17 Cara Mudah Membuat Komik

Dibaca Normal: 7 menit aja
cara membuat komik

Lewat komik, kamu bisa merasakan senang, sedih, resah, dan gejolak emosi lainnya tergantung genre yang kamu baca. Kami yakin sudah banyak di antara kamu yang membaca komik, namun ada berapa orang yang pernah membuat? Di dalam artikel ini, kami akan membahas seputar komik, termasuk cara membuat komik sendiri.

Buat kamu yang pernah membuat, wah selamat, itu artinya kamu berhasil naik level dari sekadar pembaca menjadi penulis komik. Untuk yang ingin membuat tapi belum tahu caranya, tenang saja, tidak perlu bingung. Yuk, kita bahas cara membuat komik, GenK.

Ciri-ciri Komik

Pertama-tama, ada baiknya kamu mengetahui lebih dulu apa ciri-ciri komik. Tujuannya agar komik ciptaanmu memiliki semua komponen penting yang harus ada. Selain itu, ini juga bertujuan agar kamu paham hal-hal mendasar apa saja yang membedakan komik dengan karya lain. Apa saja sih ciri-cirinya? Yuk simak!

1. Bersifat Proporsional

Ciri-ciri komik yang pertama adalah bersifat proporsional. Lewat komik, seorang pembaca bisa terlibat secara emosional yang membuatnya seakan-akan masuk ke dalam cerita dan menjadi tokoh utama. Biasanya pembaca merasa memiliki simpati dan kesamaan watak dengan tokoh utama, sehingga ia merasa menjadi bagian cerita.

2. Bahasa Percakapan

Berikutnya adalah bahasa percakapan yang digunakan di dalam dialog komik. Gunakan percakapan sehari-hari agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, karena dialog komik dibatasi dengan bubble text atau balon kata membuat author harus memilah kata-kata penting yang tidak bertele-tele.

Baca Juga
Cara Membuat Power Point Kreatif

3. Penggambaran Watak Tokoh 仄儭

Selanjutnya adalah penggambaran watak tokoh. Tujuan dari penggambaran adalah agar pembaca lebih memahami watak setiap tokoh. Biasanya penulis komik membuat profil setiap pemain secara detail.

Mulai dari nama, tanggal lahir, tinggi badan, berat badan, hobi, zodiak, golongan darah, dan masih banyak lagi. Semakin detail penggambaran watak tokoh, maka kamu akan semakin mengenal tokoh ciptaanmu sendiri.

3. Bersifat Kepahlawanan 次儭

Ciri-ciri komik yang berikutnya adalah bersifat kepahlawan. Maksudnya bukan pahlawan dalam perang ya, GenK. Kepahlawanan artinya si tokoh memiliki misi untuk keluar dari situasi sulit yang biasa menimpanya. Pada umumnya, pembaca akan ikut merasakan perjuangan si tokoh.

Semua pembuat komik pasti ingin pembacanya memiliki rasa simpati terhadap tokoh utama atau tokoh pendukung lain yang mereka buat.

superman flying

4. Memiliki Humor

Biasanya, terdapat humor di dalam dialog komik. Umumnya humor yang digunakan merupakan humor yang memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Maka dari itu, humor di dalam komik jadi mudah dipahami. Memilih humor ini agak tricky, GenK. Tidak salah jika kamu memilih humor khusus yang segmented hanya dimengerti kalangan tertentu, namun tentu membuat pembaca lain yang masih asing dengan humormu merasa bingung, karena tidak dekat dengan kesehariannya.

Baca Juga
Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Indonesia Berbakat yang Menggunakan Teknik Digital

Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Cat Air Berbakat Indonesia yang Menginspirasi

Seni Rupa & Desain

5 Inspirasi Desain UI untuk Aplikasi Terbaik di Tahun 2020

Seni Rupa & Desain

6 Tips Mengkombinasikan Font untuk Desain Grafis

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link