fbpx

Cara Membuat Poster Film Sesuai Genre

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
cara membuat poster film

Sebuah poster film harus mampu memvisualisasikan informasi yang ingin disampaikan film kepada audiens. Jangan sampai audiens tidak mendapat gambaran tentang film yang akan mereka tonton. Bagaimana cara membuat poster film yang benar?

Pada dasarnya, poster film tetaplah merupakan pengumuman yang disampaikan dalam bentuk visual kreatif. Isinya harus informatif, bisa menjelaskan beberapa hal terkait film buatanmu, misalnya segi judul, genre, alur cerita, penokohan, latar tempat, latar waktu, dan tanggal perilisan.

Membuat poster film tidak sesulit yang kamu bayangkan, GenK. Umumnya rasa bingung akan muncul ketika konsep yang kamu buat belum matang.

Kalau kamu sudah paham seperti apa konsep poster film yang ingin kamu buat, kamu pasti akan lebih mudah menjalani setiap proses pembuatan poster.

Maka dari itu, sebelum masuk ke pembahasan cara membuat poster film, tidak ada salahnya kamu menentukan konsep poster film buatanmu. Salah satu cara paling mudah adalah dengan memahami genre filmnya itu sendiri. Setiap genre memiliki detail dan ciri khas masing-masing. Nah, ciri itu bisa jadi inspirasi konsepmu.

Di dalam artikel ini, kami akan membagi cara membuat poster film berdasarkan genre film. Langsung saja simak tips berikut ini, GenK!

Cara Membuat Poster Film Drama

Genre film yang pertama akan kami bahas adalah drama. Umumnya tema, setting, dan karakter film drama dekat dengan kehidupan nyata. Sehingga tak jarang banyak film drama yang mampu membuat para penontonnya baper. Film drama biasanya ditonton oleh semua kalangan, baik dari anak-anak, remaja, sampai dewasa. Tergantung tema yang diangkat oleh penulis dan sutradara.

 Cara_Membuat_Poster_Film_Sesuai_Genre_1

Contoh poster film romance (sumber: imdb.com)

Maka dari itu kamu harus mampu membuat poster yang dapat dimengerti oleh banyak kalangan. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Baca Juga   Mengenal Lukisan Abstrak Lebih Dalam

1. Mencari tahu ciri khas film drama

Pada poster film bergenre drama, biasanya terpampang jelas siapa tokoh utama yang berperan di dalam film tersebut. Bisa terdiri dari satu sampai tiga orang atau lebih. Kami ambil contoh dari film drama percintaan.

Kamu harus bisa memvisualisasikan chemistry atau keserasian di antara dua pemain tersebut. Sehingga penonton tertarik untuk menonton kisah hidup si tokoh.

Di dalam poster film, biasanya terpampang satu atau beberapa tokoh yang saling bercengkrama satu sama lain. Menampilkan kedekatan batin setiap tokoh. Pose tersenyum dan tertawa adalah andalannya.

2. Elemen foto untuk membangun suasana romantis

Untuk membuat poster film bergenre drama, kamu memerlukan elemen foto seperti efek salju, kelopak bunga, cahaya matahari, dan lain-lain. Tujuannya untuk membangun suasana romantis.

Sebenarnya tergantung isi cerita sih, GenK, karena tidak semua film bergenre drama adalah romantis. Sehingga elemen foto yang digunakan untuk membangun suasana juga disesuaikan dengan isi cerita.

Untuk membuat efek gambar seperti itu dengan kualitas tinggi, kamu bisa mengunduhnya di Deviantart.

3. Menggunakan efek overlay

Bayangkan kamu harus memotret ketika musim panas, padahal sebenarnya kamu menginginkan suasana musim dingin. Menggunakan efek overlay adalah solusinya.

Efek ini dapat diterapkan dalam pembuatan poster film drama. Beberapa efek overlay sudah ada yang tersedia dalam format .psd (Adobe Photoshop). Kamu jadi lebih mudah untuk menyuntingnya.

Baca Juga   Imajinasi Jadi Kenyataan dengan 3D Pen

4. Menggunakan teknik double exposure

Double exposure adalah sebuah gambar yang dibuat dengan cara menggabungkan dua objek sekaligus untuk menghasilkan gambar multi paparan.

