Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
line art

Gambarnya kok hanya outline? Jangan-jangan gambarnya belum beres yah? Eits, jangan salah, ini namanya line art, GenK! Yuk simak penjelasan lengkap dan cara pembuatannya, GenK!

Kalau kamu penggemar desain simpel yang gak perlu banyak komponen di dalamnya, line art adalah jawaban yang tepat. Dengan menggunakan desain yang satu ini, kamu dapat menggabungkan antara gambar dan tulisan supaya bisa menyatu dengan sempurna. 

Buat kamu yang ingin belajar dan ingin tahu lebih dalam tentang desain garis minimalis, di sini kami akan membagikan penjelasan seputar apa itu line art dan cara membuatnya. Yuk simak selengkapnya di sini, GenK!

Apa Itu Line Art?

desain line art

Contoh line art (sumber: behance.net/sheu)

Line art adalah desain atau ilustrasi yang menggunakan garis sebagai komponen utama gambar. Terdiri dari garis panjang, pendek, lurus, atau melengkung yang digambar pada background polos tanpa gradasi warna untuk mereprentasikan bentuk 2D atau 3D. 

Memang benar, umumnya desain ini hanya berwarna monokrom (hitam, putih, dan abu-abu), namun tak jarang juga ada desainer atau ilustrator yang mewarnai bentuk objek yang tercipta demi menghasilkan gambar yang lebih unik dan menarik. Karena menambahkan warna pada desain bisa memberikan efek yang berbeda-beda, seperti tekstur dan bayangan.

Teknik Tebal dan Tipis Garis

Di dalam satu gambar line art, bisa saja terdapat tebal-tipis garis yang berbeda-beda, tergantung alat gambar yang kamu gunakan. Tebal-tipis garis ternyata gak cuma sebagai pemanis saja loh, karena bisa memberikan efek pada gambar. 

Misalnya kamu ingin membuat dua gambar, satu batu bata dan satu lagi gabus. Coba gunakan garis tebal sebagai outline batu bata dan garis tipis untuk outline gabus. Kenapa outline batu bata lebih tebal daripada gabus? Karena garis yang tebal mampu memberikan efek tebal pada gambar tersebut.

Hingga saat ini terdapat tiga jenis gaya garis, yaitu tebal-tipis konstan (jika kamu menggambar dengan pensil yang sama), tebal-tipis agak tidak konstan (sering digunakan pada pembuatan ilustrasi), dan tebal-tipis yang benar-benar bebas (saat menggunakan kuas gambar). Kalau kamu lebih suka yang mana, GenK?

Baca Juga   Psikologi Warna: Cara Mengenal Seseorang lewat Warna Favoritnya

Pengaplikasian Line Art di Dalam Desain

desain line art 2

Desain line art (sumber: behance.net/PabloCabrera)

Mampu mengkombinasikan antara gambar dan tulisan merupakan keunggulan line art. Makanya gaya gambar ini kerap digunakan dalam ranah desain grafis sampai fashion. Berikut adala beberapa bentuk desain yang menggunakan garis sebagai komponen utamanya. Cekidot!

1. Logo

Sebelumnya kami pernah membahas tentang jenis-jenis logo, salah satunya adalah jenis logo kombinasi. Logo yang satu ini menggunakan gabungan teks dan gambar nyata atau abstrak. Karena menggunakan teks dan gambar secara berdampingan, mendesain dengan garis menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendesain logo tersebut. 

2. Curriculum vitae

Selain itu, line art digunakan untuk mendesain curriculum vitae yang merupakan daftar riwayat hidup berisikan gambaran pengalaman kamu selama menempuh pendidikan dan pekerjaan tertentu guna memenuhi suatu kualifikasi.

Dengan menggunakan desain garis dan outline, kamu dapat menciptakan desain sederhana yang memukau. Tidak memerlukan banyak warna, cukup warna-warna dasar seperti monokrom atau bereksperimen dengan warna eye catching.

3. Web Design

Berikutnya cocok diaplikasikan untuk perancangan web design. Sebuah situs web yang baik adalah situs yang mampu menampilkan desain UI yang mampu dipahami oleh penggunanya. Tidak perlu desain yang rumit, tetapi desain sederhana mudah dioperasikan. Line art bisa menjadi salah satu opsi yang tepat jika kamu ingin membuat desain sederhana tapi tetap menarik.

