Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara membuat webtoon

Ingin membuat webtoon tapi selalu tersendat karena gak tau caranya? Lewat artikel ini kami akan menjawab semua pertanyaanmu selama ini. Ada cara membuat webtoon dari proses perancangan konsep hingga format gambarnya. Ayo disimak, GenK!

Sebelumnya kami sudah membahas tentang apa itu webtoon. Istilah webtoon berasal dari kata webcomic yang memiliki arti komik yang diterbitkan di situs web atau mobile app. Nah, kalau kamu sudah paham tentang pengertiannya, sekarang saatnya kamu untuk unjuk gigi nih!

Ada dua jenis individu di dalam webtoon, yaitu pembaca dan kreator. Kalau kamu punya skill menggambar kreatif janganlah ragu untuk menunjukkan bakatmu lewat karya gambar, GenK.

cara membuat webtoon 1

Ilustrasi menggambar (sumber: pexels.com)

Buang jauh-jauh rasa takut akan komentar negatif dan pikiran tentang karyamu yang tidak akan laku di pasaran. Pemikiran seperti ini justru akan menghambatmu untuk berkembang. So, mulai berkarya yuk!

Seandainya kamu tertarik untuk membuat karya komik digital, coba baca cara membuat webtoon berikut ini. Semuanya bakal kami bahas dari basic-nya banget, dari proses kreatif sampai ketentuan format gambar. 

Gak pakai lama langsung saja kita baca step by step-nya yuk!

Cara Membuat Webtoon

Sudah siap membuat webtoon, GenK?

Untuk cara membuat webtoon akan kami bagi menjadi tiga bagian nih.

  • Di bagian pertama untuk menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan konsep dasar cerita.
  • Bagian kedua untuk menjelaskan tentang format yang digunakan ketika menggambar.
  • Sedangkan bagian ketiga untuk menjelaskan bagaimana cara mengunggah karyamu ke aplikasi Webtoon.

Kami mulai penjelasan untuk bagian pertama. Yuk simak!

Membuat Konsep Cerita Webtoon

Bagian pertama dari cara membuat webtoon adalah membuat konsep cerita. Ini dia beberapa hal yang mesti kamu lakukan, GenK.

Step 1 – Melalui proses kreatif

Untuk menghasilkan karya yang hebat harus melalui banyak mekanisme terlebih dahulu. Salah satunya adalah tahap mencari ide dan membuat konsep perancangan yang matang lewat proses kreatif. 

Di tahap inilah kamu mencari ide cerita yang pas. Jika sedang mentok, cobalah untuk rileks dan belajar peka dengan sekitar. Siapa tahu kejadian unik di sekitarmu bisa diangkat menjadi tema utama cerita, GenK.

Selain tema, di tahap ini kamu juga sudah harus menentukan apa genre webtoon, bahasanya, bagaimana layout-nya, dan bagaimana panel yang akan kamu buat nantinya.

Kalau ingin mendalami soal apa itu proses kreatif dan tahapannya, kamu bisa membaca di artikel yang sudah pernah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga   Mahir Belajar Desain Grafis lewat 7 Buku Ini

Step 2 – Membuat script

cara membuat webtoon 3

Ilustrasi menulis script (sumber: pexels.com)

Cara membuat webtoon yang berikutnya adalah dengan membuat script cerita. Untuk script bisa kamu sesuaikan dengan panjang atau pendeknya cerita. Apakah itu oneshot atau cerita panjang yang dibagi menjadi beberapa chapter

Hal lain yang harus kamu lakukan saat membuat script adalah dengan membuat plot tension yang dimulai dari eksposisi, komplikasi, klimaks, sampai resolusinya. 

Atau kamu juga bisa memberikan plot twist di ending cerita yang menyebabkan terjadinya dua kali klimaks. Hayo.. apakah sudah kepikiran mau membuat konflik seperti apa?

Step 3 – Merancang desain karakter

Mau bikin karakter Spongebob dan Patrick Star itu gak instan loh. Kamu harus melalui yang namanya proses mendesain karakter terlebih dahulu. Desain karakter adalah proses visualisasi karakter yang disesuaikan dengan tema cerita. Ini menjadi cara membuat webtoon yang berikutnya.

cara membuat webtoon 3

Ilustrasi mendesain karakter (sumber: pexels.com)

Pada tahap ini kamu menentukan segala sesuatu yang berhubungan dengan tokoh. Contohnya seperti nama, bentuk tubuh, gaya gambar, pose, ekspresi, dan gaya busana tokoh. Gunanya supaya ada korelasi antara cerita, setting (tempat dan waktu), dan desain gambar.

Penjelasan lebih lengkapnya bisa kamu baca di artikel cara membuat desain karakter yang sudah pernah kami tulis sebelumnya. Lumayan banget buat kamu yang baru terjun ke dunia komik, GenK.

Baca Juga   Apa Itu Graphic Standard Manual? Yuk Baca Penjelasan Lengkapnya!