Gambar double exposure bisa dibuat dengan cara menyunting gambar di software edit foto, maupun langsung di kamera dengan menggunakan fitur exposure, GenK.

5. Memilih tipografi

Gunakan tipografi yang memiliki kesan lembut. Jenis huruf yang digunakan juga bisa menjadi pembeda antara genre film satu dengan film lainnya.

6. Color Grading

Gunakan color grading yang membuat poster terkesan lebih terang, manis, dan romantis. Umumnya menggunakan warna kuning keemasan. Tapi, sekali lagi, GenK, semua tergantung temperatur yang ingin kamu tonjolkan di dalam poster.

Cara Membuat Poster Film Komedi

Komedi merupakan genre film berisikan drama yang dikemas secara ringan dengan melebih-lebihkan aksi, situasi, dan karakter tokoh. Tujuan film komedi sendiri untuk memancing tawa penonton.

[Cara_Membuat_Poster_Film_Sesuai_Genre]_2

Contoh poster film komedi (sumber: cdn.idntimes.com)

Membuat poster film komedi termasuk agak tricky. Kamu perlu memutar otak saat memilih semua komponen poster dan saat  menyunting gambar, karena poster kamu harus mencerminkan kelucuan film di dalam sebuah poster. Tujuannya tentu untuk menarik minat penonton.

Baca Juga   Cara Membuat Power Point Kreatif

Berikut ini adalah cara membuat poster film komedi.

1. Mencari ciri khas poster film komedi

Tujuan film komedi adalah memancing penonton untuk tertawa. Dari posternya saja, seharusnya sudah dapat memberi bayangan bagaimana tingkat kelucuan sebuah film komedi.

Umumnya poster film komedi menggunakan sesuatu yang mencolok alias eye catching dari segala komponen foto. Biasanya juga, yang terpampang adalah foto tokoh utama menampilkan mimik wajah yang ekspresif, bahkan tak jarang hiperbola alias dilebih-lebihkan.

Wah dari posternya saja sudah bikin kamu ketawa, GenK!

2. Background polos tidak jadi masalah

Background polos tidak menjadi masalah dalam pembuatan poster film komedi. Mengapa demikian? Sebab mimik wajah tokoh utama yang ekspresif saja sudah menarik perhatian penonton.

Hasilnya tokoh utama menjadi point of interest di dalam poster. Akan tetapi walaupun menggunakan background polos, pilihlah warna yang ceria, seperti warna kuning dan oranye.

3. Warna yang eye catching

Pilih warna-warna eye catching agar mata penonton langsung tertuju pada poster film buatanmu.  Warna ini juga mewakili isi film yang mengandung canda tawa. Bisa aplikasikan pada warna background, tipografi, dan color grading.

4. Memilih tipografi

Gunakan tipografi yang memberi kesan playful. Umumnya jenis huruf yang digunakan tidak memiliki ujung yang tajam. Kamu bisa memilih huruf tebal yang ujungnya tumpul atau membentuk bubble.

Cara Membuat Poster Film Horor dan Thriller

Film horor identik dengan sesuatu yang berhubungan dengan rasa takut, kejutan, dan teror mendalam bagi penontonnya. Pelaku teror bisa berwujud manusia, makhluk gaib, monster, dan karakter lainnya. Tak jarang makhluk gaib juga menjadi tokoh di dalam sebuah poster film horor. Serem banget ya, GenK!

Baca Juga   Cara Membuat Logo Mudah dan Kreatif

[Cara_Membuat_Poster_Film_Sesuai_Genre]_3

Contoh poster film horor (sumber: imdb.com)

Beberapa orang masih bingung membedakan antara film horor dan film thriller. Jika horor kerap memunculkan makhluk gaib di dalam film, lain halnya dengan thriller. Biasanya film thriller cenderung menguak emosi psikologis seseorang. Selain itu, genre thriller biasanya dikemas dalam cerita riddle atau teka-teki yang tidak melulu terang-terangan menunjukkan siapa pemeran antagonis. Walaupun demikian, film thriller mampu membangun suasana mencekam.

[Cara_Membuat_Poster_Film_Sesuai_Genre]_4

Contoh poster film thriller (sumber: amazon.com)

Kalau kamu ingin membuat posternya, ada baiknya kamu baca cara membuat poster berikut ini.

