Mengenal Dasar-Dasar Desain Kemasan

Dibaca Normal: 5 menit aja
desain kemasan

Slider
Slider
Slider

Sebuah produk membutuhkan kemasan untuk membuatnya tetap rapi dan terjaga. Bagus atau tidaknya kemasan tersebut, nggak cuma bergantung dari fungsinya saja, tetapi juga dari desainnya. Nah, sekarang simak penjelasan seputar desain kemasan yuk!

Pernahkah kamu membeli sebuah produk di minimarket hanya karena kemasannya bagus? Padahal fungsi dari produk tersebut tidak terlalu penting untukmu. Nah, ini berarti kamu tertarik dengan desain kemasan produk tersebut. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Ini keren banget, bagaimana sebuah kemasan bisa memengaruhi kamu untuk membeli produk tertentu. Wah, berarti dampaknya besar sekali, GenK!

Di sini kami akan membahas seputar dasar-dasar desain kemasan. Buat kamu para desainer yang bekerja di bidang industri kreatif, mendingan simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Desain Kemasan?

Design packaging atau desain kemasan adalah barang yang digunakan untuk membungkus, guna melindungi kualitas sebuah produk. Tak hanya itu, desain kemasan juga mengacu harus pada rancangan yang telah dibuat. Mulai dari pemilihan bahan dasar, grafik, warna, jenis font, dan segala elemen desain grafis yang tertera di bagian kemasan.

desain kemasan 1

Contoh desain packaging (sumber: click2print.com.pk)

Berbagai jenis kemasan pasti pernah kamu temukan setiap harinya. Dari yang berbentuk kotak kecil, sampai bentuk abstrak pun ada. Misalnya seperti yang digunakan untuk kotak susu, bungkus mie instan, kaleng biskuit, dan kotak sepatu.

Tidak hanya desainnya yang unik, tetapi juga harus mampu menceritakan sebuah kisah. Dengan kata lain, desain kemasan harus bisa memberikan pengalaman kepada pembeli melalui penglihatan, sentuhan, bau, dan suara, jika ada. 

Dari pengalaman tersebut, pembeli jadi memahami kegunaan produk, bagaimana cara menggunakannya, siapa yang harus menggunakannya, dan yang paling penting apakah mereka harus membeli produk tersebut atau tidak.

Baca Juga
Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Fungsi Desain Kemasan

Don’t judge a book by its cover.”

Untuk urusan desain packaging, kalimat seperti itu nggak berlaku, GenK.

Desain kemasan bukan masalah membungkus dan melindungi produk saja, tapi juga memiliki untuk mempromosikan sebuah produk. Makanya desain kemasan harus memiliki tampilan visual dan punya faktor “wow”.

desain kemasan 2

Contoh desain packaging makanan (sumber: packagingoftheworld.com)

Apa produknya? Dan siapa yang akan membeli produkmu? Semuanya harus jelas tertera dan tersurat dari produk tersebut. Berikut adalah fungsi dari desain packaging. Yuk simak!

  1. Untuk komunikasi. Maksud komunikasi di sini adalah menyampaikan rincian produk lewat kemasan. Konsumen jadi tahu sebenarnya produk apa yang kamu tawarkan. 
  2. Sebagai identitas produk. Karena ketika sebuah produk memiliki ciri khas, maka konsumen sudah langsung mengenali produkmu, GenK.
  3. Desain packaging sebagai simbol estetika. Ini terbukti ampuh, karena banyak konsumen yang tertarik hanya dari kemasannya saja, barulah kemudian mereka jadi tertarik untuk membeli dan memakai produk. Bisa dari bentuk, warna, dan tipografi. 
  4. Berfungsi sebagai company dan brand image. Inilah kunci agar merekmu tetap bisa bertahan di antara persaingan bisnis yang ketat. Kompetitor bisa kapan saja mengambil perhatian pelanggan lewat desain unik. Jangan mau kalah, GenK!

Prinsip Desain Kemasan

Seperti yang ditulis dalam artikel 99designs, “6 Rules for Packaging Design That will Shine on The Shelf”, untuk membuat visual kemasan yang menarik minat beli pelanggan, terdapat beberapa aturan yang mesti kamu pahami terlebih dulu, GenK. Yuk kita simak lebih dalam!

1. Clarity and Simplicity

desain kemasan 3

Contoh kemasan yang sederhana dan jelas (sumber: packagingoftheworld.com)

Contoh kemasan yang baik adalah kemasan yang memiliki bentuk dan desain yang sederhana dan jelas, tetapi tetap memiliki ciri khas. Entah itu dari warnanya, bentuknya, atau tipografinya.

Kesederhanaan menjadi penting, karena kamu hanya memiliki waktu 4 detik untuk menarik perhatian pembeli. Itu merupakan waktu rata-rata yang digunakan konsumen untuk tertarik dengan suatu produk tertentu di dalam rak.

Kalau bentuk produkmu luar biasa unik bakal percuma kalau informasi yang tercantum di dalam kotak tidaklah jelas. Akan lebih baik kalau bentuk yang unik dibarengi dengan kejelasan informasi produk.

Baca Juga
6 Referensi Gaya Desain Grafis yang Menginspirasi 

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Mengenal Karakter 5 Jenis Font yang Sering Kamu Pakai

Seni Rupa & Desain

Tutorial Cara Mudah Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa & Desain

Teknik One Line Drawing: Bikin Gambar dengan Sekali Coretan

Seni Rupa & Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa & Desain

5 Cara Ampuh Mengatasi Art Block Biar Ide Lancar Terus

Seni Rupa & Desain

Pentingnya White Space untuk Tampilan Website Makin Menarik

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link