Cara Membuat Power Point Kreatif

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat power point

Power Point merupakan sebuah software yang dapat mempermudah kamu untuk menyajikan materi presentasi di depan umum. Namun, dengan desain yang kreatif, materi yang disajikan bisa membuat audiens merasa tertarik dan lebih fokus. Makanya, kamu perlu banget pelajari cara membuat Power Point kreatif. Dari zaman masih sekolah, kuliah, hingga saat masuk ke dunia kerja, presentasi adalah salah satu kegiatan yang hampir tidak bisa kamu hindari. Untuk membuat slide materi presentasi, Microsoft Power Point merupakan salah satu perangkat lunak yang paling umum digunakan.

Akan tetapi, kamu tetap perlu mengemas materi presentasimu dengan menarik namun tetap sederhana agar audiens tidak bosan dan tetap fokus. Maka dari itu, kamu perlu tahu elemen desain apa saja yang dapat digunakan untuk menunjang presentasimu. Kamu jangan takut dulu, sebab kami akan membagikan cara membuat Power Point kreatif. Cara ini bisa langsung diterapkan di dalam desain presentasi buatanmu. Yuk langsung saja disimak cara-caranya!

1. Melihat Inspirasi Desain Power Point di Pinterest

cara membuat power point 2

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Pinterest merupakan salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mencari inspirasi desain Power Point. Di sana, kamu dapat menemukan desain kreatif yang super keren dengan mudah dan memilih tema yang diinginkan. Dari inspirasi desain yang sudah kamu temukan, pilih beberapa desain yang akan menjadi konsep dasar desain Power Point buatanmu. Namun jangan lupa, kamu juga perlu memperhatikan desain yang sesuai dengan tujuan presentasi dan target audiens. Kami memiliki beberapa contoh desain di Pinterest yang dapat menginspirasi kamu saat membuat PowerPoint. Ini dia contohnya.

cara membuat power point 4

Template desain PowerPoint kreatif Kelsey (sumber: creativemarket.com)

cara membuat power point 2

Contoh desain PowerPoint kreatif (sumber: creativemarket.com)

2. Menerapkan Metode ATM

cara membuat power point 6

Ilustrasi menerapkan sistem ATM (sumber: unsplash.com)

Setelah memilih beberapa desain yang cocok menurutmu, lakukan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Buat kamu yang belum terlalu paham soal desain, metode ini manjur banget. Tahapan pertama dari metode ATM adalah Amati. Cari beberapa desain yang menurutmu menarik, lalu amati elemen-elemennya untuk dijadikan referensi dalam desain Power Point buatanmu.

Selanjutnya adalah Tiru, yang berarti meniru gaya desain dari referensi pilihanmu. Eits, tapi jangan salah, tiru di sini bukan berarti menjiplak karya orang lain. Referensi desain pilihanmu hanya dijadikan sebagai kerangka awal desain Power Point dan nantinya akan diedit lagi lebih lanjut. Lalu yang terakhir adalah Modifikasi, yang berarti memodifikasi karya yang sudah kamu amati dan kamu tiru untuk diberi bumbu khas sesuai gaya dan kreativitasmu.

Baca Juga
5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

3. Memilih Layout Sederhana

Layout slide presentasi (sumber: behance.net/GraphicAssets)

Apa itu layout? Layout adalah tata letak yang digunakan untuk menempatkan elemen desain di dalam sebuah bidang. Tujuannya adalah agar desain menjadi lebih tertata, rapi, dan enak dipandang mata. Sebenarnya, Microsoft Power Point sendiri sudah menyediakan beberapa desain layout gratis, tetapi tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri. Pemilihan layout dapat disesuaikn dengan kebutuhan dan seleramu. Misalnya, kamu harus menata penempatan tulisan agar tidak terlihat sumpek dan penuh. Tidak perlu ragu untuk memilih layout, karena yang sederhana sekali pun bisa menjadi istimewa jika digabungkan dengan kreativitas.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari

Seni Rupa & Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa & Desain

Yuk Intip Tips Instastory Kreatif yang Bikin Konten Jadi Atraktif

Seni Rupa & Desain

Bikin Tulisan Kece Lewat 8 Aplikasi Pembuat Font Ini

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link