Seni Rupa & Desain

Mudah Banget! Ini Teknik Dasar Cara Membuat 3D di Photoshop

cara membuat 3d di photoshop

Kita hidup di masa keemasan teknologi 3D. Di mana-mana bisa kita temukan berbagai karya seni, model-model arsitektur, simulasi biologis, karakter fantasi, mesin futuristik hingga objek yang wujudnya hampir bisa dibilang realistis dalam jumlah yang nggak terhitung lagi. Tahukah kamu kalau sebagian besar grafik tersebut melalui proses pembuatan atau pengeditan dari sebuah aplikasi bernama Photoshop? Photoshop sendiri merupakan satu aplikasi yang begitu populer di kalangan graphic designer. Aplikasi ini sangat banyak digunakan karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan. Salah satunya adalah untuk bikin gambar 3 dimensi. Yups, dimulai dari pengeditan tekstur hingga sentuhan akhir. Nah, kalau kamu tertarik mencoba membuat gambar 3D dengan aplikasi canggih ini, tapi kamu adalah pemula di bidang desain grafis, berikut ini cara membuat gambar 3D di Photoshop dengan teknik dasar:

1. Langkah Dasar Membuat Gambar 3D dengan Photoshop

membuat 3d photoshop

sumber: ytimg.com

Pertama-tama, bukalah aplikasi Photoshop di perangkatmu. Kemudian pilih Window, lalu pilih 3D dan tekan Create. Kalau kamu ingin memodifikasi efek 3 dimensi, pilihlah opsi yang sama dengan Create Now. Selanjutnya klik dan pilih Current View kemudian geser mouse kamu untuk menyesuaikan perspektif kamera yang diinginkan. Untuk menampilkan source cahaya, kamu bisa memilih View dan klik Show. Selain itu, kamu juga bisa mengatur panel efek cahaya 3 dimensi. Jika kamu mau mengedit gambar yang sudah dibuat, gunakan panel Properties lalu klik Edit Source dan geser kursor untuk mengganti perubahan yang diinginkan.

Kamu juga dapat menambahkan layer baru dengan cara pilih New 3D Layer dari file yang ada di desktop PC atau laptopmu, loh. Cukup mudah kok, cara membuat gambar 3 dimensi di aplikasi Photoshop. Sebagai latihan awal, kamu bisa menggambar bentuk-bentuk dasar terlebih dahulu. Baru kalau sudah mulai jago, bisa mencoba berbagai figur atau karakter tertentu yang kamu inginkan.

Baca Juga :   5 Langkah Mudah dan Tercepat Menambah Font Di Photoshop

2. Langkah Dasar Mengedit gambar 2D Jadi 3D dengan Photoshop

mengubah 2d ke 3d

sumber: ytimg.com

Selain bisa membuat gambar 3 dimensi di aplikasi Photoshop, kamu juga bisa mengedit gambar 2D menjadi 3 dimensi, loh. Bagaimana caranya? Berikut kami berikan sedikit cara mudah mengubah gambar 2D menjadi 3D dengan Photoshop:

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

QuizSeni Rupa & Desain

Hidangan Jepang Mana Yang Sudah Pernah Kamu Coba?

Seni Rupa & Desain

Pembatas Akrilik Puzzle Terobosan Baru Tangani Penyebaran Virus COVID-19