fbpx

Tips dan Trik Digital Painting untuk Pemula

Dibaca Normal: 8 menit aja šŸ˜Š
tips and trik digital painting

Banyak orang yang tertarik dengan digital painting. Kamu bisa membuat apa saja hanya dengan satu software saja loh. Kamu juga tertarik? Simak bagaimana cara melukis digital beserta doā€™s and donā€™ts-nya, GenK!

Ada tiga cara melukis yang paling sering digunakan, yaitu manual, digital, serta kombinasi antara manual dan digital. Semuanya sah-sah saja kok. Tergantung cara mana yang paling nyaman kamu gunakan.Ā 

Di dalam artikel kali ini kami akan membahas seputar digital painting alias melukis digital.Ā 

Ada banyak karya dari digital painter yang mengunggah hasil lukisannya di internet. Siapa favoritmu, GenK?

Melihat hasil karya yang indah dan mengesankan tentu membuat tanganmu gatal untuk ingin mencobanya juga. Tapi, kenapa ya, udah ikutin video tutorial tapi hasilnya tetap di bawah ekspektasi. Alhasil kamu jadi minder untuk mengunggahnya di media sosial.

digital painting 1

Contoh karya lukisan digital (sumber: skillshare.com)

ā€œSeandainya bisa bikin karya kayak gituā€¦ā€

Eits tidak perlu berandai-andai lagi, karena sekarang kamu juga bisa membuat karya yang bagus, GenK!

Usaha keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. Semua akan berbuah manis pada waktunya. Berarti yang harus kamu lakukan adalah latihan, latihan, dan terus latihan.

Namun sebelum mulai, kamu juga harus tahu dulu apa saja hal basic dalam melukis digital.Ā 

Apa Itu Digital Painting?

Berdasarkan yang ditulis di dalam artikel Medium, Digital Painting mengambil alih? (28/5/2018), digital painting adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membuat objek seni secara digital.Ā 

Artinya, ini merupakan adaptasi dari teknik melukis manual yang biasanya menggunakan beragam jenis cat lukis, seperti cat air, akrilik, dan lain-lain.Ā 

digital painting 2

Contoh lukisan digital objek manusia (sumber: Zoe the Animator)

Nah, kalau teknik melukis yang satu ini berbeda, GenK. Dari namanya saja, yaitu digital, berarti cara membuatnya juga serba digital. Yang kamu perlukan adalah laptop atau PC serta mouse atau pen tablet.

Melukis manual kan pakai kuas, kalau ini pakai apa dong?

Saat kamu memasang software melukis digital, di dalamnya ada fitur brush. Fungsinya sama seperti kuas.Ā 

Hal yang menjadi pembeda adalah jika melukis manual membutuhkan banyak kuas bila ingin mengganti model goresan, dengan brush digital hanya perlu mengganti model goresan di pengaturan. Atau kamu juga bisa dengan cara mengunduh custom brush di internet.

Tak heran kalau banyak yang beralih ke digital painting, karena dianggap menjadi solusi alternatif yang fresh. Melukis dengan cara yang cepat dan simpel tanpa menghilangkan inti seni melukis dengan cara tradisional (manual) merupakan kelebihannya.

Gak Bisa Gambar Tapi Pengen Bikin Digital Painting?

Jawabannya adalah bisa.

Seperti yang sudah kami bahas di awal bahwa yang diperlukan adalah latihan. Gagal di awal bukanlah perkara besar. Yang terpenting sekarang adalah bagaimana cara kamu mempertahankan kemauan untuk terus belajar.Ā 

Sekarang buka software melukis yang ada di device-mu. Lemaskan pergelangan tangan dan jari-jarimu. Kemudian ambil pen tablet. Mulai dengan membuat garis lurus secara vertikal dan horizontal. Lakukan terus sampai tanganmu terbiasa menggerakkan digital pen.Ā 

digital painting 3

Ilustrasi latihan menggambar digital (sumber: pexels.com)

Lakukan saja dulu dari hal yang paling mudah. Mungkin bisa dengan latihan membuat bidang datar seperti persegi, segitiga, dan lingkaran. Baru deh setelah itu membuat bangunan berdimensi, seperti tabung, balok, kerucut, limas, dan bola.

