5 Inspirasi Desain UI untuk Aplikasi Terbaik di Tahun 2020

Dibaca Normal: 4 menit aja
Inspirasi-Desain-UI

User Interface design atau desain UI adalah desain keseluruhan gaya dan komponen yang ada di halaman web, seperti layout, bentuk icon, warna, gambar, dan lain sebagainya. Beberapa gaya desain UI diprediksi akan menghiasi tahun 2020. Prediksi ini dibuat berdasarkan keindahan antarmuka aplikasi dan juga fungsinya. Berikut merupakan beberapa inspirasi desain UI aplikasi terbaru khusus buat kamu. Mari simak setiap poinnya.

Ilustrasi di Tengah Layar

desain ui aplikasi

Contoh ilustrasi di tengah layar (sumber: behance.net/manojrajput68)

Deretan tren desain UI aplikasi di tahun 2020 seakan berlomba-lomba untuk menarik perhatian pengguna secepat mungkin tanpa menghilangkan informasi yang sebenarnya ingin disampaikan. Sama halnya dengan desain yang satu ini nih. Penggunaan ilustrasi di dalam aplikasi akan menjadi tren baru yang tidak boleh terlewatkan. Mau itu flat atau semi-flat illustration tak masalah kok, tinggal atur saja palet warnanya. Gunakan warna eye catching yang mampu menarik perhatian pengguna dalam sekejap.

Alasan lain kenapa kamu harus menggunakan ilustrasi untuk desain interface aplikasi yakni terasa lebih organik daripada foto atau grafik biasa. Dengan memberikan tampilan yang terasa organik kepada pengguna, tidak menutup kemungkinan nantinya aplikasi ini bakal membuat mereka nyaman dan lingkungan yang lebih akrab.

Jenis Font Serif

desain ui aplikasi

Penggunaan font serif untuk desain UI aplikasi (sumber: 99designs.com/profiles/zagawa)

Beberapa tahun belakangan, font Sans Serif mendominasi desain UI aplikasi, namun semuanya akan berubah di tahun 2020. Ucapkan selamat datang untuk font Serif, karena mereka akan mengisi tahunmu. Buat kamu yang belum tahu, font Serif adalah jenis huruf yang memiliki kail di ujung hurufnya. Disadari atau tidak, saat ini mulai banyak desainer yang menggunakan font Serif sebagai salah satu komponen desainnya dan hasilnya sangat mengesankan!

Aplikasi memiliki banyak kegunaan untuk pengguna, ada yang dibuat untuk mengatur agenda, mengelola investasi, sebagai jembatan transaksi bisnis, dan masih banyak lagi. Hadirnya font Serif membuat visual aplikasi tampak lebih profesional, lalu tinggal cari saja kombinasi font terbaik untuk typeface Serif pilihanmu.

Baca Juga
Desain UI UX Hits di Tahun 2019 yang Bisa Jadi Inspirasi

Warna Futuristik

desain ui aplikasi

Desain UI aplikasi dengan warna futuristik (sumber: dribbble.com/atifsaeedarts)

Seperti apa sih warna futuristik itu? Kenapa harus pakai warna futuristik padahal ada banyak warna lainnya di dunia ini? Sebagai desainer UI/UX, kamu harus kreatif memadukan warna sesuai branding yang dibangun dan target audiensmu. Beberapa warna yang lebih spesifik seperti ungu, biru, pink, dan warna neon lainnya tampil lebih stand out dibanding warna-warna lainnya. Mengapa demikian? Warna tersebut merupakan warna-warna futuristik.

Berbanding terbalik dengan earth tones seperti coklat dan hijau yang dapat muncul secara alami dan tampak natural, warna futuristik yang kami sebutkan di atas seakan hanya bisa dibuat oleh desainer. Mereka dapat tampil mencolok di background yang gelap sehingga tampak bercahaya dengan nuansa cyberpunk yang menonjolkan high technology super keren. Selain terlihat keren, penggunaan warna futuristik mengikuti perkembangan teknologi. Ponsel di zaman sekarang dapat menampilkan warna-warna bold dan vibrant, sehingga warna futuristik dapat tampil maksimal.

Baca Juga
Psikologi Warna: Cara Mengenal Seseorang lewat Warna Favoritnya

Elemen Transparan

Desain UI dengan elemen transparan (sumber: behance.net/walidesa00)

Warna gradien memang tidak ada habisnya deh! Seperti yang dapat kamu baca di artikel kami tentang tren desain UI/UX tahun 2019, warna gradasi masuk ke dalam salah satu daftarnya dan kembali terulang di tahun 2020. Namun yang membedakannya adalah intensitas penggunaan gradiennya. Memasuki tahun 2020, gradasi dan overlay dibuat menjadi transparan dan semi transparan.

Elemen desain yang dibuat transparan membuat desainer lebih mudah memasukkan banyak informasi ke dalam sebuah halaman tanpa terlihat berlebihan atau berat. Konsep ini memungkinkan pengguna untuk melihat dengan jelas setiap gambar dan teks yang muncul di layar aplikasi.

Baca Juga
Mendesain Logo Lebih Mudah lewat 5 Aplikasi di Android Ini

Dark Mode

desain ui aplikasi

Mode dark mode untuk desain UI aplikasi (sumber: behance.net/yuxiangli55134)

Desain UI aplikasi yang berikutnya adalah dark mode. Rata-rata kamu menghabiskan berapa lama di depan ponsel? Apakah tiga jam atau lebih dari lima jam? Selain menguras baterai, adanya bahaya blue light mengintai jika kamu menggunakan ponsel seharian. Blue light adalah sinar yang terdapat di dalam spektrum cahaya, memiliki gelombang pendek, dan dapat memproduksi energi sangat besar. Salah satu cara untuk mengurangi dampak negatifnya adalah dengan mengaktifkan fitur dark mode.

Di tahun 2020, tren desain UI aplikasi berfokus pada dark mode, apalagi sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur tersebut. Dengan begitu, kesehatan mata pengguna saat scrolling dan bertukar pesan di ruang gelap jadi lebih aman. Selain itu, mengaktifkan fitur dark mode juga dapat menghemat baterai ponselmu.

Beberapa contoh desain UI aplikasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi yang menginspirasi. Semakin kece tampilan UI aplikasi rancanganmu, semakin betah pula penggunanya. Selamat mendesain!

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Indonesia Berbakat yang Menggunakan Teknik Digital

Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Cat Air Berbakat Indonesia yang Menginspirasi

Seni Rupa & Desain

6 Tips Mengkombinasikan Font untuk Desain Grafis

Seni Rupa & Desain

8 Kombinasi Font Terbaik untuk Desain GrafisKekinian

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link