1. Mencari ciri khas poster film horor dan thriller

Pada poster film horor dan thriller, tokoh utama akan dikelilingi simbol-simbol teror yang berkaitan dengan isi film. Bahkan tidak tanggung-tanggung, makhluk gaib juga ikut terpampang di dalam poster. Untuk membuat kesan tokoh utama benar-benar mengalami teror, kamu bisa bermain dengan ekspresi wajah tokoh utama.

2. Color grading yang mencekam

Gunakan color grading yang dapat membuat suasana semakin mencekam. Warna-warna gelap bisa menjadi pilihannya. Kamu bisa mengunduh file color grading dalam format psd (Adobe Photoshop) pada Deviantart. Selain itu kamu bisa langsung bermain dengan brightness, contrast, curve, dan lain-lain di dalam software penyunting foto.

Baca Juga   Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

3. Merah mendominasi

Apabila kamu memperhatikan beberapa poster film horor atau thriller, warna merah pasti lebih mendominasi, atau paling tidak, ada unsur warna merah di dalam poster. Warna merah bisa bermakna apa saja, tergantung sutradara. Namun darah adalah objek yang paling melekat dengan warna merah di genre ini.

4. Tipografi yang tajam

Lain halnya dengan komedi, film horor atau thriller akan lebih pas jika kamu menggunakan tipografi yang ujungnya tajam. Ini menunjukkan teror dan kekejaman yang terdapat di sepanjang isi film.

Cara Membuat Poster Film Aksi

Film aksi sangat lekat dengan adegan-adegan fisik yang seru dan menegangkan dengan tempo cerita yang cepat. Walaupun sering memuat adegan berbahaya, tetapi film aksi masih menjadi kegemaran masyarakat.

[Cara_Membuat_Poster_Film_Sesuai_Genre]_5

Contoh poster film aksi (sumber: imdb.com)

Saat menonton film aksi, adrenalin kamu akan terpacu dan seakan-akan kamu menjadi bagian tokoh di dalam film. Seru banget, GenK!

Kalau film buatanmu bergenre aksi, kamu perlu mengetahui cara membuat posternya, seperti berikut ini.

Baca Juga   Mengenal FODA, Komunitas Doodle Art Indonesia

1. Mencari tahu ciri khas poster film aksi

Di dalam poster film aksi kerap memunculkan dua sampai tiga karakter yang merupakan tokoh protagonis dan tokoh antagonis.

2. Menggunakan teknik double exposure

Sama halnya dengan poster film drama, film aksi juga kerap kali menggunakan teknik double exposure. Menggabungkan dua objek menjadi satu merupakan pilihan yang tepat. Biasanya gambar tokoh utama akan digabungkan dengan foto latar tempat kejadian di dalam film. Ini akan membuat penonton penasaran, GenK.

3. Elemen gambar film aksi

Tambahkan elemen seperti api, ledakan bom, cipratan darah, dan peluru untuk memperkuat konsep pertempuran, peperangan, dan perkelahian.

4. Memilih tipografi

Gunakan tipografi yang tajam, tegas, dan maskulin, karena isi film aksi mengisahkan konflik berupa pergesekan fisik.


Nah itu dia cara membuat poster film sesuai genre film yang kamu buat. Kamu juga sekarang sudah paham bahwa setiap genre memiliki detail dan ciri khas masing-masing yang dapat menjadi komponen pembuatan poster. Jadi, sudah tahu kan konsep poster seperti apa yang ingin kamu buat? Tunggu apa lagi, buat poster film buatanmu sendiri, GenK!

Polling

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Glitch Art: dari Distorsi Jadi Estetika

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Rainbow Effect pada Foto lewat PicsArt

Seni Rupa dan Desain

7 Cara Membuat Infografis Cepat dan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Seni Rupa dan Desain

Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

7 Jenis Logo dan Cara Penggunaannya yang Wajib Diketahui Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Graphic Standard Manual? Yuk Baca Penjelasan Lengkapnya!

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Desain Kemasan untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Dasar-Dasar Desain Kemasan

Seni Rupa dan Desain

6 Jenis Kertas yang Wajib Anak Desain Ketahui

Seni Rupa dan Desain

6 Referensi Gaya Desain Grafis yang Menginspirasi 

Seni Rupa dan Desain

Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari, GenK!

Seni Rupa dan Desain

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link