Cara Membuat Poster Film Sesuai Genre

Dibaca Normal: 6 menit aja
cara membuat poster film

Sebuah poster film harus mampu memvisualisasikan informasi yang ingin disampaikan film kepada audiens. Jangan sampai audiens tidak mendapat gambaran tentang film yang akan mereka tonton. Bagaimana cara membuat poster film yang benar?

Pada dasarnya, poster film tetaplah merupakan pengumuman yang disampaikan dalam bentuk visual kreatif. Isinya harus informatif, bisa menjelaskan beberapa hal terkait film buatanmu, misalnya segi judul, genre, alur cerita, penokohan, latar tempat, latar waktu, dan tanggal perilisan.

Membuat poster film tidak sesulit yang kamu bayangkan, GenK. Umumnya rasa bingung akan muncul ketika konsep yang kamu buat belum matang.

Kalau kamu sudah paham seperti apa konsep poster film yang ingin kamu buat, kamu pasti akan lebih mudah menjalani setiap proses pembuatan poster.

Maka dari itu, sebelum masuk ke pembahasan cara membuat poster film, tidak ada salahnya kamu menentukan konsep poster film buatanmu. Salah satu cara paling mudah adalah dengan memahami genre filmnya itu sendiri. Setiap genre memiliki detail dan ciri khas masing-masing. Nah, ciri itu bisa jadi inspirasi konsepmu.

Di dalam artikel ini, kami akan membagi cara membuat poster film berdasarkan genre film. Langsung saja simak tips berikut ini, GenK!

Baca Juga
6 Jenis Kertas yang Wajib Anak Desain Ketahui

Cara Membuat Poster Film Drama

Genre film yang pertama akan kami bahas adalah drama. Umumnya tema, setting, dan karakter film drama dekat dengan kehidupan nyata. Sehingga tak jarang banyak film drama yang mampu membuat para penontonnya baper.

Film drama biasanya ditonton oleh semua kalangan, baik dari anak-anak, remaja, sampai dewasa. Tergantung tema yang diangkat oleh penulis dan sutradara.

 Cara_Membuat_Poster_Film_Sesuai_Genre_1

Contoh poster film romance (sumber: imdb.com)

Maka dari itu kamu harus mampu membuat poster yang dapat dimengerti oleh banyak kalangan. Lalu bagaimana cara membuatnya?

1. Mencari tahu ciri khas film drama

Pada poster film bergenre drama, biasanya terpampang jelas siapa tokoh utama yang berperan di dalam film tersebut. Bisa terdiri dari satu sampai tiga orang atau lebih. Kami ambil contoh dari film drama percintaan.

Kamu harus bisa memvisualisasikan chemistry atau keserasian di antara dua pemain tersebut. Sehingga penonton tertarik untuk menonton kisah hidup si tokoh.

Di dalam poster film, biasanya terpampang satu atau beberapa tokoh yang saling bercengkrama satu sama lain. Menampilkan kedekatan batin setiap tokoh. Pose tersenyum dan tertawa adalah andalannya.

2. Elemen foto untuk membangun suasana romantis

Untuk membuat poster film bergenre drama, kamu memerlukan elemen foto seperti efek salju, kelopak bunga, cahaya matahari, dan lain-lain. Tujuannya untuk membangun suasana romantis.

Sebenarnya tergantung isi cerita sih, GenK, karena tidak semua film bergenre drama adalah romantis. Sehingga elemen foto yang digunakan untuk membangun suasana juga disesuaikan dengan isi cerita.

Untuk membuat efek gambar seperti itu dengan kualitas tinggi, kamu bisa mengunduhnya di Deviantart.

tangled

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

5 Rekomendasi Situs Download Mockup Gratis untuk Desainer

Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Indonesia Berbakat yang Menggunakan Teknik Digital

Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Cat Air Berbakat Indonesia yang Menginspirasi

Seni Rupa & Desain

5 Inspirasi Desain UI untuk Aplikasi Terbaik di Tahun 2020

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link