Mengenal Lukisan Abstrak Lebih Dalam

Dibaca Normal: 4 menit aja
lukisan abstrak

Apakah kamu pernah melihat sebuah lukisan yang tidak beraturan? Bisa jadi karya yang kamu lihat saat itu adalah lukisan abstrak. Ternyata di balik jenis lukisan ini terdapat ciri yang membedakannya dengan lukisan lainnya. Bukan hanya itu, jenis lukisan ini masih punya banyak keunikan lainnyaMemang, lukisan ini merupakan salah satu aliran seni rupa yang sulit dipahami. Bentuknya yang tidak masuk akal, acak-acakan, dan tidak membentuk sebuah objek membuat siapa saja bertanya-tanya apa makna di balik lukisan tersebut. Sayangnya, hanya si pelukis lah yang tahu apa makna di baliknya.

Namun terkadang, lukisan abstrak memang tidak memiliki makna. Karena menurut para seniman, lukisan bisa menjadi media berekspresi seseorang. Lalu mengapa lukisan yang tidak masuk akal dan terkadang tidak memiliki makna ini memiliki banyak penggemar, bahkan dari kaum elit. Banyak loh lukisan abstrak yang dibanderol dengan harga yang tinggi. Keren banget kan? Daripada penasaran, langsung saja disimak penjelasan singkat berikut ini.

Apa Itu Lukisan Abstrak?

Lukisan Abstrak 2

                 Lukisan abstrak (sumber: unsplash.com)

Menurut KBBI, ‘abstrak’ artinya tidak berbentuk atau tidak berwujud. Di dalam seni rupa, abstrak diambil dari definisi yang sama. Seni abstrak memang tidak menunjukkan objek di dalam dunia nyata. Semua gambar menggunakan warna dan bentuk yang nonrepresentatif alias tidak mewakili sesuatu. Lukisan bergaya abstrak seringkali lahir dari imajinasi seniman saat ia mengolah gagasan unsur seni rupa, yaitu titik, garis, bentuk, warna, dan lain-lain. Itulah kenapa wujudnya tidak realistis dan tidak natural. Kamu mungkin tidak akan memahami apa sebenarnya rupa dari objek yang digambar oleh seniman. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Adakalanya, lukisan abstrak tidak menggambar makhluk hidup, pemandangan, atau referensi lainnya yang terdapat di dunia nyata. Aliran lukisan ini memang unik banget. Makanya lukisan ini tampak seperti coretan asal di atas kanvas. Eits tapi jangan salah, lukisan ini merupakan tempat berekspresi para seniman loh. Bisa jadi terdapat banyak cerita yang tidak kamu ketahui di balik lukisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Ragam Jenis Ilusi Optik: Trik Sulap atau Fenomena Sains?

Seni Rupa & Desain

Bikin Tulisan Kece Lewat 8 Aplikasi Pembuat Font Ini

Seni Rupa & Desain

Imajinasi Jadi Kenyataan dengan 3D Pen

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Desain Kemasan untuk Pemula

Seni Rupa & Desain

Mau Bikin Desain Kemasan? Yuk Kenali Produknya Dulu!

Seni Rupa & Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>