Yuk, Coba Bikin Mind Mapping, Seni Praktis Mengembangkan Ide

Dibaca Normal: 6 menit aja
mind mapping adalah

Mind mapping adalah salah satu cara efektif untuk mengembangkan ide. Cocok banget buat kamu yang berkecimpung di industri kreatif loh. Di artikel ini kami akan membahasnya lebih dalam, GenK. Yuk jangan sampai ketinggalan!

Kamu punya segudang ide, tapi kamu bingung bagaimana menghubungkannya? Atau kamu gak tahu apa lagi yang harus kamu lakukan setelah menemukan ide cemerlangmu? Sayang banget kan kalau cuma dipendam. Salah satu solusinya, GenK, adalah dengan membuat mind map. 😁

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Ngomong-ngomong, cara ini sudah kamu pelajari sejak zaman sekolah loh. Ingat gak dulu pernah disuruh membuat kerangka pikiran yang cabangnya banyak ini? Ternyata ilmu yang kamu dapat bertahun-tahun silam ini berguna banget untuk kamu terapkan di masa sekarang.

Kuliah? Kerja? Semua bisa, GenK.

Apalagi jika kamu adalah seseorang yang berkiprah di dunia kreatif. Di mana kamu selalu ditagih ide-ide baru setiap harinya. Kalau kreativitas mandek jadinya gak produktif deh.

mind map adalah 1

Contoh peta pikiran (sumber: pexels.com)

Sebenarnya membuat pemetaan konsep tidak rumit kok, yang terpenting kamu jangan takut untuk menuangkan ide segila apa pun ke dalamnya. Anggap saja mind map menjadi wadah kamu untuk mengerahkan seluruh kreativitasmu, GenK.

Kalau dulu mind map bentuknya hanya sebatas ide pokok yang tulis dengan ala kadarnya, sekarang bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk dan warna.

Kece banget deh! 😏

Yuk kita simak selengkapnya!

Apa Itu Mind Map?

Dipopulerkan pertama kali oleh Tony Buzan pada tahun 1974. Ia merupakan seorang Psikolog yang berasal dari Inggris. 

Setelah dikembangkan, akhirnya metode pemetaan ini mulai diaplikasikan di berbagai bidang, terutama bidang pendidikan seperti sekolah.

Mind mapping adalah sebuah metode yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa ide dan konsep dalam bentuk grafis. Atau dalam kata lain merupakan alat berpikir visual untuk menyusun informasi dengan cara yang terspesialisasi. 

Dengan membuat pemetaan ide memungkinkan kamu untuk menganalisis, memahami, mengingat, dan menghasilkan ide-ide baru dengan lebih baik.

Orang yang Sangat Logis Akan Kesulitan Membuat Mind Map

Selain kelebihan yang sudah kami sebutkan di atas, ternyata peta pikiran juga punya kelemahan loh. Membuat pemetaan pikiran mungkin akan terasa sulit bagi orang-orang yang sangat logis dalam berpikir. 

mind mapping adalah 4

Ilustrasi berpikir logis (sumber: pexels.com)

Saat melakukan brainstorming ide, tentu kamu harus membiarkan ide-ide mengalir dengan bebas. Namun bagi orang yang logis, sulit untuk mempercayai sisi intuisi mereka. Karena logika sudah memberitahu mereka kalau cara berpikir abstrak itu tidak mungkin.

Mereka akan selalu memastikan dulu kalau ide yang akan mereka buat masuk akal dan dapat dikembangkan dengan peta pikiran.

Kelemahan ini bisa menjadi pengingat buat kamu, GenK. Namun jangan sampai lupa dengan keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan saat membuat peta pikiran. 

Bagaimana Cara Membuat Mind Map?

Yuhuuu~ Saatnya praktik, GenK! 🤣

Siapkan alat tulis seperti kertas, pulpen, spidol, pensil warna, dll. Jika sudah langsung saja ke step pertama yuk!

