leadersingle
leadersingle

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara upload webtoon

Cerita sudah beres, gambar komik pun sudah, sekarang tinggal upload deh. Eits, sebelum benar-benar mengunggah karyamu, sebaiknya baca dulu nih panduan lengkap cara upload Webtoon. Ternyata ada aturan soal formatnya juga loh. Ayo baca penjelasannya di sini! 

Apakah kamu tertarik menjadi salah satu pelaku komik digital? Seandainya kamu masih bertanya-tanya tentang cara membuat webtoon, kamu bisa baca step by step-nya  di artikel sebelumnya. 

Nah, karya yang sudah selesai jangan cuma dianggurin. Daripada hanya berujung di memori penyimpanan laptopmu, coba deh unggah karyamu ke internet, contohnya di aplikasi LINE Webtoon. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Cara Upload Komik di Webtoon

Hayo… sudah tahu caranya belum? 

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengunggah karya komik digitalmu di Webtoon. Selain itu, kami juga akan memberikan tips dan trik seputar format gambar yang berkaitan dengan proses uploading gambar. Yuk disimak!

Step 1 – Menentukan bentuk panel komik

cara upload webtoon 1

Contoh panel komik (sumber: reddit.com)

Penggunaan panel tentu akan berbeda-beda di setiap jenis komik. Misalnya kamu ingin membuat komik ala western, berarti pola panelnya dibaca dari kiri ke kanan. Sedangkan manga memiliki pola panel yang dibaca dari kanan ke kiri. 

Dari segi panel saja sudah terlihat perbedaannya, belum lagi kalau kami bahas lebih dalam dari segi gaya desainnya. Duh dijamin bakalan lebih pusing lagi deh. Memang, cara upload Webtoon yang satu ini terlihat simpel, padahal sangat berbaha jika diabaikan. Tips: Tentukan bentuk panel saat melakukan proses kreatif.

Baca Juga
Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Step 2 – Scangambar

Cara upload Webtoon yang satu ini dikhususkan buat kamu yang menggambar secara manual. Yap, webtoon menggunakan media digital, berarti gambarmu juga akan dipublikasikan secara digital. Menggunakan teknik scanning merupakan cara yang paling pas untuk mengubah gambar manual ke dalam bentuk digital. 

cara upload webtoon 2

Contoh hasil scan gambar (sumber: blogs.autodesk.com)

Sebelum melakukan scan gambar, jangan lupa untuk mengubah resolusinya menjadi 300 dpi. Setidaknya ini menjadi batas minimal resolusi gambar. Jika tetap menggunakan resolusi di bawah itu, dijamin gambarmu akan pecah saat proses pengeditan gambar. 

Step 3 – Edit gambar 

Hasil scan tidak mungkin langsung mulus. Coba deh kamu zoom in gambarnya, pasti akan ada bekas pensil mekanik dan guratan penghapus yang tentunya akan mengganggu estetika visual komik. Salah satu solusinya adalah dengan memanipulasi gambar lewat proses editingBeberapa komponen fotografi yang harus kamu maksimalkan guna menghasilkan gambar yang apik adalah kontras, highlights, shadows, dan sharpen.

Step 4 – Susun secara vertikal

Untuk webtoon sendiri biasanya menggunakan pola vertikal, karena pola ini dianggap paling pas agar mempermudah pembaca saat sedang menikmati karyamu. Dengan pola ini, pembaca jadi tidak perlu repot-repot untuk melakukan zoom in pada gambar yang kemungkinan besar akan dialami jika menggunakan pola horizontal. 

cara upload webtoon 3

Cuplikan webtoon vertikal (sumber: steemit.com)

Maka dari itu, kamu juga harus memperhatikan susunan gambarnya. Pastikan ketika gambarmu disusun secara vertikal tidak akan menghilangkan makna dari storyline yang sudah kamu bangun sebelumnya. Jangan sampai ada bagian yang salah tempat loh. Bisa-bisa ceritamu malah gak nyambung.

Tips: Beri nomor di setiap file gambar yang sudah kamu scan dan edit. Nomor ini berguna untuk mengurutkan mana gambar yang akan disusun paling atas sampai yang terakhir (tamat atau bersambung).

Baca Juga
6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Step 5 – Buat series cover

Cara upload komik di Webtoon yang berikutnya adalah dengan membuat cover utama atau yang disebut dengan series cover. Buatlah gambar cover yang unik dan colorful. Tidak perlu terlalu rumit, yang penting bisa membekas di benak pembaca.