Jika tanganmu sudah mahir saat menggambar bentuk dasar desain grafis, selanjutnya naik ke tingkat yang lebih rumit, yaitu coloring dan shading.Ā 

Oh iya, GenK, trik seperti ini juga bisa diterapkan buat kamu yang baru pindah media dari manual ke digital. Tentu membutuhkan waktu untuk adaptasi perpindahan media. Namun kalau sudah terbiasa, mau buat apa pun bisa tancap gas terus!

Baca Juga   Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari, GenK!

Melukis Digital Tanpa Pen Tablet

digital painting 4

Gambar pen tablet (sumber: pexels.com)

Kita mundur sejenak ke masa lalu.Ā 

Saat kamu masih kecil, pasti pernah menggambar di aplikasi Paint. Aplikasi ini biasanya sudah terpasang otomatis di laptop atau PC kamu. Membuat gambar sederhana seperti pemandangan gunung. Masa kecil kamu tidak afdol kalau tidak menggambar pegunungan. Hayo coba diingat-ingat lagi, GenK.

Dulu saat menggambar di Paint pakai apa? Mouse bukan?Ā 

Berarti ini juga memungkinkan jika kamu ingin melukis digital tanpa pen tablet.Ā 

Melukis dengan mouse akan sangat rumit. Apalagi ketebalan garis yang dibuat menggunakan kursor mouse tidak bisa dibuat tebal-tipis seperti digital pen. Solusinya adalah dengan memainkan opacity garis. Pada ketebalan 20-25 juga sudah cukup untuk membuat sketsa dasar.

Berarti melukis di laptop atau PC menggunakan mouse itu mungkin dilakukan. Hanya saja mouse lebih cocok digunakan untuk membuat vector art, GenK. Namun menggunakan mouse bisa menjadi solusi jika kamu tidak punya pen tablet.

Kesalahan Saat Membuat Digital Painting

Sebagai seorang pemula dalam seni digital, pasti ada saja kesalahan yang pernah kamu lakukan. Bukan berarti haram hukumnya jika kamu tidak melakukan semuanya dengan benar, tetapi kesalahan ini merupakan bagian dari proses belajar.

Ingatlah bahwa kesalahan itu penting untuk dipelajari, namun jangan sampai dilakukan berulang-ulang. Ada baiknya kamu mencari solusi untuk masing-masing kekurangan tersebut sebagai jalan untuk menghadapinya.

Nah, GenK, ini dia beberapa kesalahan umum yang dilakukan saat melukis digital.

  • Tidak Punya Ide

Terkadang pemula melakukan semuanya tanpa konsep. Semua dibiarkan mengalir begitu saja. Saat di tengah jalan kamu akan kehilangan arah dan kebingungan, ā€œSebenarnya saya mau bikin apa sih?ā€.

Ada baiknya kamu mencari ide terlebih dahulu. Jika ide di kepalamu nihil, kamu dapat mencarinya di internet. Ada banyak karya-karya indah dari berbagai digital painter dengan segala ciri khas aliran seni yang mereka miliki.

Ketahuilah bahwa brainstorming ide itu penting. Setidaknya kamu jadi punya arah gaya dan konsep saat melukis.

  • Terlalu Fokus Pada Detail

Lanjut ke poin nomor dua yaitu terlalu fokus pada detail. Kejadian seperti Ini sering banget terjadi. Ingin menambah detail di mana-mana dan mencoba untuk memperbaiki setiap inci lukisan yang kamu buat

digital painting 5

Contoh lukisan yang detail (sumber: behance.net/muralimeera)

Bukan masalah jika ingin memberikan yang terbaik pada lukisanmu. Mungkin membuat detail adalah salah satu cara yang kamu pilih. Ketahuilah bahwa karya yang hebat tidak melulu soal detail yang rumit, tetapi dari gagasan utama dan konsep yang kamu hadirkan di dalam lukisanmu.

Hindari penggunaan detail yang berlebihan. Buat area titik fokus sebagai point of interest. Sehingga lukisanmu tidak kehilangan arah dan sedap dipandang.

  • Menggunakan Warna Putih Sebagai Background

Tahukah kamu bahwa warna abu-abu adalah warna yang paling ideal untuk background pada artwork?

