!

1. Canva

Canva adalah sebuah aplikasi edit foto yang bisa kamu akses secara online maupun offline. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat poster, logo, kartu nama, dan masih banyak lagi. Namun, karena bentuknya sudah berupa template, kamu mesti kreatif mengubahnya menjadi sesuatu yang baru dan lebih segar. Sehingga desainmu tidak mirip dengan orang lain dan punya ciri khas.

Baca Juga
8 Rekomendasi Aplikasi Infografis Kece Gratis dan Berbayar

2. Adobe Photoshop

Berikutnya adalah Adobe Photoshop yang merupakan software edit foto offline. Dengan aplikasi ini kamu bisa dengan leluasa memasukkan filter. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, color grading menjadi salah satu teknik yang bisa kamu terapkan saat membuat cover. Hanya saja aplikasi ini lebih nyaman saat digunakan di laptop atau PC sehingga kurang praktis jika kamu tidak punya aplikasi ini sebelumnya.

3. PicsArt

Kemudian ada aplikasi PicsArt. Di sini kamu bisa memasang overlay dan memberi filter. Lebih praktis daripada Adobe Photoshop, karena bisa kamu jalankan di ponsel. Kapan saja dan di mana saja, kamu bisa mengedit cover cerita. Simpel banget! Sayangnya bentuk font di sini tidak terlalu beragam sehingga kamu perlu menggunakan aplikasi lain untuk membuat tulisan.

4. Phonto

Kalau aplikasi yang ini bisa kamu gunakan untuk mengedit tulisan. Selain menggunakan font yang sudah tersedia dari aplikasi, kamu juga bisa mencari bentuk font dari hasil unduhan di internet. Minus dari aplikasi ini yakni tidak bisa memberi filter dan mengatur pencahayaan.

Cara Membuat Cover Wattpad

Selanjutnya masuk ke cara membuat cover Wattpad. Di sini kami akan memberikan langkah demi langkah yang bisa kamu ikuti. Sebelum itu, kamu mesti punya dulu aplikasi PicsArt dan Phonto di ponselmu. Nah, kalau sudah langsung saja kita mulai bikin sama-sama.

Step 1 – Membuat lembar kerja baru di PicsArt

Pertama-tama buka aplikasi PicsArt. Pilih menu ‘Drawings, kemudian klik ‘Pick Canvas. Di sana ada pilihan ‘Custom Size’ yang berarti kamu dapat mengganti ukuran kertas sesuai keinginanmu. Kami menggunakan ukuran 256 x 400 pixels agar gambar tidak terlalu besar resolusinya. Kemudian kamu akan masuk ke lembar kerja baru.

Cara Membuat Cover Wattpad 6

Step 2 – Masukkan foto utama

Di bagian pojok kanan, klik simbol foto untuk memasukkan foto yang akan kamu jadikan sebagai foto utama cover cerita. Usahakan pilih foto dengan kualitas tinggi. Tujuannya supaya gambar tidak pecah saat di-resize. Ini dia hasil jadinya. Kalau sudah langsung di save dulu gambarnya. Karena setelah ini kami akan langsung pindah ke aplikasi Phonto.

Cara Membuat Cover Wattpad 8

Baca Juga
7 Cara Membuat Infografis Cepat dan Mudah

Step 3 – Memberi judul cerita

Buka aplikasi Phonto, kemudian klik ‘Load Image’ untuk memasukkan gambar yang sudah kamu buat di PicsArt. Di sini kami menggunakan “No More Dream” sebagai judul cerita. Untuk menulis judul cukup klik text dan ubah font-nya sesuai keinginanmu. Sekadar tips, bentuk font bisa disesuaikan dengan genre cerita.

Cara Membuat Cover Wattpad 9

Kami menggunakan jenis font Good Brush” yang bisa kamu unduh di Dafont. Ukurannya 108 dan tilt menjadi -008° supaya tulisannya menjadi miring. Ubah juga warnanya di menu ‘Style’. Untuk merubah warna tulisan ada di menu text color. Sedangkan untuk memberi bayangan di belakang tulisan ada di menu ‘Shadow’. Sebenarnya masih ada menu lainnya yang bisa kamu ulik lagi.

Cara Membuat Cover Wattpad 10

Ini dia hasilnya! Kalau sudah jangan lupa klik save untuk menyimpan gambar. Eits, ini belum selesai loh. Karena sekarang kamu harus pindah lagi ke aplikasi PicsArt untuk memberi efek visual lainnya.

Step 4 – Beri overlay asap untuk efek visual

Buka lagi aplikasi PicsArt. Masukkan foto yang sudah kamu edit di Phonto. Sebelum memasang overlay, kamu mesti unduh dulu template-nya di internet. Kamu menggunakan overlay asap untuk efek visualnya.

Cara Membuat Cover Wattpad 11

Untuk memasukkan foto overlay cukup klik ‘Add Photo, pilih foto di galeri, kemudian klik ‘Oke’. Maka tampilannya akan seperti ini. Dikarenakan background-nya tidak transparan, klik menu ‘Blenddan pilih ‘Screen.

Cara Membuat Cover Wattpad 12

Ubah juga presets asap di menu ‘Adjustsupaya tidak terlalu keras. Ini dia pengaturannya.

  • Brightness: -75
  • Contrast: +54
  • Highlights: -81
  • Shadows: +30
Baca Juga
Tips dan Trik Edit Foto Ala Korea yang Bisa Kamu Tiru

Step 5 – Beri efek warna foto

Selanjutnya klik menu ‘Effects. Di dalamnya terdapat berbagai macam efek dan warna yang bisa langsung kamu gunakan. Hanya saja ada beberapa warna yang baru bisa kamu gunakan kalau berlangganan.

Cara Membuat Cover Wattpad 13

Kami menggunakan efek HDR dengan pengaturan berikut ini:

  • Blur: 21
  • Unsharp: 19
  • Saturation: 19
  • Fade: 32

Kemudian klik lambang centang untuk menyimpan gambar.

Step 6 – Polesan akhir

Berikutnya atur lagi warnanya di menu ‘Tools’, kemudian klik ‘Adjust’. Ini dia racikan fotonya:

  • Saturation: +4
  • Highlight: -7
  • Shadows: -14
  • Temperature: -6

Cara Membuat Cover Wattpad 14

Referensi Cover Wattpad

Kami punya beberapa referensi hasil desain cover yang bisa menginspirasi kamu nih. Yuk intip sama-sama!

contoh cover wattpad

Contoh cover Wattpad

Nah, itu dia cara membuat cover Wattpad yang bisa kamu terapkan saat mendesain. Gak bingung lagi kan? Sekarang kamu juga jadi tahu betapa pentingnya pengaruh cover terhadap minat pembaca. Masih soal poster, kamu juga punya artikel tentang cara membuat poster kreatif untuk anak desain. Yuk mulai berkarya! 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Desain Kemasan untuk Pemula

Seni Rupa & Desain

Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Seni Rupa & Desain

Cantiknya Ragam Hias Flora dan Fauna, Bikin Desain Makin Artistik

Seni Rupa & Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa & Desain

Mengenal Dasar-Dasar Desain Kemasan

Seni Rupa & Desain

Ragam Seni Penuh Nilai Estetik dari 5 Jenis Printmaking

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>