fbpx

Mengenal Dasar-Dasar Desain Kemasan

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
desain kemasan

Sebuah produk membutuhkan kemasan untuk membuatnya tetap rapi dan terjaga. Bagus atau tidaknya kemasan, gak cuma bergantung dari fungsinya saja, tetapi juga dari desainnya. Nah, sekarang simak penjelasan seputar desain kemasan yuk!

Pernahkah kamu membeli sebuah produk di minimarket, tapi sebenarnya produk tersebut tidak terlalu kamu butuhkan? Alasannya sih karena kemasannya bagus. Nah, itu berarti kamu tertarik dengan desain kemasan produk tersebut. 

Ini benar-benar ajaib, bagaimana sebuah kemasan bisa mempengaruhi kamu untuk membeli produk tertentu. Wah berarti dampaknya besar juga yah, GenK!

Di sini kami akan membahas seputar dasar-dasar desain kemasan. Buat kamu para desainer yang bekerja di bidang industri kreatif, mendingan simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Desain Kemasan?

Design packaging atau desain kemasan adalah barang yang digunakan untuk membungkus guna melindungi kualitas sebuah produk. Tak hanya itu, desain kemasan juga mengacu pada rancangan desain. Mulai dari pemilihan bahan dasar, grafik, warna, jenis font, dan segala elemen desain grafis yang tertera di bagian kemasan.

desain kemasan 1

Contoh desain packaging (sumber: click2print.com.pk)

Berbagai jenis kemasan pasti pernah kamu temukan setiap harinya. Dari yang bentuknya kotak kecil, sampai bentuk abstrak pun ada. Misalnya digunakan untuk kotak susu, bungkus mie instan, kaleng biskuit, kotak sepatu.

Tidak hanya desainnya yang unik, tetapi sebuah kemasan harus mampu menceritakan sebuah kisah. Dengan kata lain, desain kemasan harus bisa memberikan pengalaman kepada pembeli melalui penglihatan, sentuhan, bau, dan suara jika ada. 

Dari pengalaman tersebut, pembeli jadi memahami kegunaan produk, bagaimana cara menggunakannya, siapa yang harus menggunakannya, dan yang paling penting apakah mereka harus membeli produk tersebut atau tidak.

Baca Juga   1001 Arti Emoji: Dari Mana Asalnya? Kenapa Warnanya Kuning?

Fungsi Desain Kemasan

Don’t judge a book by its cover.”

Untuk urusan desain packaging, kalimat seperti itu gak berlaku, GenK.

Desain kemasan bukan masalah membungkus dan melindungi produk lagi, tapi memiliki peran penting untuk mempromosikan sebuah produk. Makanya desain kemasan harus memiliki tampilan visual dan punya faktor “wow”.

desain kemasan 2

Contoh desain packaging makanan (sumber: packagingoftheworld.com)

Apa produknya? Dan siapa yang akan membeli produkmu? Semuanya harus jelas tertera dan tersurat dari produk tersebut. Berikut adalah fungsi dari desain packaging. Yuk simak!

  1. Untuk komunikasi. Maksud komunikasi di sini adalah menyampaikan rincian produk lewat kemasan. Konsumen jadi tahu sebenarnya produk apa yang kamu tawarkan. 
  2. Sebagai identitas produk. Karena ketika sebuah produk memiliki ciri khas, maka konsumen sudah langsung mengenali produkmu, GenK.
  3. Desain packaging sebagai simbol estetika. Ini terbukti ampuh, karena banyak konsumen yang tertarik hanya dari kemasannya saja, barulah kemudian mereka jadi tertarik untuk membeli dan memakai produk. BIsa dari bentuk, warna, dan tipografi. 
  4. Berfungsi sebagai company dan brand image. Inilah kunci agar merekmu tetap bisa bertahan di antara persaingan bisnis yang ketat. Kompetitor bisa kapan saja mengambil perhatian pelanggan lewat desain unik. Jangan mau kalah, GenK!

Prinsip Desain Kemasan

Seperti yang ditulis dalam artikel 99designs, “6 Rules for Packaging Design That will Shine on The Shelf”, untuk membuat visual kemasan yang menarik minat beli pelanggan, terdapat beberapa aturan yang mesti kamu pahami terlebih dulu, GenK. Yuk kita simak lebih dalam!

1. Clarity and Simplicity

desain kemasan 3

Contoh kemasan yang sederhana dan jelas (sumber: packagingoftheworld.com)

Contoh kemasan yang baik adalah kemasan yang memiliki bentuk dan desain yang sederhana dan jelas, tetapi tetap memiliki ciri khas. Entah itu dari warnanya, bentuknya, atau tipografinya.

Kesederhanaan menjadi penting, karena kamu hanya memiliki waktu 4 detik untuk menarik perhatian pembeli. Itu merupakan waktu rata-rata yang digunakan konsumen untuk tertarik dengan suatu produk tertentu di dalam rak.