Dalam melukis digital sebaiknya menggunakan warna abu-abu terang (#808080) sebagai background. Dengan warna ini dapat mengubah sudut pandang kamu saat melihat warna lainnya.

desain painting 6

Warna artwork (sumber: tutsplus.com)

Jika menggunakan warna putih, maka corak warna gelap terkesan terlalu gelap. Sedangkan jika menggunakan warna hitam maka corak warna terang akan terkesan terlalu terang. Makanya warna abu-abu dianggap netral, GenK.

Baca Juga   1001 Arti Emoji: Dari Mana Asalnya? Kenapa Warnanya Kuning?
  • Menggunakan Warna Langsung dari Referensi Gambar

Di dalam aplikasi menggambar di laptop ada yang namanya eyedropper tool. Dengan menggunakan tool tersebut kamu dapat langsung mendeteksi warna yang ada di area yang kamu pilih.

Misal kamu ingin mewarnai bagian rambut. Kemudian langsung mengambil warna yang sama pada gambar referensi menggunakan eyedropper tool. Memang sih kamu akan menemukan warna yang hampir sama dengan yang ada di foto. Akan tetapi kamu akan kesulitan untuk membuat turunan warna berikutnya jika tidak terbiasa membuat gradasi.

Ini tidak disarankan jika kamu terlalu sering menggunakan tool tersebut. Ada baiknya untuk memperdalam skill tentang brightness, hue, saturation, dan value. Jika sudah menguasainya, kamu jadi terbiasa untuk menemukan gradasi warna.Ā 

Tutorial Digital Painting untuk Pemula

Nah, tadi kan sudah membahas soal tips menggambar digital. Sekarang saatnya praktik sendiri deh!

Tutorial yang akan kami bagikan ke kamu benar-benar simpel kok. Jadi tidak perlu takut salah jika kamu masih pemula. Cukup siapkan alat-alatnya seperti laptop desain grafis atau PC, mouse atau pen tablet, dan install aplikasi menggambar di laptop (Contoh: Adobe Photoshop, SAI, CorelDraw, dll).

Kalau semuanya sudah siap, sekarang bisa langsung masuk ke langkah pertama.

Step 1 – Tentukan Gaya Lukisan

Objek apa yang akan kamu gambar?

Mau seperti apa gaya lukisannya? Apakah abstrak atau realis?

Melukis digital memang punya banyak pilihan. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini menjadi penting sebagai penguat konsep awal pada proses kreatif. Cari referensi sebanyak mungkin, amati kelebihan setiap karya, kemudian olah menjadi ide baru untuk karya lukisanmu. Dijamin hasilkan bakalan kece deh, GenK.

Step 2 – Buat Sketsa Dasar di Kertas

digital painting 7

Ilustrasi menggambar sketsa di kertas (sumber: pexels.com)

Membuat sketsa dasar di kertas terlebih dahulu bisa menjadi pilihan alternatif, terutama buat kamu yang lebih terbiasa menggambar di media kertas. Sketsa yang sudah kamu buat kemudian bisa di scan agar lebih mudah saat proses tracing.

Selain itu, pembuatan sketsa juga berguna untuk memperkirakan ukuran artwork yang akan kamu buat nantinya.

Step ini bisa kamu lewati jika ingin langsung membuat sketsa gambar versi digital.

Step 3 – Sesuaikan Ukuran Artwork

Sekarang buka software menggambar, kemudian buat new file. Setelah itu pilih ukuran kertas. Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Ukuran artwork disesuaikan dengan ukuran gambar yang akan kamu buat.

Untuk pemula, kamu bisa memilih ukuran A4 atau A5 karena tergolong standar.Ā 

Setelah itu ubah resolusi gambar jadi 300 pixel dan ubah warnanya jadi RGB atau CMYK. Warga RGB cocok digunakan untuk display di layar. Sedangkan warna CMYK cocok digunakan jika karyamu ingin dicetak.

