Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara menggambar mata anime

Bentuk mata anime dan manga memang punya ciri khasnya sendiri. Inilah yang membedakannya dengan gaya gambar yang lain, GenK. Di sini kami akan membagikan kepadamu seputar cara menggambar mata anime yang cepat dan mudah. Yuk kita simak step by step-nya!

Kawaii!”

Adegan seperti apa yang terbayang di benakmu ketika membaca potongan dialog tersebut? Yap, adegan seperti ini identik dengan tokoh anime yang sedang mengagumi sesuatu sampai matanya  berbinar-binar.

Berbicara soal gambar mata, anime atau manga memang punya ciri khasnya tersendiri. Bentuknya tentu akan berbeda dengan gaya gambar lainnya, karena ada exaggeration gambar yang sesuai dengan salah satu prinsip animasi.

Cara Menggambar Mata Anime 1

Cuplikan anime (sumber: giphy.com)

Kalau dilihat dari bola mata, kelopak mata, dan bulu matanya terlihat sangat mencolok ketika digambar. Ini ada teknik khususnya loh, GenK. Buat kamu yang penasaran, kami punya cara menggambar mata anime yang bisa menjadi panduan kamu saat membuat karya. Cekidot!

Tips Menggambar Mata Anime

Sebelum masuk ke step by step menggambar mata dengan gaya anime, kami punya beberapa tips supaya kamu lebih mudah saat proses menggambarnya, GenK. Ini sebagai bekal awal sebelum kamu mulai bertempur. Yuk kita intip sama-sama apa saja tipsnya!

1. Mempelajari anatomi manusia

Sebelumnya kami sudah pernah menulis artikel tentang cara menggambar orang seluruh badan. Di sana kami menjabarkan tentang bagaimana teknik yang dilakukan untuk menggambar setiap bagian tubuh dengan mempelajari anatomi manusia. Nah, salah satunya adalah mata. 

Menggambar mata dengan gaya realis dan gaya anime tentu berbeda. Tapi kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara menggambar mata yang secara detail. Dengan begitu, kami jadi lebih mudah ketika menggambar dengan gaya anime nantinya.

2. Mencari referensi mata anime

Cara Menggambar Mata Anime 2

Referensi mata anime (sumber: YouTube mikeymegamega)

Seperti yang kita tahu, ada beragam jenis mata yang sering kamu temukan di anime atau manga. Bentuk mata tentu akan berubah-ubah sesuai dengan karakter dan mood tokoh saat itu. Perbanyaklah referensi, supaya lebih mudah juga saat membuat desain karakter nantinya.

Misalnya kamu ingin membuat tokoh A yang memiliki sifat pemarah. Berarti kamu harus bisa membuat bentuk mata yang menggambarkan emosinya. 

Untuk mempelajari lebih dalam soal cara membuat desain karakter, kamu bisa membacanya di artikel kami sebelumnya, GenK.

Baca Juga   Mengenal Bapak Seni Kolase, Richard Hamilton

3. Belajar membuat mata yang sejajar

Tips yang berikutnya adalah dengan belajar membuat mata yang sejajar. Beberapa orang merasa kesulitan untuk membuat mata dengan posisi yang presisi, padahal ini sangat penting loh. Kalau tidak sejajar akan berdampak pada visual wajah tokoh.

Jika kamu ingin belajar membuat mata yang sejajar, gunakan garis bantu ketika kamu membuat sketsa. Garis bantu ini berfungsi tidak hanya untuk kedua mata, tetapi juga untuk memposisikan alis.. Eits, tapi garisnya jangan terlalu tebal supaya bisa dihapus yah.

Cara Menggambar Mata Anime

Akhirnya masuk ke tahap pembuatannya  nih, GenK. Kami akan membagikan step by step-nya dari awal sampai akhir. Yuk langsung saja kita simak langkah-langkahnya!

Step 1 – Buat outline mata

Cara Menggambar Mata Anime 3

Contoh gambar outline mata (sumber: animeoutline.com)

Cara menggambar mata anime yang pertama adalah dengan membuat outline mata. Garis ini berfungsi sebagai bentuk dasar gambar mata yang akan kamu buat nantinya. Besar kecil bentuknya tergantung ukuran sketsa wajah yang sudah kamu buat sebelumnya.

