Seni Rupa & Desain

Eco Printing: Teknik Cetak yang Menggunakan Bahan-Bahan dari Alam

Bagi orang awam, mungkin tak begitu paham dengan beragam teknik print yang dilakukan oleh para perancang atau desainer tekstil dalam menghasilkan sebuah produk. Motif dan pola dalam suatu rancangan memang akna hadir dari berbagai imanjinasi yang dilakukan. Namun tak hanya motif ataupun pola yang menjadi perhatian para perancang.

Hal lain yang turut menjadi perhatian adalah warna serta ukuran dengan benar. Oleh sebab itu, seorang perancang juga harus mengetahui dan paham tentang berbagai macam teknik printing dari yang tradisional hingga digital.

Eco Printing. (Sumber: Club iyaa)

Secara teknis, ada dua hal yang dapat dilakukan perancang dalam mencetak di atas kain, yaitu secara langsung (direct printing) dan juga tidak langsung (indirect printing). Membicarakan soal teknik printing, ternyata ada juga salah satu teknik printing yang unik dan juga dikenal sebagai teknik printing yang ramah lingkungan, yaitu eco printing.

Baca Juga :   Ragam Seni Penuh Nilai Estetik dari 5 Jenis Printmaking

Apa itu Eco Printing?

Mungkin memang banyak dari kita yang masih belum mengetahui tentang eco printing ini. Eco printing merupakan sebuah teknik pemberian pola pada bahan atau kain yang menggunakan bahan alami. Teknik printing ini juga terkenal sebagai salah satu teknik yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alam  dan mengurangi penggunaan bahan kimia.

Eco printing. (Threadborne)

Prinsip dalam melakukan printing ini adalah pembuatannya langsung melaluin kontak antara daun, bunga, batang ataupun bagian dari tumbuhan yang mengandung pigmen warna dengan bahan kain tertentu. Motif yang dihasilkan nantinya juga akan berbeda dan unik mengingat bahan yang digunakan sendiri merupakan bahan alam sekalipun memakai jenis dari tumbuhan yang sama. Warna yang dihasilkan juga terkadang akan berbeda dan eksklusif bergantung pada asal tanaman yang dipakai.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Mengenal Tren Desain UI Glassmorphism, yang Populer Banget di Kalangan Desainer

Seni Rupa & Desain

Bikin Konten Makin Atraktif dengan Tips Instastory Ini!

Seni Rupa & Desain

Tren Aplikasi Desain Terbaik 2021, Makin Modern dan Sederhana

Seni Rupa & Desain

Mengenal Karakter 5 Jenis Font yang Sering Kamu Pakai