Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Dibaca Normal: 4 menit aja
hand lettering

Beberapa waktu belakangan, teknik hand lettering sedang populer di kalangan masyarakat, terutama kawula muda yang tertarik dengan desain aesthetic. Ingin belajar hand lettering? Ayo jangan sampai ketinggalan informasi berikut ini! Dalam artikel ini, kami akan membahas seputar pengertian dan cara membuat hand lettering. Pas banget buat kamu yang masih pemula. Yuk langsung simak penjelasannya! 

Alat untuk Hand Lettering

hand lettering 3

Hand lettering kit (sumber: inspiringideas.com)

Untuk dapat menggambar tulisan, kamu membutuhkan alat-alat khusus nih. Di sini kami akan membagikan apa saja alat-alat hand lettering yang dibutuhkan untuk pemula.

  1. Pensil, digunakan untuk membuat sketsa dasar. Kamu tidak tidak perlu membeli yang mahal, pena seperti Faber-Castell pun bisa kamu gunakan. Pilihlah jenis pensil lembut (B/Black) untuk menghasilkan value yang lebih tebal.
  2. Penghapus, untuk menghapus tulisan saat membuat sketsa dan tahap finishing.
  3. Paper Mate Flair Pen, untuk membuat dasar garis tulisan.
  4. Drawing pen, juga berguna untuk membuat dasar garis tulisan atau memberikan kesan seperti brush
  5. Spidol, kalau alat gambar yang satu ini pasti sudah punya, dong? Fungsi spidol dalam hand lettering adalah untuk memberikan warna-warna pada tulisan.
  6. Highlighter, merupakan alat tulis untuk meng-highlight bagian kata atau kalimat penting. Kalau di menggambar tulisan, highlighter berfungsi sebagai alat untuk faux lettering
  7. Small brush pen, kalau yang ini pena berbentuk seperti brush dengan ujung pena berukuran kecil.
  8. Large brush pen, nah yang ini pena berbentuk seperti brush dengan ujung pena berukuran besar. 
  9. Kertas, carilah jenis kertas berukuran tebal dan tekstur permukaannya lembut, misalnya cardstock.
  10. Tracing paper, digunakan untuk latihan merangkai huruf dan mengingat tebal tipis setiap jenis huruf.

Baca Juga
8 Unsur Seni Rupa yang Wajib Diketahui Setiap Desainer Grafis

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Cara Membuat Hand Lettering

Hand lettering adalah teknik menggambar tulisan yang bisa dipelajari. Nah, sekarang saatnya belajar cara membuat hand lettering. Buat kamu yang masih pemula tidak perlu khawatir, karena kami akan membagikan dasar-dasar membuat garis huruf. Yuk mulai ke cara yang pertama! 

1. Latihan membuat upstrokes

upstrokes dan downstrokes

Upstrokes dan downstrokes (sumber: projects.thepostathens.com)

Kamu harus pemanasan dulu jari dulu, caranya dengan latihan membuat upstrokes atau membuat garis dari bawah ke atas. Ambil satu lembar kertas kosong berbahan tebal dan satu buah brush pen berukuran kecil, kemudian mulai buat garis-garis memanjang dari bawah ke atas. Buat sebanyak-banyaknya sampai kamu terbiasa.

2. Lanjut latihan membuat downstrokes

Cara membuat hand lettering yang berikutnya adalah dengan latihan membuat downstrokes atau membuat garis dari atas ke bawah. Buatlah garis-garis memanjang dari atas ke bawah sampai akhirnya tanganmu terbiasa membuat downstrokes. Ukuran downstrokes akan lebih tebal daripada upstrokes, karena penekanan brush-nya juga lebih ekstra.

3. Membuat garis sambung upstrokes dan downstrokes

Jika sudah mahir membuat garis upstrokes dan downstrokes, sekarang cobalah untuk membuat keduanya dalam bentuk rangkai. Atas-bawah dan bawah-atas terus sampai kamu terbiasa.

Baca Juga
7 Rekomendasi Situs Download Font Keren Gratis dan Legal

4. Mulai menulis huruf

hand lettering 5

Ilustrasi menulis alfabet (sumber: 40youbeautiful.com)

Sekarang saatnya menulis huruf, dimulai dari huruf A sampai Z. Buatlah secara perlahan dan jangan takut salah. Fungsinya supaya tangan kamu tidak kaku ketika membuat huruf rangkai. Sebenarnya hand lettering tidak melulu menulis huruf rangkai kok, hanya saja yang menjadi populer di kalangan kawula muda adalah jenis huruf rangkai yang terlihat indah ketika dibaca. 

5. Gunakan bantuan tracing paper

Jika menulis huruf rangkai terasa sulit bagimu, gunakan bantuan tracing paper untuk menjiplak huruf. Caranya adalah dengan meletakkan tracing paper di atas huruf yang ingin kamu jiplak, bisa dari buku ataupun internet. Kertas tracing dirasa sangat cocok untuk latihan menggambar huruf karena tekstur permukaan kertasnya yang halus ketika terkena goresan brush pen.

Baca Juga
8 Kombinasi Font Terbaik untuk Desain Grafis Kekinian

6. Mempelajari faux lettering

faux lettering

Faux lettering (sumber: mix.com)

Dalam membuat hand lettering, kamu mesti mempelajari tentang faux lettering. Mungkin kamu masih dengan istilah yang satu ini. Faux lettering adalah teknik yang digunakan untuk membuat tulisan seperti efek brush tanpa menggunakan brush pen yang seharusnya. Teknik ini umumnya digunakan jika kamu tidak memiliki brush pen. Cukup menggunakan pena, spidol, atau drawing pen kamu dapat membuat efek seakan-akan tulisan dibuat menggunakan brush pen.

Perbanyak latihan dasar menggambar huruf supaya kamu mahir membuat hand lettering dengan lekukan yang indah. Sekarang saatnya pergi ke toko buku di kotamu untuk hunting segala hand lettering kit yang dibutuhkan. Tak lupa juga praktikkan langkah-langkah pembuatannya yang kami sampaikan di atas. Selamat mencoba! 

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Ragam Seni Penuh Nilai Estetik dari 5 Jenis Printmaking

Seni Rupa & Desain

Merealisasikan Ide dengan 5 Tahapan Design Thinking Berikut Ini

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Power Point Kreatif

Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

Seni Rupa & Desain

Macam-Macam Aliran Seni Rupa yang Harus Kamu Ketahui

Seni Rupa & Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>