Mengenal Lukisan Abstrak Lebih Dalam

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
lukisan abstrak

Apakah kamu pernah melihat sebuah lukisan yang tidak beraturan? Bisa jadi karya yang kamu lihat saat itu adalah lukisan abstrak. Ternyata di balik jenis lukisan ini terdapat ciri yang membedakannya dengan lukisan lain, GenK. Bukan hanya itu, jenis lukisan ini masih punya banyak keunikan lainnya loh.

Memang lukisan ini merupakan salah satu aliran seni rupa yang sulit dipahami. Bentuknya yang tidak masuk akal, acak-acakan, dan tidak membentuk sebuah objek membuat siapa saja bertanya-tanya apa makna di balik lukisan tersebut. Sayangnya, hanya si pelukis lah yang tahu apa makna di baliknya.

Namun terkadang, lukisan abstrak memang tidak memiliki makna loh. Karena menurut para seniman, lukisan bisa menjadi media berekspresi seseorang.

Lukisan Abstrak 1

             Lelang lukisan abstrak (sumber: money.cnn.com)

Lalu mengapa lukisan yang tidak masuk akal dan terkadang tidak memiliki makna ini memiliki banyak penggemar, bahkan dari kaum elit? Banyak loh lukisan abstrak yang dibanderol dengan harga yang tinggi. Keren banger kan, GenK!

Daripada penasaran, langsung saja disimak penjelasan singkat berikut ini.

Apa Itu Lukisan Abstrak?

Menurut KBBI. “abstrak” artinya tidak berbentuk atau tidak berwujud. Di dalam seni rupa, abstrak diambil dari definisi yang sama. Seni abstrak memang tidak menunjukkan objek di dalam dunia nyata. Semua gambar menggunakan warna dan bentuk yang nonrepresentatif alias tidak mewakili sesuatu.  

Lukisan Abstrak 2

                 Lukisan abstrak (sumber: unsplash.com)

Lukisan bergaya abstrak seringkali lahir dari imajinasi seniman saat ia mengolah gagasan unsur seni rupa, yaitu titik, garis, bentuk, warna, dan lain-lain. Itulah kenapa wujudnya tidak realistis dan tidak natural. Kamu mungkin tidak akan memahami apa sebenarnya rupa dari objek yang digambar oleh seniman.

Baca Juga   Cara Membuat Poster Film Sesuai Genre

Adakalanya, lukisan abstrak tidak menggambar makhluk hidup, pemandangan, atau referensi lainnya yang terdapat di dunia nyata. Aliran lukisan ini memang unik banget, GenK. Makanya lukisan ini tampak seperti coretan asal di atas kanvas.

Eits tapi jangan salah, lukisan ini merupakan tempat berekspresi para seniman loh. Bisa jadi terdapat banyak cerita yang tidak kamu ketahui di balik lukisan tersebut.  

Sejarah Lukisan Abstrak

Supaya lebih mengenal apa itu aliran seni abstrak, kamu perlu mengetahui bagaimana perjalanan seni ini dari dulu sampai dikenal oleh masyarakat umum.

Sebenarnya lukisan abstrak sudah ada sejak zaman dahulu kala. Berbagai peninggalan prasejarah mampu memperlihatkan kalau sejak ribuan tahun yang lalu, para nenek moyang sudah mulai membuat gambar di dinding-dinding gua.

Lukisan Abstrak 3

           Lukisan di Marsoulas (sumber: newscientist.com)

Gambar-gambar ini dibuat menggunakan kapur, arang, dan lain-lain. Salah satu teknik yang paling terkenal adalah dengan menempelkan tangan di dinding gua, sehingga membentuk sebuah cap telapak tangan. Kemudian cap tersebut disembur menggunakan kunyahan dedaunan atau benda-benda alami lainnya yang menghasilkan warna. Pokoknya semua serba sederhana deh.

Baca Juga   Cara Membuat Logo Mudah dan Kreatif

Walaupun sederhana, tetapi gambar tak beraturan ini memiliki makna yang dalam. Dengan cara inilah para nenek moyang menceritakan kehidupan mereka, seperti berburu dan membuat perangkap.  

Dari sini dapat diartikan bahwa seni lukis adalah media komunikasi dan dokumentasi kejadian-kejadian di masa lampau sebelum adanya kamera.  

