Seni Rupa & Desain

Ini Dia Cara Membuat Desain Kemasan untuk Pemula!

cover-cara-membuat-desain-kemasan

Di artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas soal dasar-dasar desain kemasan. Nah, kalau sudah tahu pengertian, fungsi, dan prinsip dasarnya, sekarang saatnya kamu belajar cara membuat desain kemasan.

Sulit atau nggaknya pembuatan sebuah rancangan kemasan tergantung dengan bagaimana kerumitan bentuk desain yang ingin kamu buat. Semakin abstrak, biasanya akan semakin rumit. Apalagi kalau kamu ingin membuat packaging tanpa perekat, maka kuncian kotaknya akan semakin kompleks.

Eits, jangan putus asa dulu, karena kami akan membagikan cara membuat desain kemasan untuk pemula. Dimulai dari pola-pola sederhana, ke depannya kamu bakal terbiasa membuat pola yang lebih kompleks. Mau coba? Langsung aja simak di bawah ini.

Cara Membuat Desain Kemasan

Cara membuat desain kemasan yang akan kami bagikan berikut ini benar-benar dari yang paling dasar, kok. Jadi kamu yang pemula nggak perlu takut gagal untuk membuatnya. Daripada cuma kepo, langsung saja kita simak tahapan pembuatannya, yuk!

Step 1 – Memahami Layer Kemasan

memahami-layer-kemasan

Contoh layer kemasan (Sumber: tenolan.cz)

Terdapat 3 jenis layer di dalam sebuah kemasan secara utuh. Setiap layer memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda loh. Ini dia jenis-jenisnya:

  1. Outer packaging, merupakan hal pertama yang akan dilihat pelanggan karena benar-benar tampilan yang dapat dilihat dari luar. Misalnya seperti tas belanja dan kardus.
  2. Inner packaging, merupakan pelindung dari outer packaging agar nggak mudah lecet. Contohnya seperti kotak ponsel yang diberi segel.
  3. Product packaging, merupakan desain utama sebuah produk. Misalnya seperti botol yang diberi label logo dan bungkus permen.

Step 2 – Tentukan Desain Kemasanmu

Kalau tadi kamu jadi tahu bagaimana pembagian layer dari setiap desain packaging, sekarang saatnya menentukan desain kemasan yang akan kamu buat. Kamu punya beberapa contoh referensi yang bisa menginspirasi kamu. Cekidot!

referensi-packaging-produk

Contoh desain kemasan makanan (Sumber: ateriet.com)

Step 3 – Membuat Dieline

Cara membuat desain kemasan yang berikutnya yakni membuat dieline. Secara pengertian, dieline adalah desain template datar untuk membuat kotak atau paket. Template ini biasanya dipakai dalam desain grafis sebagai penanda bagian mana saja yang akan dipakai sebagai kerangka dan bagian mana yang akan dipotong.

Ini berguna banget kalau kamu kebingungan dengan tata letak kemasan yang benar. Cukup buat dieline saja kamu jadi terbayang bagaimana bentuk akhirnya. Tinggal rancang saja sesuai dengan desain kemasan yang ingin kamu buat.

Rancangan dieline dibagi menjadi beberapa bagian, tergantung bagaimana bentuk kemasan yang kamu inginkan. Berikut adalah bagian yang sering dibuat: 

  1. Bagian wadah kotak, dirancang sebagai wadah untuk meletakkan produk. Bentuknya nggak selalu kotak yang saklek, tetapi juga bisa berbentuk lipat seperti kotak pizza, dan lain-lain.
  2. Bagian penutup kotak, dirancang sebagai segel untuk kotakmu dan juga supaya lebih mudah dibuka saat sedang dibutuhkan. Contoh jenis penutup seperti standard tuck end, reverse tuck end, dan full overlap seal end.
  3. Bentuk praktis dengan zip atau dirobek, dirancang untuk kamu yang ingin menggunakan barang kapan saja dan di mana saja. Misalnya untuk cemilan jagung dan keripik pisang.
Baca Juga :   Pentingnya Desain Packaging untuk Bisnis Makanan Online

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Keunikan Memphis Design, Mengusung Konsep Retro 1980-an

Seni Rupa & Desain

5 Rekomendasi Situs Mockup Packaging Makanan Gratis

Seni Rupa & Desain

Mengenal Tren Desain UI Glassmorphism, yang Populer Banget di Kalangan Desainer

Seni Rupa & Desain

Bikin Konten Makin Atraktif dengan Tips Instastory Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.