Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Dibaca Normal: 6 menit aja
cara menggambar anime

Anime menjadi salah satu gaya gambar yang menjadi tren sejak lama. Akan tetapi ada cara menggambar anime yang mesti kamu ketahui loh. Karena menggambar anime dengan menggambar jenis gambaran itu berbeda. Penasaran? Ayo baca penjelasannya di sini! 

Slider
Slider
Slider

Suka baca komik onlineAtau kamu suka menonton film anime? Bentuk gambarnya yang khas memang sedap dipandang mata. Apalagi ketika gambar tersebut disambung menjadi sebuah cerita dengan alur yang kreatif. Tidak menutup kemungkinan, hal Ini bisa membuat kamu jatuh hati dengan gaya gambar seperti di anime atau manga.

Cara Menggambar Anime 1

Ilustrasi menggambar anime (sumber: makeuseof.com)

Seandainya kamu tertarik untuk belajar menggambar ala anime, kamu harus tahu dulu nih bagaimana cara menggambar anime yang baik dan benar. Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu mempelajari soal sejarah perkembangan anime di Indonesia yang sudah pernah kami bahas sebelumnya. Gunanya supaya kamu lebih paham soal anime yang selama ini kamu tonton. Nah, kalau sudah, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama. Let’s go

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Bagaimana Cara Menggambar Anime?

Karena ini merupakan cara menggambar anime untuk pemula, kami sarankan untuk fokus menggambar setengah badan terlebih dahulu, yaitu badan bagian atas. Tujuannya untuk melatih tangan kamu agar terbiasa membuat gambar anime atau manga, sekaligus lebih memahami bagaimana detail gambarnya. Yuk langsung saja kita masuk ke step pertama.

Step 1 – Latihan membuat garis

Cara Menggambar Anime 2

Latihan membuat garis (sumber: animeoutline.com)

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya di artikel dasar desain grafis, garis menjadi salah satu elemen yang paling penting. Ini juga harus diterapkan ketika kamu menggambar loh, baik untuk menggambar karakter maupun landscape pemandangan. 

Untuk membuat garis lurus tanpa menghapus tidaklah mudah. Diperlukan latihan berkali-kali hingga pada akhirnya tangan kamu terbiasa untuk membuat garis lurus. Namun, ini akan beda lagi masalahnya jika kamu ingin membuat garis melengkung, karena ada teknik dasarnya lagi. 

Jika kita lihat dari gambar-gambar anime lainnya, umumnya mereka menggunakan garis yang khas. Makanya kamu perlu latihan untuk bisa membuat garis seperti itu. Siapkan kertas kosong dan buatlah garis di sana. Usahakan jangan menggunakan penghapus. Terus lakukan kegiatan ini sampai tangan kamu terbiasa membuat garis. 

Baca Juga
Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Step 2 – Latihan membuat bentuk dasar

Cara Menggambar Anime 3

Latihan membuat bentuk geometris (sumber: animeoutline.com)

Persegi, segitiga, dan lingkaran. Merupakan bentuk dasar geometris yang kerap digunakan sebagai sketsa awal menggambar. Kalau dihubungkan dengan gambar anime, ini bakalan berguna buat kamu ketika proses awal desain karakter. 

Ketahuilah bahwa ketiga bentuk dasar ini bisa menentukan sifat karakter nantinya. Misalkan kamu ingin membuat karakter yang memiliki sifat periang dan penuh semangat. Kamu bisa menggunakan lingkaran sebagai dasar sketsa tubuhnya. Kalau masih bingung, kamu bisa membaca lebih lanjut di dalam artikel cara membuat desain karakter yang pernah kami muat sebelumnya. 

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa & Desain

Indah dengan Lekukan Uliran yang Khas, Inilah Gaya Seni Art Nouveau

Seni Rupa & Desain

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Moodboard Kece yang Praktis dan Simpel

Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Grafis ala Korea, Si Minimalis yang Atraktif

Seni Rupa & Desain

17 Cara Mudah Membuat Komik

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link