Baca Juga   8 Unsur Seni Rupa yang Harus Diketahui Oleh Anak-Anak Seni

Step 4 – Pengaturan Brush

Berikutnya adalah memilih brush, mulai dari model, ukuran, dan ketebalan goresan. Di aplikasi menggambar sendiri sudah ada fitur yang menyediakan brush. Caranya dengan menekan ikon brush atau menekan Ctrl+B di keyboard.

digital painting 8

Contoh model brush (sumber: graphicsfuel.com)

Jika ingin variasi brush lainnya, kamu dapat mengunduhnya di internet, salah satunya di Deviantart.

Cara download brush di Deviantart sangat mudah. Cukup cari di kolom pencarian, klik tombol download, buka file yang baru saja kamu download, kemudian tinggal install di device kamu deh, GenK.

Jika berhasil terpasang dengan benar, maka kamu bisa langsung menggunakannya di aplikasi menggambar.Ā 

Tak dapat dipungkiri bahwa custom brush dapat mempermudah kamu saat melukis digital. Hanya saja beberapa orang merasa bahwa menggunakan model brush seperti ini terlalu kaku.Ā 

Step 5 – Tracing Sketsa Gambar

Langkah berikutnya adalah proses tracing sketsa gambar yang sudah kamu buat di kertas. Gunakan scanner untuk memasukkan gambar.Ā 

Buat layer baru. Layer 1 untuk gambar hasil scan dan layer 2 untuk tracing gambar. Jiplak gambar yang sudah kamu buat dengan menggunakan brush. Tipis-tipis saja, GenK, yang penting garisnya terlihat dan mempermudah kamu saat mewarnai nantinya.

Tahap tracing bisa kamu lewatkan jika langsung membuat sketsa digital.

Step 6 – Mulai Menggambar dan mewarnai

Saatnya menggambar. Buat gambar sesuai konsep awal yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Proses ini akan memakan waktu yang tidak sebentar. Kamu harus menggambar objek beserta background jika diperlukan.Ā 

Apalagi saat proses mewarnai ada beberapa tahap yang mesti kamu lewati, seperti warna dasar, shading, dan highlight.Ā 

Jika sudah selesai jangan lupa untuk menyimpan gambar dengan cara klik file, kemudian save as, dan ubah format (ubah ke jpg jika ingin menyimpan dalam bentuk foto).

Tips: Perhatikan layer mana yang aktif. Usahakan tidak salah layer karena akan fatal banget jika kamu salah menggambar di layer yang tidak sesuai.Ā 


Itu dia penjelasan seputar digital painting. Mulai dari pengertian sampai tutorialnya. Semuanya dibahas di sini. Sekarang saatnya unggah hasil karya melukis digital yang sudah kamu buat. Unjuk gigi juga perlu, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

6 Referensi Gaya Desain Grafis yang MenginspirasiĀ 

Seni Rupa dan Desain

Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari, GenK!

Seni Rupa dan Desain

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Penjelasan Ilmiah di Balik Fenomena Ilusi Optik yang Sering Kita Temui

Seni Rupa dan Desain

5 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula Sampai Profesional

Seni Rupa dan Desain

1001 Arti Emoji: Dari Mana Asalnya? Kenapa Warnanya Kuning?

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Cyberpunk: Low Life vs High Technology

Seni Rupa dan Desain

Yuk, Coba Bikin Mind Mapping, Seni Praktis Mengembangkan Ide

Seni Rupa dan Desain

Keluar dari Gaya Desain yang Lama? Perlu atau Tidak Ya?

Seni Rupa dan Desain

Ingin Banyak Pembaca? Yuk Ikuti Cara Membuat Cover Wattpad Ini, GenK!

Seni Rupa dan Desain

Cara Menggambar Orang Seluruh Badan Lengkap dan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Karakter 5 Jenis Font yang Sering Kamu Pakai

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Bapak Seni Kolase, Richard Hamilton

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Mock up dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Macam-Macam Aliran Seni Rupa yang Harus Kamu Ketahui

Seni Rupa dan Desain

Cara Lengkap Membuat Desain Karakter

Seni Rupa dan Desain

Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat

Seni Rupa dan Desain

Ingin Jago Mendesain? Kenali Dulu Dasar Desain Grafis!

Seni Rupa dan Desain

Mahir Belajar Desain Grafis lewat 7 Buku Ini

Seni Rupa dan Desain

8 Unsur Seni Rupa yang Harus Diketahui Oleh Anak-Anak Seni

            Artikel Selanjutnya