Seni Rupa & Desain

8 Kombinasi Font Terbaik untuk Desain Grafis Kekinian

font-terbaik

Sebelum membuat desain, kamu harus memahami dasar-dasar desain grafis terlebih dahulu. Di dalamnya terdapat elemen dan prinsip yang mesti kamu pahami. Selain itu, pemilihan font juga nggak boleh asal-asalan, karena setiap font yang kamu pilih akan memberikan mood yang berbeda-beda pula. Untuk itu, mari simak inspirasi font terbaik yang bisa kamu kombinasikan dengan elemen desain grafis buatanmu!

Rekomendasi Kombinasi Font Terbaik

Mengombinasikan font terbaik merupakan pekerjaan tricky. Kamu harus memilih jenis font yang tepat sesuai karakter desain entah itu untuk poster, brosur, tampilan website, atau media lainnya agar terlihat lebih dinamis. Salah sedikit saja akan membuat semuanya terlihat kacau. Untuk dapat mengombinasikan font dengan baik dibutuhkan sentuhan desain yang kuat dan mata yang tajam.

jenis-jenis-font-terbaik

Jenis font (Sumber: fastwork.com)

Sebelum memilih font untuk desain, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal seperti, memahami untuk siapa desain tersebut dibuat sebab, setiap font memiliki rasa dan mood tersendiri jangan sampai target merasa nggak sreg dengan font yang kamu pilih. Selanjutnya  readability, jangan cuma pilih font karena terlihat keren, pastikan font yang kamu pilih mudah terbaca dari berbagai jarak dan bisa dengan mudah dipahami dalam sekali lihat.

Dengan sebegitu banyak pilihan font, pasti akan membuat kamu bingung. Tenang saja, berikut adalah beberapa rekomendasi kombinasi font terbaik untuk menunjang desainmu. Desain font ini dipilih karena bersifat universal bagi pembaca dan mempunyai readability tinggi. Berikut font-font yang kami rekomendasikan untuk desain grafis kekinian kamu. 

1. Futura Bold dan Souvenir

font-futura-souvenir

Jenis font Futura Bold dan Souvenir memiliki karakter yang sama-sama kuat. Font Futura dibuat pada tahun 1927, sedangkan font Souvenir sudah dibuat lebih dahulu, yakni pada tahun 1941. Meski memiliki jarak waktu pembuatan yang cukup lama, kedua jenis font ini sangat cocok jika diaplikasikan bersama di dalam sebuah desain.

Bentuk Souvenir mirip dengan Times New Roman yang terlihat ringan dan playful. Sedangkan Futura Bold terlihat tebal, berani, dan optimis sehingga sangat unik saat disandingkan bersama. Font Futura yang kekinian cocok dibuat untuk judul film-film futuristik, sedangkan font Souvenir lebih cocok dibuat untuk film bergenre drama.

Baca Juga :   7 Rekomendasi Font Keren untuk Desain Grafis Kekinian

2. Rockwell Bold dan Bembo

font-rockwell-bembo

 

Kombinasi font terbaik yang kedua adalah Rockwell Bold dan Bembo. Rockwell merupakan salah satu jenis Classic Slab Serif yang dirancang oleh Monotype Corporation pada tahun 1934. Jenis font yang satu ini memiliki potensi besar untuk dapat menarik perhatian pengguna, terutama jika ditampilkan dalam format bold. Sedangkan Bembo adalah jenis Serif yang netral dan serbaguna. Memiliki bentuk yang ramping dan ringan sehingga terlihat elegan dan konvensional. Font Rockwell lebih cocok digunakan untuk film bergenre aksi.

3. Helvetica Neue dan Garamond 

font-helvetica-neue-garamond

 

Helvetica merupakan salah satu jenis font yang populer sepanjang masa. Awalnya dikembangkan pada tahun 1957 oleh Max Miedinger bersama Eduard Hoffmann. Apabila kamu menggunakan Helvetica Neue untuk judul, maka kami menyarankan kamu menggunakan Garamond untuk body text-nya, karena jika keduanya digabungkan sangatlah kompatibel. Bentuk Helvetica Neue yang dibuat dengan format bold akan menjadi netral jika disandingkan dengan Garamond sehingga terlihat lebih elok dan berkelas. Nah, perpaduan kedua font ini sering kamu temukan di poster-poster modern.

Baca Juga :   7 Rekomendasi Situs Download Font Keren Gratis dan Legal
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Bikin Konten Makin Atraktif dengan Tips Instastory Ini!

Seni Rupa & Desain

Tren Aplikasi Desain Terbaik 2021, Makin Modern dan Sederhana

Seni Rupa & Desain

Mengenal Karakter 5 Jenis Font yang Sering Kamu Pakai

Seni Rupa & Desain

Hand Lettering, Teknik Menggambar Huruf Kekinian