Kembali lagi ke sejarah lukisan abstrak. Lambat laun, para nenek moyang menjadi ahli dalam melukis dan mereka lebih tertarik untuk melukis dibandingkan harus berburu di hutan. Fenomena ini bisa terjadi karena di dalam diri mereka mulai muncul sebuah cita rasa keindahan dari bentuk dan susunan tertentu. Sejak saat itulah muncul seniman pertama di dunia dan kegiatan menggambar di dalam gua tersebut berubah menjadi kegiatan seni melukis.

Ciri-Ciri Lukisan Abstrak

Lukisan abstrak memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dari aliran seni lukis lainnya. Salah satu yang paling jelas adalah wujudnya. Dari wujudnya saja, kamu tahu bahwa tidak ada hal yang konkret di dalamnya.

Tapi, agar kamu lebih mengenal aliran lukis ini, kamu perlu menyimak ciri-ciri lainnya, GenK!

Lukisan Abstrak 4

                        Lukisan abstrak (sumber: unsplash.com)

  1. Bentuk tidak dapat dikenali, karena sesuai dengan definisi abstrak yaitu tidak berbentuk atau tidak berwujud.
  2. Menggunakan warna dan bentuk yang tidak realistis, sehingga tidak akan kamu temukan di dunia nyata.
  3. Lebih peka soal komposisi warna dan umumnya menggunakan cat dengan warna-warna menonjol sebagai media lukis.
  4. Menghadirkan hal-hal yang tidak bersifat visual, contohnya seperti emosi seseorang, suara, bahkan pengalaman spiritual. Semuanya serba tidak konkret, GenK.

Lukisan Abstrak Termahal di Dunia

Seperti yang sudah kamu ketahui, penggemar lukisan ini umumnya berasal dari kaum elit. Maka tak tanggung-tanggung, mereka rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendapatkan satu karya. Berikut adalah beberapa lukisan abstrak termahal di dunia, siapa tahu kamu ingin memiliki salah satunya, GenK!

Lukisan Abstrak 5

             No.6 (Violet, Green, and Red) karya Mark Rothko (sumber: etsy.com)

Lukisan Abstrak 6

   Les Femmes d’Alger karya Pablo Picasso (sumber: christies.com)

Lukisan Abstrak 7

Le Reve karya Pablo Picasso (sumber: pablopicasso.org)

Tips Mengapresiasi Lukisan Abstrak

Setelah kalian mengetahui seluk-beluk lukisan jenis ini, kami akan membagikan tips untuk mengapresiasi lukisan abstrak. Tips ini cocok banget buat kamu yang masih awam dengan aliran lukisan ini. Yuk, cobain, GenK!

Baca Juga   17 Cara Mudah Membuat Komik

Lukisan Abstrak 8

Ilustrasi mengapresiasi lukisan abstrak (sumber: unsplash.com)

  1. Rasakan emosi yang disampaikan seniman di dalam lukisan, karena seniman pasti menuangkan semua keresahan, kebahagian, atau apa pun yang sedang dirasakannya ke dalam sebuah lukisan. Biasanya rasa ini muncul saat pertama kali mata kamu melihat lukisan tersebut. Rasa ini bisa saja datang dari warna atau garis yang ada di dalam lukisan.
  2. Pelajari latar belakang seniman, karena setiap seniman memiliki ceritanya masing-masing. Biasanya seniman membuat lukisan berdasarkan pengalaman yang pernah ia alami.
  3. Jangan mencari makna, karena tidak semua lukisan memiliki makna. Bisa saja lukisan tersebut adalah media ekspresi bebas dari seniman.
  4. Jangan mencari bentuk konkret di dalam lukisan abstrak, karena kamu tidak akan menemukannya, GenK. Kalaupun kamu menemukannya, mungkin itu hanyalah ilusi mata yang terjadi saat kamu melihat ke arah lukisan secara intens.
  5. Keindahan itu bersifat subjektif, karena tidak semua seni bisa memuaskan kamu. Setiap orang memiliki pandangan dan seleranya masing-masing. Tidak perlu memaksakan untuk menyukai lukisan jenis ini. Apalagi sampai menghakimi karya orang lain, GenK.


Itu dia penjelasan singkat seputar lukisan abstrak, mulai dari definisi, sejarah, ciri-ciri, dan tips untuk mengapresiasinya. Jadi, kalau nanti kamu menemukan lukisan bergaya abstrak, kamu tidak bingung lagi deh, GenK!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Rambut Anime dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

            Artikel Selanjutnya