Mengenal Glitch Art: dari Distorsi Jadi Estetika

Dibaca Normal: 5 menit aja
glitch art

Kata siapa sesuatu yang rusak atau error tidak punya sisi yang estetis? Yuk kenalan sama glitch art, sebuah desain yang menjadikan efek layar rusak sebagai ciri khasnya. Mari kita simak penjelasan selengkapnya!

Di artikel sebelumnya, kami sudah pernah membahas soal tren desain UI UX di tahun 2019. Dari beberapa gaya desain yang masuk ke dalam daftar tersebut, glitch art menjadi salah satunya. Ternyata tolak ukur keindahan tidak hanya berasal dari kesempurnaan loh. Sesuatu yang memiliki tampilan distorsi pun juga memiliki sisi artistik bagi sebagian orang. Hal seperti ini berlaku untuk glitch art yang merupakan sub-genre desain grafis dengan menjadikan tampilan distorsi akibat digital crash

glitch art 1

Contoh efek glitch (sumber: behance.net/paulaLsun)

Gaya glitch design seperti ini masih menjadi tren sejak beberapa tahun belakangan. Tidak hanya bentuknya yang keren secara visual, tetapi gaya ini mampu meninggalkan kesan bagi audiens. Kalau kamu sendiri apakah sudah mengenal apa itu glitch art? Kalau belum tahu dan tertarik untuk mengenalnya lebih dalam, kamu bisa membaca penjelasannya di artikel kali ini.  Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasan pertama. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Apa Itu Glitch Art?

Aesthetic aesthetic clubKalau kamu mengaku anak aesthetic pokoknya wajib banget mengetahui apa itu glitch art. Sekarang kami mulai dari pengertian dasarnya nih. Glitch art adalah gaya desain yang menampilkan efek digital atau analog error untuk menghasilkan visual yang artistik. 

Efek ini bisa diperoleh dengan dua cara. Cara pertama berasal dari layar komputer atau TV yang kebetulan error alias tanpa campur tangan manusia. Sedangkan cara kedua dengan membuat fake glitch, yaitu glitch effect yang sengaja dibuat untuk menghasilkan distorsi dan efek layar rusak.

Perkembangan Tren Glitch Art

Terus, kenapa glitch art bisa menjadi tren? Semua berjalan beriringan dengan perkembangan musik punk. Kalau sebelumnya desain haruslah sempurna dan tanpa cacat, tiba-tiba glitch effect datang dengan membawa segala keunikan dan perbedaannya yang berhasil mendatangkan angin segar untuk dunia industri kreatif.

Tak hanya sampai di situ, glitch design juga semakin berkembang loh. Salah satu perubahan yang santer adalah dengan tidak hanya berpatokan pada gaya konvensional saja, tetapi juga sudah menggunakan teknologi futuristik. Keren banget kan! 

Baca Juga
Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

8 Unsur Seni Rupa yang Wajib Diketahui Setiap Desainer Grafis

Seni Rupa & Desain

Mengenal Aliran Naturalisme, Gaya Lukis Realistis yang Memanjakan Mata

Arsitektur & Interior
Seni Rupa & Desain

Mencetak Barang Impian dengan 5 Printer 3D Terbaik Ini

Seni Rupa & Desain

Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Seni Rupa & Desain

Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat

Seni Rupa & Desain

Mirip Tapi Tak Serupa, Ini Dia Perbedaan Antara Emoji dan Emoticon

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>