Inspirasi Visual Paripurna dengan 4 Gaya Desain Grafis

Dibaca Normal: 3 menit aja

Mengetahui perkembangan berbagai macam aliran-aliran dalam desain grafis yang populer dari dulu sampai sekarang dan paling banyak digunakan. Jika kamu ingin mencari tahu sejarah desain grafis, maka kamu akan menemukan bahwa desain grafis sudah ada sejak dahulu. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan ditemukannya berbagai macam lukisan yang ada di beberapa gua purbakala di dunia. 

Slider
Slider
Slider

Sampai sekarang desain grafis pun masih terus berkembang dan semakin modern, banyak gaya desain baru yang diciptakan dan dimodifikasi untuk menampilkan sesuatu yang baru. Dari sekian banyak gaya desain grafis yang diciptakan, ada beberapa gaya desain grafis yang menjadi patokan dan menginspirasi para desainer grafis untuk membuat karya mereka dan bahkan gaya desain ini masih dipakai sampai sekarang.

 Style desain yang sedang populer saat ini seperti vintage design dan flat design bahkan terinspirasi dari gaya desain yang terkenal dulu seperti victorian style design, art & crafts design, dan lainnya. Berikut adalah beberapa gaya desain grafis yang disusun berdasarkan tahun terciptanya gaya desain tersebut. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Jangan salah nih, inspirasi kali ini hanyalah pilihan dari beberapa gaya desain yang paling umum dan populer pada masanya. Kamu bisa menggunakan daftar ini sebagai inspirasi desainmu dan sebagai pemahaman dasar tentang gaya desain grafis yang umum digunakan, bagaimana gaya tersebut tercipta dan apa perbedaan dari gaya desain tersebut.

1. Victorian Style 

Sumber: pinterest.com

Victorian style berasal dari Inggris pada periode pemerintahan Ratu Victoria berlangsung. Ciri utama aliran desain grafis ini adalah terdapat ornamen hiasan yang kompleks hampir memenuhi semua bidang, gaya desain ini diaplikasikan ke semua cabang desain termasuk arsitektur, furniture, interior, kemasan dan lainnya. Elemen desain khas dari victorian style adalah penggunaan pembatas (border) dekoratif dan tipografi yang rumit serta simetris pada tata letak dan desain. Kemudian pada masa itu, gaya desain  grafis dikembangkan menjadi sedikit lebih sederhana dengan warna-warna cerah yang dikenal dengan sebutan vintage design.

Baca Juga
6 Referensi Gaya Desain Grafis yang Menginspirasi 

2. Art and Crafts Style 

Sumber: pinterest.com

Berikutnya ada gaya desain internasional yang terkenal dengan seni dekoratif halus yang dimulai di Inggris dan berkembang di Eropa dan Amerika Utara pada tahun 1880-1910, kemudian muncul kembali di Jepang pada tahun 1920-an. Gaya desain grafis ini dibuat menggunakan bentuk sederhana, dan sering menampilkan kesan abad pertengahan, kesan romantis dengan lebih menekankan penggunaan tekstur dan ilustrasi tipografi yang kuat. 

Style desain ini memiliki pengaruh yang kuat bidang seni di Eropa sebelum digantikan oleh art nouveau dan art deco sampai akhirnya tergeser oleh gaya desain yang lebih modern pada tahun 1930-an. Ciri dan karakteristik utama dari arts & crafts style adalah bentuk yang sederhana, ilustrasi tipografi, penggunaan tekstur yang banyak.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Cara Menggambar Anime untuk Pemula

Seni Rupa & Desain

Desain Grafis ala Jepang, Indahnya Perpaduan Tradisional dan Modern

Seni Rupa & Desain

Mirip Tapi Tak Serupa, Ini Dia Perbedaan Antara Emoji dan Emoticon

Seni Rupa & Desain

Yuk Intip Tips Instastory Kreatif yang Bikin Konten Jadi Atraktif

Seni Rupa & Desain

Berikut 4 Ilustrator Wanita Indonesia yang Wajib Kamu Follow di Instagram

Seni Rupa & Desain

Ingin Jago Mendesain? Kenali Dulu Dasar Desain Grafis!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link