7 Jenis Logo dan Cara Penggunaannya yang Wajib Diketahui Anak Desain

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
jenis logo

Logo merupakan gambar yang digunakan untuk merepresentasikan identitas sebuah brand, perusahaan, atau personal. Tapi tahukah kamu kalau selama ini ada 7 jenis logo? Buat kamu yang penasaran, kami punya penjelasan selengkapnya nih. Yuk langsung saja disimak!

Sebelumnya kami sudah pernah membahas seputar cara membuat logo yang bisa langsung kamu praktikkan sendiri di rumah. Nah, kalau sudah mulai terbiasa membuatnya, sekarang saat untuk eksplorasi ide lagi deh. Caranya adalah dengan membuat logo dalam jenis yang lainnya.

Wah logo ada jenisnya?

Yap! Totalnya ada 7 jenis logo yang mesti banget kamu ketahui, GenK. Ada yang hanya terbuat dari gambar, tulisan, ataupun kombinasi keduanya. Masing-masing jenis tentunya akan memberi efek yang berbeda-beda pula pada merek bisnismu.

Berikut adalah jenis-jenis logo, GenK. Cekidot!

1. Jenis Logo Monogram atau Lettermarks

jenis logo 1

Contoh logo monogram atau lettermarks (sumber: sitepronews.com)

Monogram adalah tanda berupa dua huruf atau lebih yang kemudian digabungkan menjadi satu. Jika dikaitkan dengan penggunaan monogram pada logo, logo monogram atau lettermarks adalah logo yang terdiri dari beberapa huruf, biasanya diambil dari inisial merek yang memiliki nama agak panjang.

Karena terlalu panjang, ada baiknya untuk mempersingkat kata menjadi 2-3 kata saja. Sehingga jadi lebih mudah diidentifikasi, dikatakan, dan diingat oleh audiens. Teknik kesederhanaan ini benar-benar efektif, GenK.

Tetapi meski terlihat sederhana, proses kreatif di balik pembuatan jenis logo ini tentu tidak mudah. Kamu harus bisa memilih huruf singkatan yang cocok untuk mewakili brand atau perusahaan kamu. Akan kurang ideal jika gampang diingat tapi tidak mencerminkan identitas yang sebenarnya. 

Pastikan juga jenis font yang kamu gunakan dapat mewakili makna yang ingin kamu sampaikan. Untuk memperdalam informasi seputar karakter jenis font, kamu bisa membacanya di artikel yang sudah pernah kami tulis sebelumnya, GenK.

Baca Juga   Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

2. Jenis Logo Wordmarks atau Logotype

jenis logo 2

Contoh logotype atau wordmarks (sumber: YouTube 3MineFunShoot)

Berikutnya adalah jenis wordmarks atau logotype.

Kalau yang ini masih mirip dengan jenis sebelumnya nih, karena sama-sama berbasis tulisan yang berfokus pada nama merek bisnisnya saja. Tinggal kombinasikan saja dengan tipografi yang memiliki ciri khas. Dari sini kamu bisa menciptakan pengenalan merek yang kuat kepada audiens.

Menggunakan jenis logo wordmark dianggap sebagai ide yang sangat cemerlang. Ini dapat dilakukan jika kamu memiliki nama bisnis yang unik dan mudah melekat di benak pelanggan. 

Coba bayangkan merek bisnismu terpampang di papan reklame dengan ukuran yang sangat besar. Otomatis akan langsung menarik perhatian audiens. Ini akan semakin membuat merek kamu lebih dikenal oleh masyarakat.

Selain itu, jenis logo wordmarks atau logotype sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang baru berdiri, karena proses pengenalan identitas brand akan lebih cepat dan mudah, GeK.

3. Jenis Logo Pictorial Marks atau Simbol

jenis logo 3

Contoh jenis logo pictorial marks (sumber: adweek.com)

Selanjutnya adalah pictorial marks atau sering disebut juga sebagai simbol. Jenis ini berbentuk seperti ikon atau simbol dalam bentuk grafis kreatif. 

Contoh sederhananya adalah ikon buah apel yang sangat identik dengan merek Apple. Kemudian ikon centang yang menjadi identik dengan merek Nike. Hal ini merupakan perwujudan dari jenis  pictorial marks atau simbol, GenK.

Hanya saja untuk menggunakan jenis logo yang yang satu ini terbilang tricky, karena hanya mengandalkan gambar saja tanpa tulisan sebagai identitas pengenal kepada audiens.

Maka dari itu, kamu harus banget mempertimbangkan dengan matang seputar rancangan konsep desain pembuatan logo dengan jenis ini. Misalnya dari pemilihan ikon apa yang akan dibuat, bagaimana bentuknya, berapa ukurannya, dan apa warnanya. Karena bila ada satu elemen saja yang diubah, arti dan makna dari logo tersebut pun akan berubah.

Baca Juga   Cara Lengkap Membuat Desain Karakter

4. Jenis Logo Abstrak

jenis logo 4

Contoh logo abstrak (sumber: designyourway.net)

Jenis yang berikutnya adalah logo abstrak yang masih berhubungan dengan penggunaan gambar. Alih-alih menggunakan gambar yang dapat dikenali dengan mudah bentuknya, logo abstrak memilih untuk menggunakan bentuk geometris yang disusun secara abstrak hingga membentuk sebuah gambar unik.

