7 Langkah Cara Membuat Kliping yang Unik dan Kreatif

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat kliping

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, kamu pasti pernah ditugaskan untuk menciptakan karya kliping kan? Entah itu topiknya tentang olahraga, pendidikan, atau sekadar lucu-lucuan saja, GenK. Pada artikel ini kami akan membagikan cara membuat kliping yang unik dan mudah dipraktikkan. Yuk disimak!

Kalau bahasa kekiniannya sih, kliping juga dikenal dengan sebutan scrapbook. Secara pengertian, kliping adalah aktivitas menggunting atau memotong bagian kertas tertentu yang berasal dari sebuah buku, koran, atau majalah yang kemudian ditempel pada sebuah buku atau media kertas lainnya.

Coba deh kamu ketik kata kliping di kolom pencarian Pinterest. Berbagai contoh kliping kreatif ada di sana dan bisa banget dijadikan sebagai inspirasi yang insightful. Mau itu soal pemilihan tema, warna utama, tipografi, atau gambar-gambar yang artistik.

Pengen bisa bikin kliping kayak gitu?

Bukan kreativv ID namanya kalau tidak menyiapkan tutorial khusus buat kamu GenK. Yuk simak cara membuat kliping yang unik dan kreatif biar desainmu makin istimewa!

Alat dan Bahan untuk Membuat Kliping

Demi mempermudah proses pembuatan kliping nantinya, kamu mesti mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Mager banget kan kalau waktumu habis hanya karena semua peralatan belum siap?

Nah, berikut ini adalah alat dan bahan yang bakal kamu pakai selama proses pembuatan kliping, yaitu:

  • Buku, koran, dan majalah
  • Gambar dari internet (jika diperlukan)
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Media untuk menempel aset visual

Baca Juga
7 Jenis Logo dan Cara Penggunaannya yang Wajib Diketahui Anak Desain

Cara Membuat Kliping

Sudah siap semuanya?

Sekarang saatnya kami membahas cara membuat kliping yang akan diurutkan dari step pertama. Yuk langsung simak tahapan pembuatannya!

Step 1 – Menentukan tema

cara membuat kliping

Kumpulan majalah (sumber: pexels.com)

Kayaknya saya mau coba bikin kliping tentang fashion.

Klipingnya pengen pakai tema luar angkasa deh.

Langkah pertama yang jangan sampai terlewatkan adalah menentukan tema desain kliping yang akan kamu buat nantinya. Perbanyak bekal referensi desain untuk dijadikan inspirasi saat menyusun kliping, GenK.

Step 2 – Tentukan daftar isi kliping

Cara membuat kliping yang kedua adalah dengan menentukan apa saja konten yang akan kamu masukkan di dalamnya. Buatlah daftar isi untuk mempermudah pekerjaanmu. Semakin terkonsep akan semakin baik, GenK. 儭

Step 3 – Mengumpulkan buku, koran, dan majalah

Ada dua cara untuk mengumpulkan aset gambar kliping, yaitu dengan mencari di buku, koran, dan majalah atau kamu juga bisa mencari lewat internet.

Sebenarnya mencari di buku, koran, atau majalah merupakan cara yang lebih tradisional ketimbang menjelajah di internet tanpa perlu menghabiskan banyak waktu. Namun jika kamu menginginkan kesan vintage, mencari aset lewat cara tradisional lebih worth it untuk dicoba, GenK.

Step 4 – Buat cover

cara membuat kliping

Contoh cover kliping (sumber: pinterest.com)

Sekarang kita lanjut ke cara membuat cover kliping, yuk!

Cover merupakan bagian yang harus ada di dalam pembuatan kliping, karena lewat cover lah kamu dapat menarik perhatian pembaca. Buatlah cover yang menggambarkan isi dari kliping buatanmu agar calon pembaca jadi tahu apa yang sebenarnya akan kamu bahas.

Baca Juga
Tiga Animator Indonesia Jagoan 2D

Step 5 – Mencari materi yang sesuai dengan topik

Pembahasan kliping haruslah sesuai dengan judul yang tertera pada cover, supaya keduanya saling berhubungan satu sama lain. Tak lupa tambahkan juga sumber yang jelas bila kamu mengutip tulisan dari buku atau internet, GenK. Tahap ini mungkin akan memakan banyak waktu. Jadi, bersabar yah, GenK.

Step 6 – Menggunting aset visual

Ilustrasi menggunting (sumber: shutterstock.com)

Next, menggunting materi gambar yang sudah kamu kumpulkan untuk dijadikan aset visual. Pilihlah gambar yang menarik tapi tetap berhubungan dengan topik utama. Pelan-pelan saja, GenK, jangan sampai salah gunting. 五

Kamu dapat menambahkan gambar-gambar unik untuk dijadikan dekorasi kliping. Misalnya dedaunan, monster doodle, awan, dan lain-lain. Dijamin tampilan desain kliping buatanmu jadi lebih oke!

Step 7 – Cari font yang keren

cara membuat kliping

Koran alfabet (sumber: thejigsawpuzzles.com)

Menggunting dan terus menggunting, itulah yang menjadi balada saat kamu membuat kliping. Seperti di tahap kali ini, yaitu mencari font yang keren untuk tulisan yang bakal ditempel di kertas klipingmu.

Kamu bisa mengumpulkan huruf-huruf dari internet atau mencari satu per satu dari buku, koran, atau majalah. Untuk jenis font tidak mesti sama kok. Di dalam satu kata atau kalimat, sah saja kalau kamu menggabungkan beberapa jenis font.

Psttt tapi tulisannya harus tetap jelas yah, GenK! 井

Selain itu, kamu juga dapat membuat hand lettering loh. Untuk tutorialnya bisa kamu baca di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga
Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Step 8 – Menempel gambar

Saatnya menempel gambar nih!

Kumpulkan semua aset visual yang sudah kamu gunting, kemudian tempel satu per satu di halaman sesuai daftar isi yang sudah kamu buat pada step kedua. Gunakan lem kertas untuk menempelkannya, GenK. Tahap ini seharusnya tidak memakan waktu lama apabila kamu sudah merancang kerangkanya sejak awal.

Contoh Kliping

Sebagai penutupan, kami punya beberapa contoh kliping nih. Siapa tahu bisa dijadikan sebagai referensi saat mendesain.

cara membuat kliping

Cover kliping (sumber: etsy.com)

Contoh kliping (sumber: tripbeauty.com)

Kliping perjalanan (sumber: tehnobazar.club)

Semoga cara membuat kliping yang unik di atas bisa kamu terapkan untuk menghasilkan karya yang memukau. Kalau sudah khatam soal teknik kliping, mau membuat studyblr pun jadi lebih mudah. Yuk lanjut baca ke cara membuat studyblr di artikel yang sudah kami publish sebelumnya!

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Moodboard Kece yang Praktis dan Simpel

Seni Rupa dan Desain

7 Referensi Template PPT Keren yang Menginspirasi

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Rambut Anime dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

            Thank u, next!