Buatlah bagian atas outline mata lebih tebal daripada yang di bawah. Gunanya untuk mempertegas dan memberikan jarak dengan kelopak mata yang akan kamu buat selanjutnya. Selain itu perhatikan juga sudut matanya. Ukuran ketajamannya tergantung bagaimana karakter dari tokoh yang akan kamu buat.

Step 2 – Membuat iris dan pupil mata

Cara Menggambar Mata Anime 4

Contoh gambar iris dan pupil mata anime (sumber: animeoutline.com)

Buatlah lingkaran besar di dalam sketsa yang sudah kamu buat di step 1. Lingkaran ini berfungsi sebagai iris mata. Gambarlah iris dengan bentuk oval yang berdiri secara vertikal. Ini tentu akan berbeda dengan realita mata manusia pada umumnya yang digambar secara horizontal.

Kemudian beri bulatan di bagian atas atau sudut bawah mata. Bentuk bulat ini berfungsi sebagai pupil mata. Tak jarang beberapa kreator anime atau manga membuat bulatan yang banyak untuk mewakilkan ekspresi tokoh yang sedang berbinar-binar. 

Baca Juga   Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Step 3 – Buat bagian atas iris menjadi lebih gelap

Contoh gambar bayangan pada mata (sumber: animeoutline.com)

Step berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat garis ke arah bagian atas mata. Garis ini berfungsi untuk menunjukkan area gelap yang nantinya akan diberi efek bayangan dan ilusi bulu mata yang terpantul di mata. Untuk warna bayangannya tidak perlu terlalu tebal, sehingga tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara iris dengan bayangan dan dengan yang tidak.

Step 4 – Tambahkan bulu mata di bagian atas outline mata

Contoh gambar bulu mata (sumber: animeoutline.com)

Cara menggambar anime yang berikutnya adalah dengan menambahkan bulu mata di bagian atas outline mata. Tempat pertama untuk menggambar bulu mata adalah di sudut luar mata. Kenapa hanya di sudut? Umumnya, bulu mata manusia tumbuh di sekitar kelopak mata, tapi ini berbeda dengan gaya anime. Tujuannya supaya mata tokoh terlihat lebih bulat menonjol. 

Selain di bagian sudut luar, kamu juga bisa menambahkan sedikit bulu mata di bagian sudut dalam (sudut yang dekat dengan hidung). Arah gambar bulu matanya juga berbeda. Misalnya kamu ingin menggambar mata kanan. Berarti bulu mata sudut luar mengarah ke kanan luar, sedangkan sudut yang di bagian dalam mengarah ke kiri.

Oh iya, kamu juga bisa menambahkan sedikit bulu mata di bagian bawah outline mata. Dijamin visualnya akan semakin ciamik, GenK!

Baca Juga   1001 Arti Emoji: Dari Mana Asalnya? Kenapa Warnanya Kuning?

Step 5 – Ukuran jarak kedua mata

Jarak mata anime yang ideal (sumber: animeoutline.com)

Apakah kamu bingung berapa jarak yang ideal untuk meletakkan antara dua buah mata?

Untuk menempatkan mata di bagian kepala, pertama-tama bagi wajah menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Hanya saja karena ini gaya anime, bagian atas kepala cenderung lebih mendominasi daripada bagian bawah. Terutama untuk karakter wanita yang masih muda.

Sedangkan untuk jarak antara mata kanan dan kiri, kamu bisa menggunakan perbandingan ⅓.


Itu dia cara menggambar mata anime yang bisa menjadi panduan kamu saat membuat karya, GenK. Sebenarnya membuat mata dengan gaya anime itu mudah kok, tidak perlu terlalu detail seperti gaya gambar realis. Sekarang gambar mata sudah bisa, kalau gambar tangan bagaimana, GenK? Yuk simak artikel cara menggambar tangan anime!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

            Artikel Selanjutnya