fbpx

Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari, GenK!

Dibaca Normal: 4 menit aja ūüėä
desainer grafis

Saat membuka situs lowongan pekerjaan untuk industri kreatif, banyak perusahaan yang mencari desainer grafis dengan berbagai kualifikasi. Tapi kenapa saat ini desainer grafis banyak dicari?

Desain grafis merupakan seni yang paling luas saat ini. Seni ini berjalan beriringan dengan perkembangan digital. Makanya banyak perusahaan yang kemudian melirik ranah industri kreatif, salah satunya desain grafis.

Graphic design atau desain grafis adalah seni yang melibatkan ide dan proses kreatif yang dirancang secara sistematis untuk memecahkan masalah serta mencapai tujuan tertentu. 

Ini merupakan proses komunikasi visual yang unik, karena bisa melalui gambar, simbol, atau kata-kata yang dihias dengan berbagai jenis font.

Jika kamu masih ragu untuk terjun ke dunia ini, kami punya beberapa penjelasan yang mungkin bisa memperluas pengetahuanmu soal desainer grafis.

Yuk, langsung saja kita baca sama-sama!

Persaingan Para Pelaku Bisnis

Di ranah ini, kamu dapat membuat apa saja loh, yang penting masih sesuai dengan dasar desain grafis. Mau bikin yang unik pun tidak masalah. 

Memang, persaingan di antara pelaku kerja sudah menjadi rahasia umum. Salah satu cara agar dapat bertahan adalah dengan menonjolkan sesuatu yang unik dalam skema komersial mereka. 

Kalau dulu, untuk melakukan promosi mesti lewat brosur atau papan reklame. Isinya didominasi dengan tulisan. Sekarang semuanya sudah serba digital dan lebih praktis deh.

desainer grafis

Contoh desain (sumber: pexels.com)

Di tengah era modern ini, promosi melalui media visual merupakan cara yang paling efektif untuk menyasar pelanggan. Dengan menggunakan elemen visual tentu akan menarik perhatian banyak orang. Tak lupa tambahkan ciri khas supaya brand mudah dikenal.

Jika punya ciri khas, maka mereka akan selalu diingat oleh pelanggan. 

Begitulah perputaran skemanya. 

Ini yang menjadi alasan kenapa banyak perusahaan yang membuka lowongan desainer grafis. Karena itulah faktor paling mendasar yang telah mempengaruhi keberhasilan promosi digital.

Baca Juga   Mahir Belajar Desain Grafis lewat 7 Buku Ini

Komunikasi Visual untuk Digital Marketing

Lewat desainer grafis, ide-ide yang diberikan kemudian diubah menjadi konten visual yang informatif. Sehingga informasi yang ingin disampaikan kepada pelanggan jadi lebih mudah dimengerti. Contohnya lewat infografis. Ini dibuktikan dengan infografis sebagai cara belajar efektif.

desainer grafis

Ilustrasi digital marketing (sumber: pexels.com)

Sekarang semuanya sudah serba cepat. Orang memiliki rentang perhatian yang pendek. Maka visual adalah jawaban dari semua keresahan yang ada. Lewat konten singkat yang to the point merupakan cara tercepat untuk mencuri perhatian dari pelanggan.

Ketika keterampilan desainer grafis dikombinasikan dengan bisnis, maka akan menjadi magnet yang dapat mengesankan klien. 

Seperti yang ditulis dalam artikel InfoGraphic Design Team, Why Graphic Designing is Ideal for Digital Marketing Today (4/1/2018), desain grafis menjadi cara yang ideal untuk terlibat dengan pelanggan. Menjadi salah satu komponen penting dalam dunia digital marketing untuk membangun brand awareness dan mempengaruhi proses pengambilan keputusan pelanggan.

Ini berarti elemen grafis mampu memainkan peran penting dalam memikat pikiran orang. Dengan berkomunikasi lewat visual, kamu dapat menjelaskan bagaimana sih sebenarnya perusahaanmu. Salah satu kriteria desain adalah mampu mengikat emosi secara langsung pada pengguna lewat visual.