Step 1 – Pahami dasar-dasar mind mapping

Mind mapping adalah seni yang menyenangkan dan praktis, jadi jangan dibawa stres. Tenangkan pikiran, lalu ikuti dasar-dasarnya:

  • Start, mulailah menuliskan ide pokok di tengah halaman kosong. Tulis atau gambarkan ide yang ingin kamu kembangkan. Sebaiknya buat di atas kertas landscape, GenK.
  • Develop, kembangkan sub topik di sekitar topik sentral secara bercabang. Kemudian hubungkan masing-masing topik tersebut dengan topik utama.
  • Repeat, ulangi proses yang sama untuk sub topik berikutnya dengan membuat cabang yang lebih rumit lagi. 

Step 2 – Temukan alat untuk membuat peta pikiran

Kamu bisa membuat peta pikiran secara manual atau digital. Tinggal pilih salah satu, GenK.

  • Manual, kamu membutuhkan selembar kertas besar supaya bisa menulis banyak ide di dalamnya dan juga alat tulis. Keuntungannya membuat secara manual adalah kamu dapat mengkreasikan halaman dengan desain yang lebih bebas.
  • Digital, terdapat beberapa aplikasi untuk membuat pemetaan pikiran secara gratis. Keuntungan membuat secara digital adalah tidak perlu takut salah. Karena tinggal hapus tanpa meninggalkan bekas deh. Digital juga praktis untuk digunakan kapan saja dan di mana saja.
Baca Juga
Kenapa Proses Kreatif Itu Penting?

Step 3 – Menentukan topik atau ide utama

Sebuah peta pikiran harus punya tujuan. Jika tidak punya, maka hasil akhirnya tidak lebih dari sekadar desain poster yang terlihat rumit. Coba pilih satu topik utama. Agar lebih fokus fokus untuk mencapainya.

Seperti manfaat mind map yang sudah kami sebutkan sebelumnya, yaitu untuk mencapai goals. 💪

mind mapping adalah 5

Contoh topik utama (sumber: pexels.com)

Jika sudah ditentukan, tulis idemu di tengah halaman. Dari sinilah kamu akan membangun cabang dan memvisualisasikan langkah-langkah berikutnya.

Cobalah untuk membuat tema yang deskriptif. Gunaya untuk mempermudah kamu saat membuat area lebih lanjut dalam peta pikiran.

Apa pun idemu tuangkan saja, GenK. Masalah pemetaan pasti bisa dengan mudah kamu lakukan setelahnya. Biarkan mengalir seperti air. 😊

Step 4 – Buat cabang yang lebih detail

Sekarang saatnya kamu membuat pemetaan yang lebih detail. Cabang ini merupakan terusan dari topik utama. Misalnya topik utama adalah “Hidup Minimalis”, maka cabangnya adalah “Cara Hidup Minimalis”.

Setiap penambahan sub topik akan membuat mind map buatanmu semakin terperinci dan semakin detail. Akan tetapi tetap gunakan kata kunci supaya tidak perlu banyak menulis kata. Kamu harus memastikan ada ruang kosong yang cukup untuk desain lainnya, GenK.

Step 5 – Masuk ke tahap repeat

Ulangi step nomor 4 dan turun lagi ke tingkat detail yang lebih besar.

Sub topik yang sudah dibuat cabang, kemudian dibagi lagi. Tahap ini dilakukan sampai kamu telah memasukkan detail sebanyak yang kamu perlukan ke dalam peta pikiran.

Setelah itu coba baca lagi, apakah topik paling ujung masih bisa dicabang lagi atau tidak, GenK.

Step 6 – Kreasikan mind map

mind mapping adalah 7

Contoh pemetaan pikiran (sumber: sites.google.com)

Siapkan alat gambar untuk menghias peta pikiran. Ini gak akan jauh beda dari studyblr. Misalnya kamu sedang membahas tentang podcast di peta pikiran, coba cantumkan gambar-gambar seperti microphone dan mixer

Hias dengan menggunakan spidol, pensil warna, cat air, atau apapun peralatan yang kamu sukai untuk menggambar. 