Para komikus webtoon umumnya menjadikan tokoh utama di series tersebut sebagai ikon di cover depan. Tapi tahukah kamu bahwa ada formatnya tersendiri untuk mengunggah cover? Berikut adalah tabel penjelasannya.

Resolusi 436px by 436px
Format JPG
Size 500KB atau kurang dari itu

 

 

 

Step 6 – Buat episode cover

Cara upload Webtoon yang berikutnya adalah membuat episode cover. Setidaknya buatlah satu cover untuk episode pertama terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan cover yang sama untuk setiap episode atau membuat gambar baru pada masing-masing eposide sebagai pembeda. 

Di episode cover, kamu bisa menggunakan full gambar atau juga bisa dengan menyertakan judul chapter di dalamnya. Semua tergantung kebutuhan kamu. Tak mau kalah dengan series cover, episode cover juga ada ketentuan formatnya loh, hanya saja terjadi sedikit perbedaan. Berikut adalah tabel penjelasannya.

Resolusi 160px by 151px
Format JPG
Size 500KB atau kurang dari itu

 

 

 

Step 7 – ‘Create Series’

Cara upload Webtoon yang berikutnya sudah benar-benar masuk ke tahap upload cerita. Pertama-tama kunjungi situs web Webtoon terlebih dahulu, lakukan sign-in, dan klik tombol ‘Publish’.

cara upload webtoon 4

Kolom deskripsi per series (sumber: webtoons.com)

Seumpama ingin membuat cerita baru, cukup klik ‘Create series’. Setelah itu akan muncul beberapa kolom yang harus kamu isi, yaitu:

  1. Thumbnail, merupakan series cover yang sudah kamu buat pada step kelima.
  2. Genre 1, isi dengan genre utama komikmu. Pilihlah genre yang cocok dan benar-benar mencerminkan isi ceritamu.
  3. Genre 2, ini merupakan genre opsional untuk menunjang genre utama.
  4. Series title, diisi dengan judul ceritamu. Ini akan menjadi sulit, karena umumnya komikus memilih untuk menggunakan judul yang singkat tapi tetap membekas.
  5. Summary, cukup isi dengan 1-3 kalimat.

Baca Juga
Desain Grafis ala Jepang, Indahnya Perpaduan Tradisional dan Modern

Step 8 – Mengisi deskripsi per episode

Jika kamu sudah mengeklik tombol hijau bertuliskan ‘Create story’, selanjutnya akan muncul kolom baru lagi. Kolom ini berguna untuk memberikan deskripsi seputar episode komikmu seperti halnya yang sudah kamu lakukan di step sebelumnya. 

cara upload webtoon 5

Kolom deskripsi per episode (sumber: webtoons.com)

Berikut adalah beberapa informasi yang harus kamu lengkapi:

  1. Thumbnail, merupakan episode cover yang sudah kamu buat pada step keenam.
  2. Episode title, diisi dengan judul episode ceritamu.
  3. Upload file, ada dua pilihan, yaitu ‘Select file to upload’ untuk memilih gambar-gambar karya komikmu dan ‘Delete All’ untuk menghapus gambar yang sudah kamu upload.
  4. Creator’s note, ini merupakan kolom opsional yang bisa kamu gunakan jika ingin menyelipkan catatan untuk pembaca dengan jumlah maksimal 400 karakter.
cara upload komik di webtoon

Tombol untuk mempublikasikan cerita (sumber: webtoons.com)

Seandainya semua sudah diisi, saatnya kamu klik ‘Publish Episode’ untuk upload komik di Webtoon atau ‘Save Draft’ untuk menyimpannya sebagai draft terlebih dahulu. Karena semua sudah beres, sekarang tinggal menunggu feedback dari pembaca deh. Sekian panduan tentang cara upload Webtoon dari kami. Semoga bermanfaat!  

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

4 Gaya Gambar Komik yang Wajib Kamu Tahu

Seni Rupa & Desain

RGB vs CMYK: Pengaturan Komposisi Warna untuk Desainer

Seni Rupa & Desain

6 Aturan Membuat Original Character, Biar Tidak Plagiat!

Seni Rupa & Desain

5 Cara Ampuh Mengatasi Art Block Biar Ide Lancar Terus

Seni Rupa & Desain

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa & Desain

7 Langkah Cara Membuat Kliping yang Unik dan Kreatif

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>