Seni Rupa & Desain

Mengenal Karakter 5 Jenis Font yang Sering Kamu Pakai

karakter-jenis-font

Sering bingung mau pakai font apa untuk desainmu? Kamu perlu tahu bahwa tiap font memiliki kepribadian masing-masing. Yuk, kenali jenis font beserta kepribadiannya berikut ini!

Sebagai seorang desainer, kamu pasti tahu betul kalau dalam pembuatan sebuah desain, font nggak boleh dipilih secara asal-asalan Hukumnya haram! Nggak cuma bentuk dan warna, tetapi tiap jenis font yang kamu gunakan juga akan memengaruhi kesan karya saat dilihat oleh audiens.

Ketahuilah bahwa tiap font pasti memiliki kepribadiannya masing-masing. Coba bayangkan kalau kamu asal-asalan saat memilih font. Tadinya kamu ingin menyampaikan mood horor yang seram dan mencekam. Eh, malah jadi terlihat komedi karena kamu salah pilih font. Bisa gawat banget!

karakter-jenis-font

Contoh pembedahan tipografi (Sumber: material.io)

Saat ini terdapat ribuan jenis font yang bisa kamu unduh secara gratis di internet. Tetapi dari semua itu dapat diklasifikasikan menjadi 5 kategori besar. Masing-masing kategori menawarkan karakteristik yang pastinya bisa kamu terapkan saat mendesain nanti. Yuk, jelajahi jenis-jenis font berikut ini sekaligus mengenal kepribadiannya! 

Serif Font

Kamu pasti sudah tahu serif bukan? Saat ini serif adalah salah satu tipografi yang paling populer digunakan, contohnya adalah Times New Roman. Jenis huruf tersebut selalu hadir di dalam buku, dokumen, bahkan beberapa logo loh.

jenis-font-serif

Didot (Sumber: graphicpear.com)

Serif adalah salah satu font tertua. Pertama kali muncul pada awal abad ke-15. Kata “serif” sendiri merujuk ke bentuk kait yang ada di ujung-ujung bagian atas dan bagian bawah huruf.

Berarti mudah banget ya, cara mengetahui jenis font yang satu ini. Salah satunya adalah dengan melihat kaitnya. Awalnya bentuk kait ini berasal dari para seniman yang pada zaman dahulu masih menulis pakai kuas. Sehingga ujung huruf membentuk tarikan seperti kait yang kemudian dimasukkan sebagai elemen dekoratif huruf.

Jenis font ini dapat dipecah lagi menjadi beberapa sub kategori, seperti old style, transitional, neoclassical, dll. Yuk, kita bahas beberapa!

Baca Juga :   Bikin Tulisan Kece Lewat 8 Aplikasi Pembuat Font Ini

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Mengenal FODA, Komunitas Doodle Art Indonesia

Seni Rupa & Desain

Memperingati Hari Puisi Sedunia, Baca Sejarahnya, Yuk!

Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Grafis ala Korea, Si Minimalis yang Atraktif

Seni Rupa & Desain

Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat

Leave a Reply

Your email address will not be published.