4. Desain Baju

Kalau kamu lihat di menu pencarian baju di toko online, mereka didominasi dengan desain line art sebagai gambar sablon. Misalnya hasil tracing bentuk outline wajah artis atau objek estetis lainnya. Semuanya laku banget di pasaran, GenK! Buat kamu yang baru ingin merintis bisnis online, menjual kaos dengan desain garis dan outline bisa menjadi salah satu pilihan barang daganganmu.

Baca Juga   Macam-Macam Aliran Seni Rupa yang Harus Kamu Ketahui

Cara Membuat Line Art di Adobe Illustrator

Ternyata banyak banget kan manfaat line art untuk dunia desain? Supaya gak ketinggalan, yuk kita belajar cara bikinnya dari video tutorial yang diunggah oleh Michael Tierney di channel YouTube-nya. 

Caranya tergolong mudah, GenK, kamu hanya membutuhkan satu file foto dan software edit foto Adobe Illustrator. Langsung saja kita masuk ke step pertama. Cekidot!

Step 1 – Buat artboard baru

tutorial line art 1

Membuat new artboard (sumber: YouTube Michael Tierney)

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah membuat artboard baru di Adobe Illustrator. Caranya adalah dengan klik menu ‘File’ > ‘New’. Kemudian atur presets ‘New Document’ yang muncul secara otomatis. Ubah ukurannya menjadi 1080 x 1920 pixels dalam format portrait. Jika sudah diisi semua, klik tombol ‘OK’.

Step 2 – Maasukkan foto ke dalam artboard

Pilih satu foto yang akan kamu gunakan sebagai referensi dasar yang nantinya akan di-tracing dalam bentuk outline. Karena masih pemula, pilihlah foto yang tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan detail garis yang berarti. Untuk cara memasukkan file foto ke dalam artboard, klik ‘File’ > ‘Place’ > pilih satu file foto > ‘Place’.

Step 3 – Ubah posisi foto

tutorial line art 2

Mengubah posisi foto (sumber: YouTube Michael Tierney)

Jika foto sudah tampil di artboard, sekarang buka kunci di layer foto supaya kamu bisa leluasa memindahkan dan mengubah ukuran foto. Supaya posisi foto lebih pas, kamu klik ‘Artboard Tool’ > lalu double click di foto. Nah, kalau sudah, kunci lagi layer foto tersebut.

Step 4 – Membuat outline di layer baru

Sekarang saatnya membuat outline nih, GenK. Supaya garisnya bisa dipisahkan dengan foto, kamu mesti membuat layer baru terlebih dahulu. Kemudian letakkan layer baru tersebut di atas layer foto. Agar lebih mudah, ubah nama layer baru menjadi “Line”.

Baca Juga   Tips dan Trik Digital Painting untuk Pemula

Step 5 – Mulai membuat garis

tutorial seni garis 3

Bentuk garis sesuai foto (sumber: YouTube Michael Tierney)

Gunakan ‘Pen Tool’ untuk membuat garis. Jika kamu ingin membuat garis tegak lurus tarik ‘Pen Tool’ sambil menekan tombol ‘Shift’ di keyboard PC atau laptopmu. Pastikan layer “Line” sudah aktif, kemudian mulai tracing foto dari bagian yang paling mudah. Misalnya kamu ingin menggambar wajah, mulailah dari alis atau kerangka wajah. Ikuti struktur alis sesuai foto untuk menghasilkan karya line art yang memukau.

Step 6 – Lanjut membuat garis sampai selesai

tutorial gambar garis 4

Hasil akhir outline (sumber: YouTube Michael Tierney)

Buat sampai seluruh bagian utama yang ada di foto sudah kamu tracing dalam bentuk outline. Jika sudah selesai klik tombol ‘Toggles Visibility’ sampai ikon berbentuk mata di layer foto menghilang, dengan begitu kamu dapat melihat hasil line art secara keseluruhan. 

Itu dia penjelasan seputar line art dan cara membuatnya, mudah bukan? Sebenarnya kamu juga bisa membuat outline di aplikasi edit foto lainnya seperti PicsArt yang bisa dengan mudah kamu akses di ponsel. Yuk sekarang coba membuat desain garis ala kamu, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

            Artikel Selanjutnya