Cara Membuat Moodboard Kece yang Praktis dan Simpel

Dibaca Normal: 4 menit aja
Feature image

Kamu sedang mencari inspirasi untuk proyek desainmu berikutnya? Bingung mau buat kombinasi warna dan bentuk yang seperti apa? Yuk belajar cara membuat moodboard yang praktis dan simpel, dijamin bikin desain kamu jadi makin kece, GenK. 

Moodboard adalah media yang digunakan untuk mengumpulkan referensi visual yang dapat tersusun dari kombinasi berbagai elemen. Media yang satu ini bisa diibaratkan sebagai panduan yang kerap dimanfaatkan oleh para desainer grafis untuk menciptakan karyanya. 👨‍🎨

Beragam inspirasi yang dituangkan ke dalam sebuah moodboard biasanya terdiri dari kumpulan foto atau gambar dengan banyak variasi elemen desain yang kemudian menghasilkan suatu tema tertentu. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Graphic design GIF

Lewat moodboard, seorang desainer grafis bisa menentukan elemen-elemen yang akan dipakai untuk membuat desain. Elemen-elemen tersebut meliputi pilihan warna yang nantinya bisa dikembangkan lagi menjadi color palette. 🎨 Lalu ada juga inspirasi bentuk, garis, tipografi, hingga tekstur desain.

Nah, kali ini kami akan memberikanmu panduan lengkap cara membuat moodboard kece yang praktis dan simpel dengan menggunakan bantuan aplikasi Milanote. Sebelum mulai, kamu bisa mendapatkan akses ke aplikasi dengan mengunjungi halaman web http://www.app.milanote.com

1. Tentukan Apa yang Ingin Kamu Buat 

Cara membuat moodboard 1

(sumber: milanote.com)

Cara membuat moodboard pertama adalah dengan memastikan terlebih dahulu tujuan yang kamu capai. 🤔 Secara umum, moodboard dapat dibagi dalam beberapa kategori, yang nantinya akan berpengaruh pada desain yang kamu buat, GenK. 

Moodboard berdasarkan fungsinya dapat digunakan sebagai panduan utama, yang berarti setiap elemen di dalamnya, termasuk font, skema warna, dan gambar, semuanya akan kamu gunakan pada karya desainmu. 

Sementara untuk fungsinya sebagai media inspirasi, moodboard bisa dimanfaatkan untuk mencoba beragam tone dan mood desain yang berbeda-beda. Kamu bisa memanfaatkan keduanya sesuai kebutuhan, atau dengan memilih salah satu saja, GenK.  

Untuk membuat moodboard baru di Milanote, cukup tarik Board dari panel toolbar, lalu berikan nama yang sesuai dengan proyek desain rancanganmu, seperti “Prototipe Moodboard”, atau “Final Brand Board”. Jangan lupa untuk menambahkan ikon yang sesuai dengan tema pilihanmu. 😁

Baca Juga
Cara Membuat Studyblr

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari

Seni Rupa & Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa & Desain

Yuk Intip Tips Instastory Kreatif yang Bikin Konten Jadi Atraktif

Seni Rupa & Desain

Bikin Tulisan Kece Lewat 8 Aplikasi Pembuat Font Ini

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link