leadersingle

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Dibaca Normal: 4 menit aja
cara membuat webtoon

Ingin membuat webtoon tapi selalu tersendat karena gak tau caranya? Lewat artikel ini kami akan menjawab semua pertanyaanmu selama ini. Ada cara membuat webtoon dari proses perancangan konsep hingga format gambarnya. Ayo disimak, GenK!

Sebelumnya kami sudah membahas tentang apa itu webtoon. Istilah webtoon berasal dari kata webcomic yang memiliki arti komik yang diterbitkan di situs web atau mobile app. Nah, kalau kamu sudah paham tentang pengertiannya, sekarang saatnya kamu untuk unjuk gigi nih! 😁

Ada dua jenis individu di dalam webtoon, yaitu pembaca dan kreator. Kalau kamu punya skill menggambar kreatif janganlah ragu untuk menunjukkan bakatmu lewat karya gambar, GenK.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
cara membuat webtoon 1

Ilustrasi menggambar (sumber: pexels.com)

Buang jauh-jauh rasa takut akan komentar negatif dan pikiran tentang karyamu yang tidak akan laku di pasaran. Pemikiran seperti ini justru akan menghambatmu untuk berkembang. So, mulai berkarya yuk!

Seandainya kamu tertarik untuk membuat karya komik digital, coba baca cara membuat webtoon berikut ini. Semuanya bakal kami bahas dari basic-nya banget, dari proses kreatif sampai ketentuan format gambar. 

Gak pakai lama langsung saja kita baca step by step-nya yuk! 🧐

Cara Membuat Webtoon

Sudah siap membuat webtoon, GenK?

Untuk cara membuat webtoon akan kami bagi menjadi tiga bagian nih.

  • Di bagian pertama untuk menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan konsep dasar cerita.
  • Bagian kedua untuk menjelaskan tentang format yang digunakan ketika menggambar.
  • Sedangkan bagian ketiga untuk menjelaskan bagaimana cara mengunggah karyamu ke aplikasi Webtoon.

Kami mulai penjelasan untuk bagian pertama. Yuk simak!

Membuat Konsep Cerita Webtoon

Bagian pertama dari cara membuat webtoon adalah membuat konsep cerita. Ini dia beberapa hal yang mesti kamu lakukan, GenK.

Step 1 – Melalui proses kreatif

Untuk menghasilkan karya yang hebat harus melalui banyak mekanisme terlebih dahulu. Salah satunya adalah tahap mencari ide dan membuat konsep perancangan yang matang lewat proses kreatif. 😄

Spongebob imagination

Di tahap inilah kamu mencari ide cerita yang pas. Jika sedang mentok, cobalah untuk rileks dan belajar peka dengan sekitar. Siapa tahu kejadian unik di sekitarmu bisa diangkat menjadi tema utama cerita, GenK.

Selain tema, di tahap ini kamu juga sudah harus menentukan apa genre webtoon, bahasanya, bagaimana layout-nya, dan bagaimana panel yang akan kamu buat nantinya.

Kalau ingin mendalami soal apa itu proses kreatif dan tahapannya, kamu bisa membaca di artikel yang sudah pernah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga
Fakta Mengejutkan di Balik Logo-logo Terkenal

Step 2 – Membuat script

cara membuat webtoon 3

Ilustrasi menulis script (sumber: pexels.com)

Cara membuat webtoon yang berikutnya adalah dengan membuat script cerita. Untuk script bisa kamu sesuaikan dengan panjang atau pendeknya cerita. Apakah itu oneshot atau cerita panjang yang dibagi menjadi beberapa chapter

Hal lain yang harus kamu lakukan saat membuat script adalah dengan membuat plot tension yang dimulai dari eksposisi, komplikasi, klimaks, sampai resolusinya. 

Atau kamu juga bisa memberikan plot twist di ending cerita yang menyebabkan terjadinya dua kali klimaks. Hayo… apakah sudah kepikiran mau membuat konflik seperti apa? 🤔

Step 3 – Merancang desain karakter

Mau bikin karakter Spongebob dan Patrick Star itu gak instan loh. Kamu harus melalui yang namanya proses mendesain karakter terlebih dahulu. Desain karakter adalah proses visualisasi karakter yang disesuaikan dengan tema cerita. Ini menjadi cara membuat webtoon yang berikutnya.

cara membuat webtoon 3

Ilustrasi mendesain karakter (sumber: pexels.com)

Pada tahap ini kamu menentukan segala sesuatu yang berhubungan dengan tokoh. Contohnya seperti nama, bentuk tubuh, gaya gambar, pose, ekspresi, dan gaya busana tokoh. Gunanya supaya ada korelasi antara cerita, setting (tempat dan waktu), dan desain gambar. 

Penjelasan lebih lengkapnya bisa kamu baca di artikel cara membuat desain karakter yang sudah pernah kami tulis sebelumnya. 🧑👩Lumayan banget buat kamu yang baru terjun ke dunia komik, GenK. 

Baca Juga
4 Gaya Gambar Komik yang Wajib Kamu Tahu

Step 4 – Membuat storyboard

Cara membut webtoon yang berikutnya adalah dengan membuat storyboard. Nah, script yang sudah kamu buat di step kedualah yang bakal kamu gunakan sebagai dasar panduan untuk merancang storyboard. Membuat storyboard menjadi sangat penting, karena kamu jadi bisa membayangkan bagaimana alur cerita dan visualnya dalam satu episode.

Kami punya beberapa rekomendasi aplikasi membuat storyboard yang sudah pernah kami tulis di artikel sebelumnya. Untungnya, di aplikasi ini kamu bisa membuat perancangan storyboard secara gratis! 👍


Apakah sekarang kamu sudah paham, GenK? Sebenarnya cara membuat webtoon tidak sampai di sini saja loh. Ada juga beberapa ketentuan lain yang mesti kamu ketahui, seperti cara mengunggah komik di aplikasi Webtoon yang akan kami bahas di artikel berikutnya. Yuk gaskan!🏃🏻‍♀️

Polling

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Mengenal Lukisan Abstrak Lebih Dalam

Seni Rupa & Desain

Shibori, Teknik Celup Khas Jepang yang Mirip Batik 

Seni Rupa & Desain

Mau Bikin Desain Kemasan? Yuk Kenali Produknya Dulu!

Arsitektur & Interior
Seni Rupa & Desain

Mencetak Barang Impian dengan 5 Printer 3D Terbaik Ini

Seni Rupa & Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa & Desain

Yuk Intip Prediksi Tren Warna Desain Terhits di 2020

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>