Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
hand lettering

Beberapa waktu belakangan, teknik hand lettering sedang populer di kalangan masyarakat, terutama kawula muda yang tertarik dengan desain aesthetic. Ingin belajar hand lettering? Ayo jangan sampai ketinggalan informasi berikut ini!

Di artikel kali ini kami akan membahas seputar pengertian dan cara membuat hand lettering untuk kamu yang masih pemula. Yuk langsung simak penjelasannya!

Apa Itu Hand Lettering?

hand lettering 1

Contoh desain hand lettering (sumber: blitsy.com)

Sebelumnya kami sudah pernah membahas seputar cara membuat studyblr yang merupakan teknik belajar sedang populer saat ini. Studyblr membuat proses belajar jadi lebih mudah dan seru, karena materi pembelajaran dikemas secara menarik dari segi tulisan, gambar, warna, dan komponen desain lainnya.

Studyblr dan hand lettering merupakan dua hal yang saling berhubungan erat satu sama lain, karena keduanya sama-sama cenderung menonjolkan tipografi yang dipercantik dengan berbagai macam alat tulis.

Pada dasarnya, hand lettering adalah menggambar huruf dan tulisan, di mana kamu menggunakan dasar-dasar teknik menulis untuk membentuk huruf dan kata-kata yang jika digabungkan akan membentuk komposisi nan indah. Setiap huruf memiliki karakternya masing-masing, belum lagi kalau ada jenis font yang unik dan rumit untuk dirangkai, GenK.

Perbedaan Hand Lettering dan Kaligrafi

Mungkin kamu menjadi bertanya-tanya sebenarnya apa perbedaan antara hand lettering dengan kaligrafi, karena keduanya terlihat seperti sama-sama bermain dengan lekuk tulisan. 

Kami mulai bahas dari dasarnya, yaitu lettering yang merupakan istilah umum untuk apapun yang melibatkan drawing letter (menggambar huruf) dan writing letter (menulis huruf). Bisa dibuat secara manual menggunakan alat tulis maupun digital menggunakan mouse atau pen tablet.

hand lettering 2

Ilustrasi membuat kaligrafi (sumber: shop.mybluprint.com)

Hand lettering sendiri merupakan tulisan tangan yang spesifik mengacu pada seni menggambar huruf yang dibuat secara manual tanpa memerlukan aplikasi lain seperti Adobe Illustrator. Sedangkan kaligrafi merupakan tulisan tangan yang lebih spesifik pada seni menulis huruf dalam satu kali gores.

Kaligrafi masih dibuat menggunakan teknik tradisional dengan alat-alat tertentu seperti ujung pena, tinta, dan cat khusus lainnya. Bentuk tulisan kaligrafi ada banyak variasinya, tergantung upstrokes dan downstrokes dari masing-masing huruf yang ditulis.

Baca Juga   Cara Membuat Studyblr

Kenapa Belajar Hand Lettering Itu Menyenangkan?

Tak dapat dipungkiri, hand lettering benar-benar sedang naik daun, terutama buat kamu yang suka dengan konten aesthetic. Semuanya bukan tanpa alasan, karena ternyata ada beberapa penyebab kenapa teknik menulis yang satu ini banyak digemari. Berikut adalah beberapa alasannya, GenK:

  1. Memberikan feeling pada tulisan. Jika kamu melihat kata-kata mutiara yang menggugah hati, tulislah kembali menggunakan teknik hand lettering untuk memberikan feeling yang lebih mendalam dari keindahan seni menggambar tulisan. 
  2. Ketidaksempurnaan dianggap sebagai seni. Ketika kamu membuat desain tulisan menggunakan digital, semuanya akan presisi dan terlihat sempurna. Lain halnya ketika kamu menggambar tulisan pakai tangan yang sangat mungkin terjadi kesalahan dan tidak presisi. 
  3. Mengutamakan style gambar. Setiap desainer atau ilustrator pasti punya style gambar. Di dalam seni menggambar tulisan, style gambar sangatlah diperlukan untuk membedakan antara tulisan satu dengan lainnya. Berikan sentuhan dengan menambahkan elemen khusus agar tulisan buatanmu semakin seru dan bikin nagih dipandang mata.
  4. Bisa dibuat oleh siapapun. Kamu bukan desainer? Bukan pula ilustrator? Gak masalah, karena siapapun bisa menggambar tulisan jika ada kemauan belajar dan tentunya punya hand lettering kit yang memadai. 

Alat untuk Hand Lettering

hand lettering 3

Hand lettering kit (sumber: inspiringideas.com)

Untuk dapat menggambar tulisan, kamu membutuhkan alat-alat khusus nih, GenK. Di sini kami akan membagikan apa saja alat-alat hand lettering yang dibutuhkan untuk pemula.

