Seni Rupa & Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Foto yang kamu ambil sudah menarik, tapi latar belakangnya masih kurang mendukung? Ingin mengubah tembok yang membosankan di potretmu menjadi pemandangan sore hari yang memukau? Gak perlu cas cis cus, langsung saja ikuti cara mengganti background foto dengan Photoshop berikut. 

Photoshop telah menjadi salah satu software kegemaran sejuta umat yang telah berjasa untuk mengerjakan berbagai macam kebutuhan dan keperluan para penggunanya. Mulai dari sekadar menyempurnakan tampilan wajah, memberikan efek visual yang ciamik, sampai mengganti background foto. 

Kemampuan yang satu ini memang menjadi salah satu fitur yang paling banyak dimanfaatkan dari software besutan perusahaan produsen perangkat lunak asal Amerika Serikat, Adobe. Kamu bisa langsung memodifikasi macam-macam potret dirimu dengan berbagai background impian. 

Cara mengganti background foto dengan Photoshop 1

Mengganti background foto (sumber: makeuseof.com)

Mulai dari indahnya nuansa Menara Eiffel di Prancis, hingga gemerlap kota London menjelang fajar, kamu bisa memilih suasana apa pun, kapan pun dan di mana pun. Makanya, kuy disimak cara mengganti background foto dengan Photoshop di artikel ini. 

1. PIlih Foreground Object

Cara mengganti background foto dengan Photoshop 2

(sumber: makeuseof.com)

Pada bagian toolbar, klik ‘Quick Selection Tool’, atau tekan ‘W’ pada pada papan keyboard. Berikutnya pilih bagian tertentu pada gambar yang ingin kamu jadikan sebagai area utama yang akan dipertahankan.

Photoshop akan secara otomatis mendeteksi bagian yang kamu inginkan berdasarkan tingkat kontras pada gambar. Hasilnya, area dengan kontras tinggi dan pinggiran yang kasar akan terpilih dengan rapi. 

Di beberapa gambar tertentu, pemilihan background biasanya akan lebih mudah di dibanding pada objek foto. Kamu bisa mengembalikan bagian selection dengan menekan ‘Shift + Ctrl + i’ di Windows, atau ‘Shift + Cmd + i’ di Mac. 

2. Adjust Bagian yang Kamu Pilih 

Cara mengganti background foto dengan Photoshop 3

(sumber: makeuseof.com)

Untuk meng-adjust bagian yang kamu pilih, zoom gambar dan buat ukuran brush jadi lebih kecil dengan menekan tombol tanda kurung kotak kiri. Selanjutnya klik dan drag untuk menambahkan bagian dari foreground object ke bagian selection

Kalau kamu perlu menghilangkan sesuatu dari selection, tahan tombol ‘Alt’ lalu klik dan drag pada bagian tersebut. Idealnya, kamu sudah bisa menemukan semua solid objects bagian selection, gak perlu repot-repot memilih setiap helai rambut agar jadi sempurna, GenK.  

Baca Juga :   Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Mengenal Teknik Menggambar Serta Jenis-Jenisnya

Seni Rupa & Desain

Pengertian Desain Cyberpunk dan Tips Edit-Edit Foto dengan Style Cyberpunk

Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

Seni Rupa & Desain

Eco Printing: Teknik Cetak yang Menggunakan Bahan-Bahan dari Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published.