Kami ambil contoh yang sederhana. Saat kamu melihat logo Twitter, maka kamu tahu itu adalah gambar burung. Lain halnya dengan logo abstrak, di mana kamu tidak akan mengerti bentuk yang sebenarnya. 

Meski abstrak, tetapi logo ini memiliki nilai plus untuk mewakili identitas brand atau perusahaan kamu loh. Logonya yang unik dan antimainstream ini akan lebih mudah melekat di benak audiens. Karena akan sangat jarang terdapat bentuk yang serupa.

Manfaat lainnya adalah kamu dapat dengan mudah menyampaikan identitas, visi, dan misi brand atau perusahaanmu secara simbolis, tanpa perlu bergantung dengan sebuah gambar tertentu. Cukup lewat pemilihan bentuk dan warna, kamu dapat membangun emosi dan nuansa tersendiri dari gambar logo yang kamu buat, GenK.

5. Jenis Logo Maskot

jenis logo 5

Contoh logo maskot (sumber: liputan6.com)

Kamu pasti tahu dong gambar kakek tua di logo KFC? Yap! Itu dia salah satu contoh jenis logo maskot yang sekarang akan kami bahas. 

Logo maskot adalah logo yang melibatkan penggunaan karakter bergambar untuk bentuk utama logo. Umumnya menggunakan banyak warna, bentuk kartun, dan apapun yang sifatnya menggambarkan maskot dari brand atau perusahaanmu.

Maskot adalah karakter yang mampu mewakili identitas perusahaanmu. Karakternya biasa berupa karakter fiksi atau malah karakter nyata yang dibuat kartun. Anggap saja mereka seperti ambassador yang mampu memperkenalkan perusahaanmu ke khalayak luas.

Menggunakan maskot sangat bagus digunakan untuk perusahaan yang ingin menciptakan suasana yang asri, hangat, dan menarik untuk keluarga serta anak-anak. Makanya tak jarang sebuah brand sengaja membuat badut dari maskot mereka untuk berkontak langsung dengan audiens.

Wah ternyata badut maskot yang sering kamu temukan di berbagai acara merupakan strategi tersendiri yang digunakan untuk menggaet hati pelanggan, GenK.

Baca Juga   Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

6. Jenis Logo Kombinasi

jenis-jenis logo 6

Contoh logo kombinasi (sumber: theflashtoday.com)

Jenis logo yang berikutnya adalah logo kombinasi yang terdiri dari sebuah huruf dan gambar. Gambarnya pun bisa berupa nyata atau abstrak. Logo jenis ini memungkinkan penggunaan teks dan gambar yang diletakkan secara berdampingan, ditumpuk menjadi satu sama lain, atau diintegrasikan bersama untuk kemudian membentuk sebuah gambar baru.

Tak hanya itu, sebenarnya penggunaan logo kombinasi sangat luas. Mau menggunakan maskot dengan tulisan pun tak menjadi masalah. Karena pada dasarnya bentuk kombinasi ini menciptakan dua gambar yang berbeda secara bersamaan.

Bentuk logo seperti ini terbukti manjur sebagai perwakilan brand atau perusahaan, karena sudah terbukti banyak yang menggunakan jenis ini dan sukse, GenK. Contohnya seperti merek Burger King dan Doritos. Tinggal bagaimana cara kamu untuk memilih jenis font untuk logo dan bentuk seperti apa yang ingin kamu tampilkan.

7. Jenis Logo Lambang

jenis-jenis logo7

Contoh logo lambang (sumber: YouTube Hamna)

Nah, yang terakhir adalah logo lambang yang terdiri dari font di dalam simbol atau ikon. Logo seperti ini cenderung memiliki tampilan tradisional dengan gaya klasiknya. Ini karena penggunaan ukiran-ukiran yang rumit dan pemilihan warna yang tidak terlalu mencolok. Sehingga jenis logo yang satu ini sering menjadi pilihan untuk sekolah, organisasi, atau lembaga pemerintah. 

Meski memiliki gaya klasik yang memiliki keunikan khas, tetapi logo lambang dianggap terlalu kaku untuk sebagian brand atau perusahaan. Karena bentuknya yang terlalu rumit dan detail menjadikannya kurang fleksibel daripada jenis logo yang sebelumnya sudah kami sebutkan.

Misalnya kamu ingin mencetak logo ini di kartu nama yang berukuran kecil. Sehingga mau tidak mau, logo ini pun akan dibuat dengan ukuran kecil yang belum tentu detail logonya terlihat. Sehingga dibutuhkan trik tersendiri agar membuatnya lebih fleksibel ketika digunakan. Salah satunya adalah dengan pemilihan desain simbolnya, GneK.


Itu dia 7 jenis logo yang mesti kamu ketahui. Nah, kalau sudah paham, berarti tinggal buat panduan logonya deh. Tujuannya supaya pengaplikasian logomu pada media yang berbeda-beda akan tetap terjaga karena ada buku panduannya. Namanya adalah Graphic Standard Manual yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya. Para desainer wajib banget tahu nih

 

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

            Artikel Selanjutnya