Baca Juga   Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat

Daya Tarik untuk Situs Web

Saat kamu memulai bisnis tentu memerlukan yang namanya promosi. Promosi ini bisa lewat mana saja. Salah satunya adalah dengan membuat situs web. Situs ini ibaratnya menjadi wajah dari perusahaan. Semua yang ditampilkan harus bisa merepresentasikan visi, misi, dan hal apa yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

Untuk membuat desain yang apik dan informatif merupakan tugas desainer grafis. Tugasnya tentu untuk membuat desain yang kreatif dan inovatif. Dengan begini maka jumlah traffic situs web akan meningkat.

Selain jumlah traffic, ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga.

Tahukah kamu apa itu attention span?

desainer grafis

Contoh desain UI (sumber: ui.theultralinx.com)

Menurut Wikipedia, attention span adalah jumlah waktu seseorang dapat berkonsentrasi pada sebuah tugas tertentu tanpa terganggu sedikit pun. Dengan kata lain, attention span merupakan waktu seseorang memberi atensi kepada suatu tugas atau apapun itu tanpa terdistraksi.

Hilangnya konsentrasi akan terjadi ketika individu tersebut secara tidak sadar tertarik pada aktivitas lain.

Salah satu cara untuk mengatur attention span pengunjung situs web adalah dengan membuat desain UI UX kreatif yang mengesankan dan bikin betah. Kalau bisa buatlah ciri khas yang berbeda dari situs lainnya. 

Misalnya dengan memuat hero image di beranda, menggunakan gaya desain isometric illustration, dan masih banyak lagi. Sehingga periode pengunjung di dalam situs web menjadi lebih lama.

Baca Juga   Psikologi Warna: Cara Mengenal Seseorang lewat Warna Favoritnya

Bagaimana Cara Menjadi Desainer Grafis?

desainer grafis

Ilustrasi desainer grafis (sumber: pexels.com)

Apakah sekarang kamu jadi tertarik untuk menjadi desainer grafis?

Kemudian kamu akan bertanya-tanya bagaimana caranya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu pilih, karena pada dasarnya desain bisa dipelajari kok. Banyak desainer yang mempelajari teknik mendesain secara otodidak.

Namun, ketika kamu ingin beralih ke ranah profesional, kamu dapat mengikuti serangkaian pelatihan singkat atau dengan mengambil kuliah jurusan desain. 

Salah satu jurusan yang mewadahi adalah Desain Komunikasi Visual. Akan ada banyak profesi kekinian yang cocok untuk lulusan DKV. 

 


Sekarang kamu masih ragu untuk menjadi desainer grafis? Ada banyak keuntungan yang bakal kamu dapat. Apalagi sekarang banyak dicari oleh perusahaan. Prospek kerja yang cerah menunggu kamu di masa depan loh. 

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

6 Referensi Gaya Desain Grafis yang Menginspirasi 

Seni Rupa dan Desain

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Penjelasan Ilmiah di Balik Fenomena Ilusi Optik yang Sering Kita Temui

Seni Rupa dan Desain

5 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula Sampai Profesional

Seni Rupa dan Desain

1001 Arti Emoji: Dari Mana Asalnya? Kenapa Warnanya Kuning?

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Digital Painting untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Cyberpunk: Low Life vs High Technology

Seni Rupa dan Desain

Yuk, Coba Bikin Mind Mapping, Seni Praktis Mengembangkan Ide

Seni Rupa dan Desain

Keluar dari Gaya Desain yang Lama? Perlu atau Tidak Ya?

Seni Rupa dan Desain

Ingin Banyak Pembaca? Yuk Ikuti Cara Membuat Cover Wattpad Ini, GenK!

Seni Rupa dan Desain

Cara Menggambar Orang Seluruh Badan Lengkap dan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Karakter 5 Jenis Font yang Sering Kamu Pakai

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Bapak Seni Kolase, Richard Hamilton

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Mock up dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Macam-Macam Aliran Seni Rupa yang Harus Kamu Ketahui

Seni Rupa dan Desain

Cara Lengkap Membuat Desain Karakter

Seni Rupa dan Desain

Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat

Seni Rupa dan Desain

Ingin Jago Mendesain? Kenali Dulu Dasar Desain Grafis!

Seni Rupa dan Desain

Mahir Belajar Desain Grafis lewat 7 Buku Ini

Seni Rupa dan Desain

8 Unsur Seni Rupa yang Harus Diketahui Oleh Anak-Anak Seni

            Artikel Selanjutnya