7 Cara Membuat Infografis Cepat dan Mudah

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
cara membuat infografis

Melihat banyaknya desain infografis keren di internet terkadang bikin kamu jadi minder. Eits, tapi kata siapa kamu tidak bisa membuatnya? Yuk simak cara membuat infografis berikut ini, GenK!

Untuk membuat infografis tidaklah mudah. Dibutuhkan perencanaan yang matang supaya alurnya tetap jelas meskipun hanya disampaikan dalam selembar kertas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk para desainer.

Daripada galau, mendingan baca cara membuat infografis berikut ini yang bakal kami sampaikan sesederhana mungkin. 

Yuk simak step by step-nya!

Cara Membuat Infografis

Di artikel kali ini, kami akan membagikan kepada kamu secara cuma-cuma tentang cara membuat infografik, GenK. Ayo kita mulai dari step pertama. Cekidot!

Step 1 – Mengidentifikasi audiens

Cara Membuat Infografis 1

Ilustrasi target audiens (sumber: pexels.com)

Siapa target audiensmu? Ini menjadi pertanyaan yang paling basic, karena semua rancangan desain akan bermula dari sini.

Infografis bukan barang ajaib yang bisa mempromosikan dirinya sendiri. Kamu perlu menyampaikan informasi dengan grafis yang menarik. Kedua hal ini akan berkaitan dengan siapa target audiensmu. 

Misalnya kamu ingin membuat tutorial make-up wanita untuk wisuda. Berarti desainnya pun harus mencerminkan data, informasi, dan orang yang samu sasar. Seperti gender, umur, dan domisili. Umumnya, konten make-up kental dengan warna pink atau warna-warna pastel lainnya. Beginilah salah satu contoh mengidentifikasi audiens, GenK.

Baca Juga   Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Step 2 – Mengumpulkan data

Cara membuat infografis yang berikutnya adalah dengan mengumpulkan data. Data inilah yang kemudian akan digunakan sebagai bahan utama untuk teks dan gambar yang akan kamu buat nantinya.

Cara Membuat Infografis 2

Ilustrasi mengumpulkan data (sumber: pexels.com)

Pastikan data yang kamu cari sudah relevan dengan topik utama yang ingin kamu bahas, GenK. Cari informasi sebanyak-banyaknya meskipun nanti akan diringkas menjadi teks yang lebih sederhana.

Kamu bisa memperoleh data ini dari pihak ketiga maupun dari pengalaman pribadimu. Jikalau kamu menggunakan data dari pihak ketiga, pastikan kamu sudah mengutip dari sumber yang tepat.

Di saat proses pengumpulan data, kamu bisa sekaligus membuat kerangka pikiran loh. Isi dari infografis buatanmu mulai terbayang dan kamu bisa mengira-ngira elemen apa yang kamu butuhkan nantinya.

Step 3 – Mencari referensi desain infografis

Terdapat banyak desain infografis di internet yang bisa menginspirasimu. Mulai dari yang membahas soal data dari survei di suatu negara, sampai topik ringan yang santai bisa kamu temukan di sana.

Cara Membuat Infografis 3

Contoh infografis (sumber: zippos.info)

Ketahuilah bahwa ada 9 jenis infografis yang bisa menjadi opsi, GenK. Jenis-jenis ini sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Kami ambil beberapa contoh seperti process infographic, timeline infographic, geographic infographic, dan masih banyak lagi. Semua bisa kamu baca di artikel kami sebelumnya. Sekarang tinggal bagaimana cara kamu untuk memilih jenis yang cocok untuk topikmu. 

Misalnya kamu ingin membuat dua perbandingan antara laptop A dengan laptop B. Berarti jenis infografis yang cocok kamu gunakan adalah comparison infographic.

Baca Juga   Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Step 4 – Merancang grid layout

Cara membuat infografik yang selanjutnya adalah merancang grid layout guna menyeimbangkan posisi elemen seperti teks, gambar, dan diagram yang ada di dalam kertas infografismu.

Cara Membuat Infografis 4

Contoh layout infografis (sumber: venngage.com)

Meletakkan elemen kamu dengan menggunakan grid simetris yang telah ditentukan adalah taktik yang cerdas dan mudah untuk dilakukan. Dengan membuat grid, kamu bisa langsung menyusun elemen yang kamu butuhkan untuk menyampaikan data kepada audiens.

Selain itu, grid berfungsi sebagai penentu alur baca. Sehingga ini menjadi pekerjaan yang sangat penting, Genk. Kalau salah posisi, otomatis alur baca audiens juga ikut berantakan. Duh jangan sampai kejadian deh.

Step 5 – Download template gratis

Nah, kalau step ini bisa dilakukan buat kamu yang ingin langsung menggunakan template gratis dari internet. Akan tetapi menggunakan template memiliki kelebihan dan kekurangan juga loh.

