fbpx

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara menggambar tangan

Tangan menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah gambar guna menjelaskan aktivitas si karakter. Akan tetapi banyak orang yang menghindar untuk menggambarnya, karena polanya yang rumit. Mau belajar? Berikut adalah cara menggambar tangan anime yang bisa kamu praktikan juga, GenK. Yuk disimak!

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang cara menggambar anime untuk pemula yang bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk menggambar basic. Masih berkaitan seputar anime, sekarang kami akan membagikan cara menggambar tangan anime khusus buat kamu nih, GenK.

Tak dapat dipungkiri, untuk membuat gambar tangan tidaklah mudah. Apalagi ada ruas-ruas dan lekukan jari yang kompleks. 

cara menggambar tangan 1

Cuplikan gambar tangan di anime (sumber: rebloggy.com)

Selain itu, cara menggambar tangan saat karakter sedang berdiam diri, dengan ketika ia sedang berjabat tangan tentu akan berbeda-beda pula polanya. Makanya banyak orang yang menganggap bahwa menggambar bagian tubuh yang satu ini sangatlah kompleks.

Mungkin inilah saatnya untuk mengasah skill menggambarmu dengan mengikuti cara menggambar tangan anime yang akan kami bahas di artikel kali ini. Kita mulai dari tipsnya yuk!

Tips Menggambar Tangan Anime

Pertama-tama kami akan membagikan seputar tips dan trik yang bisa kamu lakukan sebelum dan saat membuat gambar tangan gaya anime. Daripada penasaran, langsung saja kita cek dari yang paling pertama. Cekidot!

1. Mempelajari anatomi manusia

Tips yang pertama adalah dengan mempelajari anatomi manusia. Dengan mempelajari struktur tubuh manusia, kamu akan lebih mudah untuk memahami bagaimana detail bentuk organnya. 

cara menggambar tangan 2

Gambar tangan manusia (sumber: design.tutsplus.com)

Dalam kasus ini, cobalah dengan memperhatikan bentuk tanganmu. Kemudian ubah juga pose-posenya. Misalnya pose menggenggam, menunjuk, atau peace. Semuanya tentu memiliki bentuk yang berbeda-beda, GenK.

Jika kamu ingin mendalami tentang menggambar tubuh, kamu bisa membacanya di artikel cara menggambar orang seluruh badan yang sudah pernah kami tulis sebelumnya, GenK

Baca Juga   Mengenal Bapak Seni Kolase, Richard Hamilton

2. Menjiplak tangan di atas kertas

Mungkin ini terdengar konyol, tetapi dengan menjiplak tangan di atas kertas akan membuat kamu jadi terbiasa untuk membuat struktur tangan. 

Caranya sangat mudah. Cukup siapkan selembar kertas kosong dan pensil atau pulpen. Kemudian letakan telapak tangan kamu di atas kertas tersebut. Buatlah outline mengelilingi tangan kamu dengan menggunakan pensil atau pulpen.

3. Latihan membuat pola dasar telapak tangan

Nah, kalau yang ini sudah mulai masuk tahap praktik, yaitu dengan latihan membuat pola dasar telapak tangan. Dimulai dari bentuk persegi biasa, kemudian sudutnya dibuat tumpul dan semakin kumpul. Inilah yang menjadi bentuk dasar telapak tangan yang nantinya akan ditambah dengan ruas-ruas jari, GenK.

Cara Menggambar Tangan Anime

Yuhuuu!

Sekarang saatnya kamu untuk mencoba sendiri bagaimana cara menggambar tangan. Kami akan membagi menjadi beberapa poin tutorial berdasarkan pose tangan. 

Seperti yang dikutip dari artikel Anime Outline, How to Draw Hand Poses Step by Step, ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk menggambar tangan anime nih. Mari simak tutorialnya, GenK!

1. Cara Menggambar Tangan Terbuka

Tutorial yang pertama adalah untuk membuat tangan dalam pose terbuka. Ini merupakan bentuk yang paling basic, GenK. Sehingga pas banget buat kamu yang baru mulai belajar membuat sketsa anatomi. 

cara menggambar tangan 3

Step by step menggambar tangan terbuka (sumber: design.tutsplus.com)

Step 1 – Buat outline telapak tangan

Dimulai dengan menggambar sketsa dasar, kamu bisa membuat pusat telapak tangan yang sudah diberi outline. Besar atau tidaknya tangan akan ditentukan dari bentuk ini. Kalau kamu ingin membuat tangan dengan jari-jari yang panjang, buatlah sketsa yang lebih besar. Begitu pula sebaliknya, GenK.

Baca Juga   Fakta Mengejutkan di Balik Logo-logo Terkenal

Step 2 – Buat jari-jarinya

Dari sketsa dasar yang sudah kamu buat di step 1, sekarang tambahkan jari-jari yang mengitari sketsa tersebut. Akan tetapi, kamu harus bisa menentukan jarak antara ibu jari dengan jari lainnya. Selain itu, jangan lupa beri lekukan yang lebih besar pada bagian ibu jari, GenK.