  1. Pensil, digunakan untuk membuat sketsa dasar. Kamu tidak tidak perlu membeli yang mahal, pena seperti Faber-Castell pun bisa kamu gunakan, GenK. Pilihlah jenis pensil lembut (B/Black) untuk menghasilkan value yang lebih tebal.
  2. Penghapus, untuk menghapus tulisan saat membuat sketsa dan tahap finishing.
  3. Paper Mate Flair Pen, untuk membuat dasar garis tulisan.
  4. Drawing pen, juga berguna untuk membuat dasar garis tulisan atau memberikan kesan seperti brush
  5. Spidol, kalau alat gambar yang satu ini pasti sudah punya dong? Fungsi spidol dalam hand lettering adalah untuk memberikan warna-warna pada tulisan.
  6. Highlighter, merupakan alat tulis untuk meng-highlight bagian kata atau kalimat penting. Kalau di menggambar tulisan, highlighter berfungsi sebagai alat untuk faux lettering
  7. Small brush pen, kalau yang ini pena berbentuk seperti brush dengan ujung pena berukuran kecil.
  8. Large brush pen, nah yang ini pena berbentuk seperti brush dengan ujung pena berukuran besar. 
  9. Kertas, carilah kertas berukuran tebal dan tekstur permukaannya lembut, misalnya cardstock.
  10. Tracing paper, digunakan untuk latihan merangkai huruf dan mengingat tebal tipis setiap jenis huruf.
Baca Juga   Cara Membuat Power Point Kreatif

Cara Membuat Hand Lettering

Sekarang saatnya belajar cara membuat hand lettering. Buat kamu yang masih pemula tidak perlu khawatir, karena kami akan membagikan dasar-dasar membuat garis huruf, GenK. Yuk mulai ke cara yang pertama!

1. Latihan membuat upstrokes

upstrokes dan downstrokes

Upstrokes dan downstrokes (sumber: projects.thepostathens.com)

Kamu harus pemanasan dulu jari dulu, GenK, caranya dengan latihan membuat upstrokes atau membuat garis dari bawah ke atas. Ambil satu lembar kertas kosong berbahan tebal dan satu buah brush pen berukuran kecil, kemudian mulai buat garis-garis memanjang dari bawah ke atas. Buat sebanyak-banyaknya sampai kamu terbiasa.

2. Lanjut latihan membuat downstrokes

Cara membuat hand lettering yang berikutnya adalah dengan latihan membuat downstrokes atau membuat garis dari atas ke bawah. Buatlah garis-garis memanjang dari atas ke bawah sampai akhirnya tanganmu terbiasa membuat downstrokes. Ukuran downstrokes akan lebih tebal daripada upstrokes, karena penekanan brush-nya juga lebih ekstra.

3. Membuat garis sambung upstrokes dan downstrokes

Jika sudah mahir membuat garis upstrokes dan downstrokes, sekarang cobalah untuk membuat keduanya dalam bentuk rangkai. Atas-bawah dan bawah-atas terus sampai kamu terbiasa.

4. Mulai menulis huruf

hand lettering 5

Ilustrasi menulis alfabet (sumber: 40youbeautiful.com)

Sekarang saatnya menulis huruf, dimulai dari huruf A sampai Z. Buatlah secara perlahan dan jangan takut salah, GenK. Fungsinya supaya tangan kamu tidak kaku ketika membuat huruf rangkai. Sebenarnya hand lettering tidak melulu menulis huruf rangkai kok, hanya saja yang menjadi populer di kalangan kawula muda adalah jenis huruf rangkai yang terlihat indah ketika dibaca. 

Baca Juga   5 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula Sampai Profesional

5. Gunakan bantuan tracing paper

Jika menulis huruf rangkai terasa sulit bagimu, gunakan bantuan tracing paper untuk menjiplak huruf. Caranya adalah dengan meletakkan tracing paper di atas huruf yang ingin kamu jiplak, bisa dari buku ataupun internet. Kertas tracing dirasa sangat cocok untuk latihan menggambar huruf karena tekstur permukaan kertasnya yang halus ketika terkena goresan brush pen.

6. Mempelajari faux lettering

faux lettering

Faux lettering (sumber: mix.com)

Dalam membuat hand lettering, kamu mesti mempelajari tentang faux lettering. Mungkin kamu masih dengan istilah yang satu ini. Faux lettering adalah teknik yang digunakan untuk membuat tulisan seperti efek brush tanpa menggunakan brush pen yang seharusnya. 

Teknik ini umumnya digunakan jika kamu tidak memiliki brush pen, GenK. Cukup menggunakan pena, spidol, atau drawing pen kamu dapat membuat efek seakan-akan tulisan dibuat menggunakan brush pen.

Perbanyak latihan dasar menggambar huruf supaya kamu mahir membuat hand lettering dengan lekukan yang indah. Sekarang saatnya pergi ke toko buku di kotamu untuk hunting segala hand lettering kit yang dibutuhkan. Tak lupa juga praktikkan langkah-langkah pembuatannya yang kami sampaikan di atas. Selamat mencoba, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

            Artikel Selanjutnya