Cara Membuat Infografis 5

Contoh template infografis (sumber: YouTube HubSpot)

Kelebihannya adalah kamu jadi lebih mudah dan cepat untuk membuat desain infografis, karena cukup ubah saja text dan gambarnya, GenK. Selain itu kamu juga tidak perlu menyusun grid, karena sudah dibuat otomatis dari file template yang kamu unduh. Pokoknya cocok buat kamu yang baru belajar desain dan tidak punya banyak waktu.

Sedangkan kekurangannya adalah kemungkinan besar ada orang lain yang memiliki desain infografis yang sama persis denganmu. Kemudian kurang fleksibel ketika kamu ingin mengubah posisi, warna, dan elemen-elemen lain yang ingin kamu ubah visualnya.

Namun jika kamu tertarik menggunakan cara membuat infografis yang satu ini yang menggunakan template infografis gratis, kamu dapat mengunduhnya langsung di situs web Freepik, GenK. Mudah banget!

Baca Juga   Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Step 6 – Visualisasikan data menjadi gambar

Langkah selanjutnya adalah mulai merancang bentuk visual infografis buatanmu. Seperti yang ditulis dalam artikel Venngage, How to Make an Infographic in 5 Steps (30/1/2019), proses visualisasi data dapat dilakukan dengan menggunakan metode ICCORE untuk membantu kamu memilih grafik yang tepat. Ini dia penjelasannya, GenK.

1. Inform

Contoh Infografis 6

Contoh bentuk inform (sumber: venngage.com)

Inform yaitu menyampaikan pesan penting tanpa memerlukan banyak teks. Kamu bisa menggunakan statistik dengan angka yang menonjol, teks besar, tebal, dan warna-warni. Selain itu kamu juga bisa memasang ikon pada teks dan membuat bagan persentase berbentuk bulat.

2. Compare

Contoh Infografis 7

Contoh bentuk compare (sumber: venngage.com)

Berikutnya adalah compare untuk menunjukkan persamaan atau perbedaan antara keseluruhan data. Kamu bisa menggunakan bagan batang, bagan kolom, diagram lingkaran, diagram donat, atau pictograph untuk membandingkan satu data dengan data lainnya.

3. Change

Contoh Infografis 8

Contoh bentuk change (sumber: venngage.com)

Selanjutnya adalah bentuk change yang biasanya digunakan untuk membuat jenis timeline infographic. Ini cocok untuk kamu yang ingin membuat tren dari waktu ke waktu. Gunakan bagan garis atau bagan area untuk menunjukkan perubahan waktu dari masa ke masa atau menjelaskan sebuah peristiwa. Atau kamu juga bisa menggunakan gambar peta untuk menampilkan data spasial (ruang dan waktu).

4. Organize

Contoh Infografis 9

Contoh bentuk organize (sumber: venngage.com)

Kamu ingin menunjukkan data sebuah grup atau data yang diurutkan berdasarkan ranking? Gunakan bentuk organize, GenK. Dengan menggunakan bentuk ini, kamu bisa mengurutkan data dan membuat peringkat dengan memberikan informasi tambahan di setiap elemennya. Kamu dapat menggunakan tabel atau flowchart untuk menunjukkan datanya. Praktis banget kan?

6. Relationship

Contoh Infografis 10

Contoh bentuk relationship (sumber: venngage.com)

Bentuk yang kelima adalah relationship yang memungkinkan kamu untuk menjelaskan hubungan yang kompleks di antara banyak hal. Kamu dapat menggunakan scatter plot yang disebar atau menggunakan multi-series plot yang bentuknya seperti data statistik yang memiliki beberapa data yang saling berkaitan satu sama lain.

7. Explore

Jika kamu ingin melakukan penggalian data yang lebih dalam, gunakanlah bentuk ala kamu sendiri. Karena gaya visualisasi sebenarnya bergantung pada detail data kamu yang kamu miliki, GenK. Sehingga kamu tidak perlu terlalu mengikuti aturan infografis yang ada. Ingatlah bahwa desain itu sebenarnya bebas, hanya saja aturan ini dibuat untuk membantu kamu supaya mudah saat mendesain.

Baca Juga   Tiga Animator Indonesia Jagoan 2D

Step 7 – Susun sesuai layout rancanganmu

Sekarang saatnya menyusun elemen grafis sesuai dengan layout yang sudah kamu rencanakan di step nomor 4. Semuanya akan berjalan dengan mudah, karena kamu tinggal menyusunnya sesuai jenis infografis yang kamu pilih juga, GenK. 


Itu dia cara membuat infografis yang bisa langsung kamu coba praktikkan di device masing-masing. Tinggal pilih aplikasi untuk membuat infografis yang mau kamu pakai. Yuk, cobain!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

            Artikel Selanjutnya