Cara Membuat Moodboard Kece yang Praktis dan Simpel

Dibaca Normal: 4 menit aja
Feature image

Kamu sedang mencari inspirasi untuk proyek desainmu berikutnya? Bingung mau buat kombinasi warna dan bentuk yang seperti apa? Yuk belajar cara membuat moodboard yang praktis dan simpel, dijamin bikin desain kamu jadi makin kece, GenK.

Moodboard adalah media yang digunakan untuk mengumpulkan referensi visual yang dapat tersusun dari kombinasi berbagai elemen. Media yang satu ini bisa diibaratkan sebagai panduan yang kerap dimanfaatkan oleh para desainer grafis untuk menciptakan karyanya. 兩

Beragam inspirasi yang dituangkan ke dalam sebuah moodboard biasanya terdiri dari kumpulan foto atau gambar dengan banyak variasi elemen desain yang kemudian menghasilkan suatu tema tertentu.

Graphic design GIF

Lewat moodboard, seorang desainer grafis bisa menentukan elemen-elemen yang akan dipakai untuk membuat desain. Elemen-elemen tersebut meliputi pilihan warna yang nantinya bisa dikembangkan lagi menjadi color palette. Lalu ada juga inspirasi bentuk, garis, tipografi, hingga tekstur desain.

Nah, kali ini kami akan memberikanmu panduan lengkap cara membuat moodboard kece yang praktis dan simpel dengan menggunakan bantuan aplikasi Milanote. Sebelum mulai, kamu bisa mendapatkan akses ke aplikasi dengan mengunjungi halaman web www.app.milanote.com.

1. Tentukan Apa yang Ingin Kamu Buat

Cara membuat moodboard 1

(sumber: milanote.com)

Cara membuat moodboard pertama adalah dengan memastikan terlebih dahulu tujuan yang kamu capai. Secara umum, moodboard dapat dibagi dalam beberapa kategori, yang nantinya akan berpengaruh pada desain yang kamu buat, GenK.

Moodboard berdasarkan fungsinya dapat digunakan sebagai panduan utama, yang berarti setiap elemen di dalamnya, termasuk font, skema warna, dan gambar, semuanya akan kamu gunakan pada karya desainmu.

Sementara untuk fungsinya sebagai media inspirasi, moodboard bisa dimanfaatkan untuk mencoba beragam tone dan mood desain yang berbeda-beda. Kamu bisa memanfaatkan keduanya sesuai kebutuhan, atau dengan memilih salah satu saja, GenK.

Untuk membuat moodboard baru di Milanote, cukup tarik Board dari panel toolbar, lalu berikan nama yang sesuai dengan proyek desain rancanganmu, seperti Prototipe Moodboard, atau Final Brand Board. Jangan lupa untuk menambahkan ikon yang sesuai dengan tema pilihanmu.

Baca Juga
Cara Membuat Studyblr

2. Buatlah Beberapa Pilihan

Cara membuat moodboard 2

(sumber: milanote.com)

Pada tahapan ini, kamu dapat menggabungkan beberapa inspirasi gaya desain atau mood ke dalam moodboard. Berbagai pilihan gaya desain yang berbeda bisa memberikan kamu banyak opsi untuk membuat versi unik buat proyekmu, GenK. 儭

Milanote menyediakan beragam tema bawaan pada aplikasinya yang bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan moodboard custom yang kece. Tinggal buka board pertama yang kamu buat, kemudian tambahkan sub-board dari panel dan berikan nama yang sesuai.

3. Kumpulkan Inspirasi Tertulis

Cara membuat moodboard 3

(sumber: milanote.com)

Belajar cara membuat moodboard adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Nah, sebelum mulai menambahkan gambar, ada baiknya untuk mengumpulkan konten tulisan yang kamu miliki.

Jenis tulisan yang dimaksud bisa berupa brand value, visi dan misi perusahaan, tagline, atau berbagai brief lainnya yang bisa kamu jadikan inspirasi. Pada bagian toolbar, pilih Note untuk setiap konten tulisan yang ingin kamu masukan. Gunakan Quote untuk teks kutipan langsung, misalnya dari klien. Gabungkan notes memakai fitur Column agar mudah dipindahkan.

Baca Juga
7 Langkah Cara Membuat Kliping yang Unik dan Kreatif

4. Tambahkan Elemen Visual

Cara membuat moodboard 4

(sumber: milanote.com)

Waktunya untuk menambahkan elemen visual, GenK. Jika proyek yang akan kamu kerjakan sudah memiliki logonya sendiri, langsung aja masukan ke dalam moodboard. Setelah itu, barulah kamu tambahkan elemen lain seperti visual web dan fotografi yang cocok dengan tema proyekmu.

Cukup klik fitur tombol Image pada panel menu di bagian kiri layar, lalu pilih gambar yang diinginkan. Kamu juga bisa langsung memasukan gambar dengan menarik langsung file dari desktop ke board yang sedang kamu buka. Praktis bukan?

5. Masukan Warna dan Font

Desainer grafis 1

(sumber: milanote.com)

Palet warna dan font merupakan bagian penting yang tak boleh sampai tertinggal untuk turut hadir di moodboard-mu, GenK. Beberapa rekomendasi situs download font legal dan gratis bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan tipografi yang pas buat desainmu.

Untuk menyusun palet warna desain, tool online seperti Kuler bisa membantumu untuk membuat kombinasi yang cocok untuk berbagai tema. Trik lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan warna dari gambar-gambar yang sudah ada.

Ambil screenshot palet warna dan font yang kamu temukan di internet, lalu tinggal tarik ke board Milanote yang masih terbuka. Usahakan untuk menyertakan satu font dalam beberapa varian yang berbeda agar kamu bisa membayangkan penempatannya di rancangan desainmu nanti.

Baca Juga
Yuk, Coba Bikin Mind Mapping, Seni Praktis Mengembangkan Ide

6. Mengatur Komposisi Visual Moodboard

Desainer grafis 2

(sumber: milanote.com)

Tahap terakhir dari cara membuat moodboard adalah dengan mengatur komposisi visual dari beragam elemen yang sudah kamu kumpulkan, GenK. Tempatkan elemen yang berkaitan secara berdekatan dan berikan variasi ukuran yang berbeda untuk mengindikasikan skala prioritas pada desain.

Demikian tadi cara membuat moodboard keren yang sederhana dan mudah menggunakan bantuan aplikasi Milanote. Bebaskan kreativitasmu dan ciptakan beragam karya desain penuh inspirasi dengan moodboard. Selamat berkarya, GenK!

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

7 Referensi Template PPT Keren yang Menginspirasi

Seni Rupa dan Desain

7 Langkah Cara Membuat Kliping yang Unik dan Kreatif

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Rambut Anime dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

            Thank u, next!