Kalau bentuk produkmu luar biasa unik bakal percuma kalau informasi yang tercantum di dalam kotak tidaklah jelas. Akan lebih baik kalau bentuk yang unik dibarengi dengan kejelasan informasi produk.

Baca Juga   Cara Menggambar Anime untuk Pemula

2. Honesty

Ketika kamu melihat gambar lelehan coklat di bungkus roti tentu bikin ngiler. Tapi apa jadinya kalau realita berkata lain? Boro-boro ada lelehan selai coklat, yang ada malahan roti isi coklat meses. Pasti kecewa dong, GenK.

desain kemasan 4

Kemasan coklat (sumber: graphicdesignjunction.com)

Sebelumnya kami sudah pernah membahas soal trik mengejutkan di balik food photography, ini berhubungan dengan kejujuran sebuah produk.

Tak jarang sebuah perusahaan meminta kepada desainernya untuk membuat produk mereka agar terlihat berkali-kali lipat lebih baik daripada yang sebenarnya. Jika dilakukan secara berlebihan dan tidak masuk akal pada akhirnya akan mengecewakan konsumen.

Kalau sudah begini akan berdampak kepada penilaian kinerja dan citra merek loh. Mereka akan mengecap buruk produkmu, GenK.

3. Authenticity

Orisinalitas menjadi sifat yang paling ampuh untuk membentuk identitas sebuah produk. Kalau produkmu benar-benar berciri khas, maka akan menumbuhkan daya ingat pembeli. Misalnya kalau ingat mie pedas maka akan ingat merek A dan kalau ingat minuman rasa kelapa mereka akan ingat merek B.

Untuk masalah ciri khas tergantung bagaimana kreativitas dan kemampuan eksplorasi seorang desainer. Apakah mereka mampu menciptakan sesuatu yang baru atau bisa juga dengan memodifikasi desain yang sudah ada dengan prinsip ATM.

Dari sini sudah terjawab mengapa ada ratusan bahkan ribuan produk yang bersaing di luar sana. Mereka berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen, GenK. Kalau sudah ada pembeda, maka produkmu dianggap orisinil deh.

Baca Juga   Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

4. Shelf impact

desain kemasan

Contoh produk di rak minimarket (sumber: pexels.com)

Jika dilihat dari sudut pandang pembeli, suatu produk tidak pernah terlihat sendirian, karena disusun di rak bersama produk-produk lainnya. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk para desainer, karena kamu harus bisa membuat desain yang unik dan berbeda dari yang lain.

Untuk menguji desainmu, coba letakkan desainmu di antara produk lainnya dan lihat apakah kira-kira pembeli akan datang ke rakmu atau tidak. Semakin punya khas, maka semakin baik untuk dijual, GenK.

5. Extensibility

desain packaging 1

Contoh desain packaging minuman (sumber: worldpackagingdesign.com)

Konsep dari sebuah desain packaging harus memungkinkan jika ada variasi produk baru, sehingga pengembangan produk tidak terkendala. Misalnya merek A menjual minuman rasa apel. Beberapa bulan kemudian mereka mengeluarkan rasa baru, yaitu rasa leci. 

Berarti sekarang desainer harus membuat desain baru dengan gambar buah leci. Jangan sampai desain rasa apel dengan rasa leci terlalu kentara perbedaannya. Bisa-bisa konsumen jadi bingung, apakah rasa apel dan leci masih produk yang sama atau tidak. Makanya desain packaging buatanmu harus bisa digunakan untuk jangka panjang.

Baca Juga   Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

6. Practicality

desain packaging

Contoh kemasan yang praktis (sumber: designwomb.com)

Bukan hanya desain label dan bungkusnya saja, tetapi bentuk, ukuran, dan fungsi dari wadah memiliki sifat yang praktis. Percaya atau tidak, semakin praktis bentuk produk, maka semakin banyak pula jumlah penjualan yang didapat. 

Di dalam kasus pembuatan desain kemasan, kamu harus bisa membuat produk jadi lebih mudah ketika digunakan, dibawa, dan disimpan. Kalau seperti ini konsumen tidak akan berpikir dua kali untuk membeli produkmu deh.


Membuat desain kemasan jadi lebih mudah kalau kamu sudah tahu apa saja prinsipyang mesti dipenuhi. Nah, sekarang saatnya kamu untuk membuat desainnya! Kami punya cara membuat desain kemasan di artikel berikutnya yang bisa kamu ikuti, GenK. Selamat berkarya, GenK!

 

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Glitch Art: dari Distorsi Jadi Estetika

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Rainbow Effect pada Foto lewat PicsArt

Seni Rupa dan Desain

7 Cara Membuat Infografis Cepat dan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Seni Rupa dan Desain

Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

7 Jenis Logo dan Cara Penggunaannya yang Wajib Diketahui Anak Desain

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link