Step 3 – Buat buku-buku jari dan garis tangan

Untuk menyelesaikan gambar, kamu dapat menambahkan berbagai garis dan kerutan di sekitar telapak tangan. Tak lupa, kamu juga harus membuat buku-buku jarinya, GenK. Walaupun terlihat mudah, tapi usahakan untuk meletakkan garis di posisi yang tepat. Supaya hasilnya benar-benar terlihat natural.

2. Cara Menggambar Tangan Peace

Selanjutnya adalah tutorial menggambar tangan dengan pose peace. Pose seperti ini termasuk salah satu gerakan yang paling umum ketika kamu menggambar seorang tokoh anime. Biasanya pose ini digunakan ketika tokoh tersebut sedang bergaya saat foto mereka diambil.

cara menggambar tangan 4

Step by step menggambar peace sign (sumber: animeoutline.com)

Step 1 – Gambar outline dasar telapak tangan

Pertama-tama buatlah outline dasar telapak tangan sama seperti yang kamu buat di pose sebelumnya. Untuk melakukan pose peace, berarti ada beberapa bagian yang dikepal. Sedangkan jari tengah dan jari telunjuk tidak perlu ditekuk.

Baca Juga   Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Step 2 – Buat gambar jari tengah, telunjuk, dan ibu jari

Cara menggambar tangan anime yang berikutnya adalah membuat gambar ibu jari yang menekuk ke bagian dasar telapak tangan. Kemudian di bagian atas, buatlah jari tengah dan telunjuk yang sedang mengangkat ke atas untuk membentuk dua jari ala peace sign.

Step 3 – Gambar jari manis dan kelingking

Sebelumnya kamu sudah membuat sketsa jari yang menekuk. Kemudian bagi menjadi dua bagian, satu bagian untuk jari manis dan yang satu lagi untuk jadi kelingking yang ukurannya lebih kecil. Kedua jari ini berada agak condong ke bagian bawah telapak tangan dan di antara dua jari lainnya. 

Step 4 – Buat buku-buku jari

Untuk menyelesaikan gambar, tambahkan detail seperti buku-buku jari dan juga garis-garis halus akibat tangan yang mengepal. Sebagai garis bantu, gunakan outline yang lebih tebal untuk membedakan sketsa dengan hasil akhir gambar.

3. Cara Menggambar Tangan yang Berada di Samping Pinggang

Last but not least.

Ini merupakan salah satu pose tangan yang paling sering digunakan untuk menggambar anime ataupun manga. Biasanya digunakan ketika tokoh buatanmu sedang tidak melakukan aktivitas yang berarti. Mau tau cara membuatnya? Ini dia tutorialnya, GenK!

cara menggambar tangan 5

Contoh gambar tangan di samping (sumber: drawingforall.net)

Step 1 – Membuat sketsa dasar punggung tangan

Karena posisinya menyamping, berarti sketsa dasar yang harus kamu buat adalah bentuk trapesium. Tapi tidak benar-benar saklek, GenK. Ikuti seperti gambar di atas. Ukuran trapesium ini juga harus kamu sesuaikan dengan ukuran badan, jangan sampai ukuran tangan dengan ukuran tubuh malah jadi distorsi karena ada yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Baca Juga   Mahir Belajar Desain Grafis lewat 7 Buku Ini

Step 2 – Mulai menggambar jari

Sekarang saatnya menggambar jari nih. Ini dia bagian yang paling dihindari oleh banyak orang. Posisi tangan yang menyamping, otomatis akan membuat jari-jarinya pun ikut terlihat dari arah samping. Mulailah menggambar dari jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan kelingking. Semakin ke belakang, jari tokoh akan semakin terlihat kecil dan pendek. Kalau sudah tinggal tambahkan ibu jari di bagian yang berlawanan, sampai akhirnya membentuk seperti huruf C, GenK.

Step 3 – Buat buku-buku jari dan garis telapak tangan

Nah, cara menggambar tangan anime yang terakhir adalah dengan membuat buku-buku jari dan garis telapak tangan. Cukup tipis-tipis saja dan tidak perlu menggunakan garis yang panjang, karena tangan berada dalam posisi menyamping. Tak lupa beri gambar kuku di bagian ibu jari deh


Itu dia cara menggambar tangan anime yang bisa kamu praktikkan sendiri di sketchbook milikmu, GenK. Sekarang mau membuat gambar tangan gak perlu kabur-kaburan lagi deh. Mau pose apa pun juga bisa. Selamat latihan, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Glitch Art: dari Distorsi Jadi Estetika

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Rainbow Effect pada Foto lewat PicsArt

Seni Rupa dan Desain

7 Cara Membuat Infografis Cepat dan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Seni Rupa dan Desain

Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

7 Jenis Logo dan Cara Penggunaannya yang Wajib Diketahui Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Graphic Standard Manual? Yuk Baca Penjelasan Lengkapnya!

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link