Namun kamu harus berhati-hati, GenK. Jangan sampai gambarnya terlalu rumit, sehingga peta pikiran buatanmu sulit dimengerti alurnya. 🤭

Baca Juga
Meningkatkan Produktivitas dengan To Don’t List

Aplikasi Mind Mapping

Kami punya nama-nama aplikasi yang bisa banget kamu gunakan untuk membuat mind map secara digital. Bisa kamu buat di mana saja dan kapan saja. Dikejar deadline pun bisa kamu atasi dengan cepat.

Ini dia nama aplikasinya, GenK!

1. Coogle

mind mapping adalah 7

Aplikasi Coogle (sumber: rampages.us)

Aplikasi yang pertama akan kami bahas adalah Coogle. Ini sangat mudah digunakan loh. Cukup buka situs webnya, kemudian sign up. Kamu dapat mendaftar lewat Google. 

Kamu bisa mempelajari kontrolnya hanya dalam satu menit. Cepet banget deh untuk beradaptasi dengan aplikasinya. Mulai dari menulis topik utama, membuat cabang, dan mengganti warna. 

Desainnya sangat bersih dan sederhana. Sehingga tidak masalah kalau kamu ingin membuat banyak cabang karena tidak membingungkan dan sumpek. 🤗

2. MindMeister

mind mapping adalah 8

Aplikasi MindMeister (sumber: cleverism.com)

Aplikasi mind map lainnya adalah MindMeister

Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat rencana proyek yang terperinci. Tampilan UI-nya juga terlihat bagus. Di sini kamu juga dapat membuat tayangan slide peta pikiran dengan menggunakan transisi dan efek keren lainnya.

Caranya sangat mudah. Cukup buka situs webnya, kemudian sign in dengan akun Google. 😆

Saat sudah masuk langsung tulis topik utama. Kemudian tekan lambang plus untuk menambahkan sub topik. Posisi sub topik bisa kamu pindah sesuka hati dengan cara di-drag. Warnanya juga bisa kamu ganti-ganti loh. Simple dan kreatif!

3. XMind

mind mapping adalah 9

Aplikasi XMind (sumber: xmind.net)

Berikutnya adalah XMind yang merupakan aplikasi untuk membuat peta pikiran yang sangat fleksibel. Ini merupakan kelebihannya. Sangat mudah karena memiliki berbagai pilihan grafis untuk membuat diagram dan desain lainnya.

Saat masuk ke dalam situs webnya, kamu langsung diberi dua pilihan, yaitu free download dan buy now. Tekan free download agar aplikasi tersebut langsung terpasang di perangkatmu.

Aplikasi ini masih berfungsi dengan baik di Windows 10 loh

Coba unduh dan mulai buat peta pikiranmu, GenK!

Baca Juga
Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

Contoh Mind Mapping

Berikut adalah contoh desain yang bisa menjadi referensi kamu saat merancang pemetaan pikiran. Ada yang dibuat secara manual dan ada pula yang dibuat secara digital.

Yuk cus! 😁

mind mapping adalah 10

Model desain mind map manual (sumber: kirahfineart.wordpress.com)

 

mind mapping adalah 11

Desain mind mapping (sumber: behance.net/ogilvynotes)

 

mind mapping adalah 12

Gambar mind map digital (sumber: chrome.google.com)


Mind mapping adalah jawaban dari segala keresahanmu selama ini, GenK. Gak perlu bingung lagi kalau ingin menuangkan ide. Tinggal bikin peta pikiran secara manual maupun digital. Jadi deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Shibori, Teknik Celup Khas Jepang yang Mirip Batik 

Seni Rupa & Desain

1001 Arti Emoji: Dari Mana Asalnya? Kenapa Warnanya Kuning?

Seni Rupa & Desain

Ragam Jenis Ilusi Optik: Trik Sulap atau Fenomena Sains?

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa & Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa & Desain

5 Cara Ampuh Mengatasi Art Block Biar Ide Lancar Terus

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>