6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Dibaca Normal: 4 menit aja
cara membuat poster

Poster yang baik tidak hanya memiliki desain yang kreatif, tapi juga informatif. Masih bingung harus mulai bikin dari mana? Mungkin kamu harus cobain 6 cara membuat poster berikut ini. Yuk disimak!

Mempromosikan bisnis atau acara gak akan lengkap tanpa menyebar poster ke khalayak umum, baik secara offline maupun online. Poster dianggap sebagai media yang ampuh untuk menarik perhatian pelanggan.

Saat proses mendesainnya, menjadi kreatif itu penting, tapi kamu juga harus tetap menyampaikan informasi seefektif mungkin kepada khalayak luas. Untuk itu, di sini kami ingin membagikan 6 tips cara membuat poster buat kamu yang ingin belajar mendesain. Ayo simak mulai dari tips pertama!

1. Mudah Dibaca dari Kejauhan

Saat sedang berjalan di sebuah pusat perbelanjaan, tanpa sadar matamu berfokus pada poster yang tergantung di depan toko musik. Ini berarti desainer poster tersebut sudah berhasil membuat poster yang menarik.

Namun tak hanya menarik, sebuah poster juga harus mudah dibaca dari kejauhan. Tujuannya supaya orang tidak memakan waktu lama untuk melihat detail informasi yang sebenarnya tertulis di poster. Kalau begini jadi lebih efektif kan?

cara membuat poster

Teks lebih menonjol (sumber: venngage.com)

Terdapat dua bagian teks yang paling penting di dalam sebuah desain poster sebagai pembeda, yaitu:

  • Judul, merupakan elemen teks utama dan ukurannya paling besar. Gunakan huruf yang menarik tapi tetap mudah dibaca agar menarik perhatian.
  • Detail, bagian ini merupakan detail acara yang tertera di dalam poster, seperti informasi waktu dan tempat. Tulis informasi secara ringkas, tak lupa gunakan warna kontras sebagai pembeda.
Baca Juga
4 Rekomendasi Aplikasi Membuat Poster Gratis Terbaik

2. PerhatikanWhite Space

White space atau negative space adalah ruang kosong yang ada di antara dan di sekitar unsur desain layout atau halaman. Mungkin, menggunakan jarak antar elemen yang terlalu berlebihan terasa aneh, tapi jarak yang berjauhan secara dramatis mampu memberikan visual yang kece, GenK.

cara membuat poster

Jarak antar tulisan (sumber: design.martimm.com)

Selain visual yang kece, menyediakan white space merupakan cara membuat poster yang tepat jika kamu ingin membuat desain poster yang mudah dibaca dari jauh. Terdapat beberapa tempat yang cocok diberikan white space, yaitu:

  • Di antara setiap huruf
  • Terletak di antara baris teks
  • Antara berbagai jenis elemen, seperti gambar dan teks
  • Di sekitar margin kanvas

3. Tipografi Sebagai Point of Interest

Tak jarang berbagai bentuk tipografi yang indah menghiasi sebuah poster. Bahkan beberapa poster terbaik dibuat hanya dengan mengandalkan jenis font dan warna tanpa gambar atau ilustrasi, GenK. Supaya lebih paham soal jenis font, sebaiknya simak dulu informasinya di artikel yang pernah kami publish sebelumnya.

cara membuat poster

Poster dengan tipografi (sumber: asobo-design.com)

Kalau sudah, sekarangnya ikuti salah satu cara membuat poster berikut, yaitu memainkan desain tipografi sebagai point of interest. Gunakan tipografi yang bentuknya lebih berani, ukurannya besar, dan warna yang kontras. Kemudian tinggal selaraskan dengan tema desain poster yang ingin kamu bangun deh.

Baca Juga
Mendesain Logo Lebih Mudah lewat 5 Aplikasi di Android Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Indonesia Berbakat yang Menggunakan Teknik Digital

Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Cat Air Berbakat Indonesia yang Menginspirasi

Seni Rupa & Desain

5 Inspirasi Desain UI untuk Aplikasi Terbaik di Tahun 2020

Seni Rupa & Desain

6 Tips Mengkombinasikan Font untuk Desain Grafis

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link