Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

Dibaca Normal: 4 menit aja
mengenal-desain-memphis

Terdapat beragam gaya desain masa kini yang dapat kamu temukan baik secara langsung maupun melalui media sosial. Namun, apakah kamu pernah dengar soal desain Memphis? Gaya desain yang satu ini sudah mulai banyak diterapkan pada pernak-pernik kamu loh, GenK!

Sejarah Desain Memphis

Jadi, Memphis pertama muncul sekitar tahun 1980-an, diperkenalkan oleh Ettore Sottsass. Ettore Sottsass adalah seorang desainer yang lahir di Innsbruck, Austria, namun besar di Italia. Ia memiliki keunikan dalam setiap desainnya. Keunikan inilah yang menjadi inspirasi bagi banyak desainer muda yang mulai bermunculan setelahnya.

Ettore Sottsass

Ettore Sottsass (sumber: livemint.com)

Pada tahun 1981, Sottsass bersama dengan desainer dan arsiteknya mulai membuat grup Memphis. Awalnya, mereka merilis 40 buah koleksi yang berhubungan dengan desain interior, seperti mebel, keramik, dan lampu.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Meski Sottsass lebih banyak berkecimpung di bidang arsitektur, ia juga sukses dalam merancang toko, pameran interior, elektronik, dan berbagai furnitur. Setelah itu, Sottsass dan grupnya terus menjalankan usaha desainnya yang berbasis di London dan Milan.

Ciri Khas Desain Memphis

Hal yang menjadi ciri khas dalam desain Sottsass ialah nuansa yang fun dan eye catching. 🤩 Ini dapat dilihat dari segi pemilihan elemen warna dan pola yang digunakan. Elemen-elemen unik itu pula yang Sottsass gunakan untuk membuat aliran desain baru yang sekarang kita kenal dengan sebutan Memphis.

Bisa dibilang, Memphis merupakan gaya desain yang penuh dengan kebebasan. Bentuknya yang tidak beraturan, warna yang mencolok, dan pola yang unik membuat gaya desain Memphis tampak ramai dan ceria.

(sumber: redbubble.net)

Bila dilihat dari segi warna, warna yang diaplikasikan oleh Sottsass untuk Memphis lebih didominasi dengan warna-warna primer, yaitu merah, hijau, dan biru. Tetapi, Memphis juga sering menggunakan warna kuning dan hitam. Warna hitam pada Memphis biasanya digunakan untuk mempertegas gambar dan membuat gambar terlihat lebih tebal.

Walaupun warna primer tetap mendominasi, sekarang sudah terjadi banyak modifikasi dalam Memphis. Warna-warna pastel, misalnya, kerap ditemukan dalam desain Memphis masa kini.

Baca Juga
6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Merealisasikan Ide dengan 5 Tahapan Design Thinking Berikut Ini

Seni Rupa & Desain

Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini Dia Fenomena Ilusi Optik di Sekitar Kita

Seni Rupa & Desain

Ini Dia Tutorial Cara Menggambar Wajah Lengkap!

Seni Rupa & Desain

Hand Lettering, Teknik Menggambar Huruf Kekinian

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link