leadersingle

Ajaib! Menghidupkan Coretan dengan Teknik Doodle 3D

Dibaca Normal: 3 menit aja
doodle 3d

Pernahkah saat sedang mengobrol dengan teman tanpa sadar tanganmu membuat coretan di kertas? Mencorat-coret di atas kertas tidak hanya bagus untuk menghilangkan  kejenuhan, tetapi juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan keterampilan menggambar. Biarkan imajinasimu berkreasi, karena menggambar abstrak pun tidak menjadi masalah. Buat tubuh dan pikiran rileks saat membuat coretan tidak peduli hasilnya bagus atau tidak. Nah, istilah gambar yang satu ini disebut dengan doodle art.

Desain doodle art semakin berkembang, mulai dari segi desain karakter, pola, warna, dan elemen desain lainnya. Bahkan saat ini ada yang namanya doodle 3D. Wah apaan tuh? Yuk kita simak sama-sama artikel berikut ini!

Apa Itu Doodle 3D?

Contoh doodle art (sumber: clipart-library.com)

Sebelum mengetahui apa itu doodle 3D, sebaiknya kita bahas dari yang paling dasar dulu. Doodle adalah gambar yang dibuat ketika perhatian seseorang sedang teralihkan. Misalnya saat kamu tanpa sadar menggambar coretan abstrak di buku ketika sedang berbincang dengan teman di telepon atau saat mendengar pembahasan rapat di kantor. Gambar apa pun yang kamu buat meski hanya coretan garis dapat dikategorikan sebagai doodle art

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Namun, saat ini menggambar doodle juga banyak yang disengaja dengan tujuan untuk menciptakan karya. Cara membuat doodle art pun bisa dengan teknik manual atau digital. Setiap teknik dan media yang digunakan akan berbeda-beda pula hasilnya. Biasanya doodle art sangat melekat dengan tipografi dan desain karakter. 

doodle 3d

Contoh doodle 3D (sumber: traebetrue.com)

Doodle 3D adalah karya doodle yang sengaja digambar 3 dimensi untuk menghasilkan kesan timbul. dan memiliki ruang. Dengan begitu, doodle 3D seakan-akan membentuk objek yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Diperlukan latihan gambar terus-menerus untuk menghasilkan kesan timbul. Lalu, arah pengambilan gambar juga sangat penting. Sama halnya saat kamu ingin memotret shadow art. Angle pengambilan gambar yang tepat akan memperkuat kesan timbul pada karya buatanmu. 

Baca Juga
Mengenal FODA, Komunitas Doodle Art Indonesia

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Merealisasikan Ide dengan 5 Tahapan Design Thinking Berikut Ini

Seni Rupa & Desain

8 Kombinasi Font Terbaik untuk Desain Grafis Kekinian

Seni Rupa & Desain

5 Inspirasi Desain UI untuk Aplikasi Terbaik di Tahun 2020

Seni Rupa & Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Logo Mudah dan Kreatif

Seni Rupa & Desain

Mirip Tapi Tak Serupa, Ini Dia Perbedaan Antara Emoji dan Emoticon

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>