Seni Rupa & Desain

Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Cara-Menggambar-Anime-untuk-Pemula

Anime menjadi salah satu gaya gambar yang menjadi tren sejak lama. Akan tetapi ada cara menggambar anime yang mesti kamu ketahui, loh, karena menggambar anime dengan menggambar jenis gambaran itu berbeda. Penasaran? Ayo baca penjelasannya di sini! 

Suka baca komik onlineAtau kamu suka menonton film anime? Bentuk gambarnya yang khas memang sedap dipandang mata. Apalagi ketika gambar tersebut disambung menjadi sebuah cerita dengan alur yang kreatif. Tidak menutup kemungkinan, hal Ini bisa membuat kamu jatuh hati dengan gaya gambar seperti di anime atau manga.

cara-menggambar-anime

Ilustrasi menggambar anime (Sumber: makeuseof.com)

Seandainya kamu tertarik untuk belajar menggambar ala anime, kamu harus tahu dulu nih, bagaimana cara menggambar anime yang baik dan benar. Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu mempelajari soal sejarah perkembangan anime di Indonesia yang sudah pernah kami bahas sebelumnya. Gunanya supaya kamu lebih paham soal anime yang selama ini kamu tonton. Nah, kalau sudah, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama. Let’s go

Bagaimana Cara Menggambar Anime?

Karena ini merupakan cara menggambar anime untuk pemula, kami sarankan untuk fokus menggambar setengah badan terlebih dahulu, yaitu badan bagian atas. Tujuannya untuk melatih tangan kamu agar terbiasa membuat gambar anime atau manga, sekaligus lebih memahami bagaimana detail gambarnya. Yuk langsung saja kita masuk ke step pertama.

Step 1 – Latihan Membuat Garis

latihan-membuat-garis-lurus-membuat-anime

Latihan membuat garis lurus (Sumber: animeoutline.com)

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya di artikel dasar desain grafis, garis menjadi salah satu elemen paling penting. Ini juga harus diterapkan ketika kamu menggambar loh, baik untuk menggambar karakter maupun landscape pemandangan. 

Untuk membuat garis lurus tanpa menghapus tidaklah mudah. Diperlukan latihan berkali-kali hingga pada akhirnya tangan kamu terbiasa untuk membuat garis lurus. Namun, ini akan beda lagi masalahnya jika kamu ingin membuat garis melengkung, karena ada teknik dasarnya lagi. 

latihan-membuat-garis-lengkung

Latihan membuat garis lengkung (Sumber: animeoutline.com

Jika kita lihat dari cara menggambar anime lainnya, umumnya mereka menggunakan garis yang khas. Makanya kamu perlu latihan untuk bisa membuat garis seperti itu. Siapkan kertas kosong dan buatlah garis di sana. Usahakan jangan menggunakan penghapus. Terus lakukan kegiatan ini sampai tangan kamu terbiasa membuat garis. 

Step 2 – Latihan Membuat Bentuk Dasar

latihan-bentuk-dasar-pola-anime

Latihan bentuk dasar pola anime (Sumber: animeoutline.com)  

Persegi, segitiga, dan lingkaran merupakan bentuk dasar geometris yang kerap digunakan sebagai sketsa awal menggambar. Kalau dihubungkan dengan gambar anime, ini bakalan berguna buat kamu ketika proses awal desain karakter. 

Ketahuilah bahwa ketiga bentuk dasar ini bisa menentukan sifat karakter nantinya. Misalkan kamu ingin membuat karakter yang memiliki sifat periang dan penuh semangat. Kamu bisa menggunakan lingkaran sebagai dasar sketsa tubuhnya. Kalau masih bingung, kamu bisa membaca lebih lanjut di dalam artikel cara membuat desain karakter yang pernah kami muat sebelumnya. 

Step 3 – Membuat Sketsa Kepala dengan Bantuan Grid

Cara Menggambar Anime 4

Membuat sketsa kepala (sumber: animeoutline.com)

Cara menggambar anime yang berikutnya adalah mulai membuat sketsa kepala. Pertama-tama buatlah lingkaran, kemudian buat garis bantu seperti tanda ‘tambah’ atau kamu juga bisa menggambar dengan bantuan grid. Tujuannya supaya gambarmu lebih rapi dan proporsional. 

Bila sudah membuat grid, mulailah menggambar kepala, rahang, dagu, dan semua bagian sampai akhirnya membentuk sketsa wajah. Inilah yang nantinya akan menjadi tempat kamu menggambar mata, hidung, mulut, telinga, dan lain sebagainya. Buatlah sketsa dengan garis tipis-tipis, supaya pensil tidak membekas di kertas. Jikalau tetap ingin membuat outline yang tebal, kamu bisa melakukannya ketika sudah masuk proses finishing gambar.

Baca Juga :   5 Aktivitas Seru untuk Pecinta Anime yang Bisa Kamu Lakukan Saat Jenuh

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa & Desain

Keunikan Memphis Design, Mengusung Konsep Retro 1980-an

Seni Rupa & Desain

5 Rekomendasi Situs Mockup Packaging Makanan Gratis

Seni Rupa & Desain

Mengenal Tren Desain UI Glassmorphism, yang Populer Banget di Kalangan Desainer

Leave a Reply

Your email address will not be published.