Step 4 – Membuat storyboard

Script yang sudah kamu buat di step kedualah yang bakal kamu gunakan sebagai dasar panduan untuk merancang storyboard. Membuat storyboard menjadi sangat penting, karena kamu jadi bisa membayangkan bagaimana alur cerita dan visualnya dalam satu episode.

Kami punya beberapa rekomendasi aplikasi membuat storyboard yang sudah pernah kami tulis di artikel sebelumnya. Untungnya, di aplikasi ini kamu bisa membuat perancangan storyboard secara gratis!

Memahami Format Webtoon

Kalau soal teknik gambar-menggambar sih mungkin kamu sudah pro ya, GenK! Tapi kalau masalah format biasanya masih banyak yang belum tahu nih. Padahal sebagai calon kreator, kamu wajib banget mengetahui format webtoon yang tepat sebelum mengunggahnya ke internet. 

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan soal format webtoon. Kuy disimak!

Step 1 – Tentukan media gambar

cara membuat webtoon 4

Gambar pen tablet (sumber: pexels.com)

Digital atau manual?

Media menjadi hal yang penting. Setiap media tentu akan berbeda pula cara pengerjaannya. Misal kamu memilih untuk membuat sketsa gambar secara digital, berarti yang kamu butuhkan adalah PC, laptop, atau tablet sebagai media gambar, serta pen tablet sebagai alat untuk menggambar digital.

Sedangkan jika kamu memilih membuatnya secara manual, berarti kamu membutuhkan kertas sebagai media gambar, pensil atau spidol sebagai alat gambar, dan tinta atau cat lainnya untuk mewarnai.

Baca Juga   6 Jenis Kertas yang Wajib Anak Desain Ketahui

Step 2 – Perbedaan panel pada setiap jenis komik

Tahukah kamu kalau setiap jenis komik memiliki panel yang berbeda-beda? 

Panel berfungsi sebagai ketentuan tata letak gambar dan mempermudah pembaca guna mengetahui ke mana jalannya alur cerita. Berikut adalah beberapa jenis komik beserta panelnya:

  1. Komik, menggunakan pola baca panel dari kiri ke kanan.
  2. Manga, menggunakan pola baca panel dari kanan ke kiri.
  3. Strip, umumnya memiliki panel yang menyamping atau horizontal.
  4. Koma, umumnya memiliki panel dari atas ke bawah atau vertikal.

Ini bisa menjadi cara membuat panel webtoon buat kamu yang masih bingung dengan format panelnya. 

Nah, kalau format webtoon sendiri cenderung menggunakan bentuk vertikal. Keuntungan menggunakan format ini yaitu pembaca jadi tidak perlu melakukan zoom in pada gambar dan tinggal scroll layar saja deh. Kalau dipikir-pikir, format ini menjadi pilihan yang terbaik untuk komik digital.

Step 3 – Memahami ukuran kertas komik dan manga

Komik dan manga, keduanya memiliki ukuran kertas yang berbeda-beda. Akan tetapi, ukuran ini tidak mengikat kok. Bisa kamu sesuaikan dengan hasil akhir yang kamu inginkan. Berikut adalah ukuran kertas untuk komik dan manga:

Ukuran Kertas Komik
Standard 279 x 431 mm
Fan 228 x 304 mm
Print 178 x 266 mm
Ukuran Kertas Manga
Professional Standard B4 = 250 x 353 mm
Fan-made A4 = 210 x 297 mm
Print 140 x 197 mm

Baca Juga   8 Unsur Seni Rupa yang Harus Diketahui Oleh Anak-Anak Seni

Step 4 – Buat margin

cara membuat webtoon 5

Contoh margin komik (sumber: gomedia.com)

Cara membuat webtoon yang berikutnya adalah dengan membuat margin kertas. Gunanya supaya bagian safe area tidak ikut terpotong saat pengeditan gambar. Ini dia jenis-jenis margin yang mesti kamu tahu untuk membuat webtoon, GenK.

  1. Bleed Area, bagian kertas yang akan dipotong saat kertas di print.
  2. Trim Section, bagian yang ada di antara bleed area dengan safe area.
  3. Safe Area, area ini tidak akan digunting karena merupakan workspace kamu untuk menggambar karakter, background, bubble text, dan lain-lain.

Selain itu, ada pula yang namanya splash page yang merupakan gambar dengan format webtoon full screen tanpa pembatas di bagian pinggir kertas.

Step 5 – Resolusi gambar

Nah, yang terakhir adalah soal resolusi gambar yang tepat untuk mengunggah gambar webtoon. Tips dari kami, gunakan 300 dpi (dots per inch) untuk menghindari gambar yang blur. Mungkin saat kamu menggambar dengan 72 dpi akan terlihat besar, padahal ketika hendak dicetak, gambarnya akan lebih kecil daripada 300 dpi. 


Apakah sekarang kamu sudah paham, GenK? Sebenarnya cara membuat webtoon tidak sampai di sini saja loh. Ada juga beberapa ketentuan lain yang mesti kamu ketahui, seperti cara mengunggah komik di aplikasi Webtoon yang akan kami bahas di artikel berikutnya. Yuk gaskan!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

            Artikel Selanjutnya