leadersingle

Hand Lettering, Teknik Menggambar Huruf Kekinian

Dibaca Normal: 3 menit aja
hand lettering adalah

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di rumah saat sedang senggang, salah satunya teknik hand lettering. Bukan sembarang menulis, hand lettering adalah teknik khusus yang bertujuan untuk meningkatkan estetika huruf atau tulisan. Teknik ini sangat berkaitan dengan studyblr yang sedang marak dibuat oleh kawula muda. Ingin tahu apa itu hand lettering? Yuk kita simak sama-sama artikel berikut ini. Jangan sampai ada yang terlewatkan yah.

Apa Itu Hand Lettering?

hand lettering adalah

Contoh desain hand lettering (sumber: blitsy.com)

Sebelumnya kami sudah pernah membahas seputar cara membuat studyblr yang merupakan teknik belajar sedang populer saat ini. Studyblr membuat proses belajarnya jadi lebih mudah dan seru, karena materi pembelajaran dikemas secara menarik dari segi tulisan, gambar, warna, dan komponen desain lainnya.

Studyblr dan hand lettering merupakan dua hal yang saling berhubungan erat satu sama lain, karena keduanya sama-sama cenderung menonjolkan tipografi yang dipercantik dengan berbagai macam alat tulis.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Pada dasarnya, hand lettering adalah menggambar huruf dan tulisan, di mana kamu menggunakan dasar-dasar teknik menulis untuk membentuk huruf dan kata-kata yang jika digabungkan akan membentuk komposisi nan indah. Setiap huruf memiliki karakternya masing-masing, belum lagi kalau ada jenis font yang unik dan rumit untuk dirangkai.

Baca Juga
10 Font Terbaru yang Bakal Populer di Tahun 2020

Perbedaan Hand Lettering dan Kaligrafi

Mungkin kamu menjadi bertanya-tanya sebenarnya apa perbedaan antara hand lettering dengan kaligrafi, karena keduanya terlihat seperti sama-sama bermain dengan lekuk tulisan.

Kami mulai bahas dari dasarnya, yaitu lettering yang merupakan istilah umum untuk apapun yang melibatkan drawing letter (menggambar huruf) dan writing letter (menulis huruf). Bisa dibuat secara manual menggunakan alat tulis maupun digital menggunakan mouse atau pen tablet.

hand lettering adalah

Ilustrasi membuat kaligrafi (sumber: shop.mybluprint.com)

Hand lettering sendiri merupakan tulisan tangan yang spesifik mengacu pada seni menggambar huruf yang dibuat secara manual tanpa memerlukan aplikasi lain seperti Adobe Illustrator. Sedangkan kaligrafi merupakan tulisan tangan yang lebih spesifik pada seni menulis huruf dalam satu kali gores.

Kaligrafi masih dibuat menggunakan teknik tradisional dengan alat-alat tertentu seperti ujung pena, tinta, dan cat khusus lainnya. Bentuk tulisan kaligrafi ada banyak variasinya, tergantung upstrokes dan downstrokes dari masing-masing huruf yang ditulis.

Baca Juga
Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa & Desain

Mirip Tapi Tak Serupa, Ini Dia Perbedaan Antara Emoji dan Emoticon

Seni Rupa & Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa & Desain

Mengenal Glitch Art: dari Distorsi Jadi Estetika

Seni Rupa & Desain

6 Aturan Membuat Original Character, Biar Tidak Plagiat!

Seni Rupa & Desain

Pentingnya Desain Packaging untuk Bisnis Makanan Online

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>