Cara Membuat Nirmana Sedotan Mudah dan Gak Ribet

Dibaca Normal: 4 menit aja
nirmana sedotan

Anak yang kuliah di jurusan desain pasti tahu banget sama yang namanya nirmana. Suatu hari seorang dosen memberi tugas untuk membuat nirmana trimatra sedotan. Nih, kami punya cara membuat nirmana sedotan khusus buat GenKreativv yang mudah banget dipraktikkan.

Selalu saja ada cerita suka dan duka di balik proses pembuatan nirmana.

Untuk kamu yang belum tahu, cara membuat nirmana itu gak gampang loh, dibutuhkan ide, tenaga, dan waktu yang panjang sampai akhirnya benar-benar beres. Meski begitu, pengalaman membuat nirmana tidak akan pernah terlupakan. 😥

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Nirmana adalah seni yang di dalamnya terdapat elemen-elemen dasar desain grafis, seperti titik, garis, bentuk, dan warna. Jika ingin pembahasan yang lebih lengkap tentang apa itu nirmana, jenis, dan manfaatnya bisa kamu baca di artikel yang sudah kami tulis sebelumnya, GenK.

Balik lagi soal nirmana, seni ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu nirmana dwimatra (dua dimensi) dan nirmana trimatra (tiga dimensi) yang masing-masing punya nilai estetika tersendiri. 

Nah, salah satu media yang digunakan apabila kamu mau membuat trimatra adalah sedotan. Di dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang dasar-dasar cara membuat nirmana sedotan yang wajib banget diketahui anak desain. 

Mari baca selengkapnya, GenK. 😁

Baca Juga
6 Jenis Kertas yang Wajib Anak Desain Ketahui

Apa Itu Nirmana Sedotan?

nirmana sedotan

Contoh nirmana sedotan (sumber: carajuki.com)

Lazimnya, sedotan digunakan untuk mentransfer minuman yang ada di dalam wadah ke dalam mulut peminum dengan cara dihisap. 

Berhubung kamu anak kreatif nih, dibuat menjadi kerajinan tangan dari sedotan juga bisa loh. Misalnya dijadikan dekorasi lamp shade, hiasan dinding, atau bahan dasar nirmana trimatra. 🤩

Nirmana sedotan adalah kerangka seni nirmana trimatra yang dibangun secara vertikal dan horizontal menggunakan bahan dasar sedotan. 

Kerangka jembatan dari sedotan (sumber: mybaba.com)

Misalnya seperti gambar di atas, yaitu kerangka jembatan yang terbuat dari sedotan. Ini merupakan salah satu contoh manfaat membuat nirmana dari sedotan, GenK. 

Duh melihatnya saja sudah tampak rumit, tapi sebenarnya kamu pasti bisa membuatnya kalau tahu cara membuat nirmana sedotan yang benar. Mau tahu? Lanjut bacanya saja, GenK. 👌

Baca Juga
Ingin Jago Mendesain? Kenali Dulu Dasar Desain Grafis!

Cara Membuat Nirmana Sedotan 

Banyak banget bentuk yang bisa kamu buat dari sedotan. Akan tetapi di artikel kali ini kami bakalan memberikan tutorial cara membuat nirmana sedotan yang paling mudah, yaitu bentuk kubus. Cus lah ke step pertama~ 🤷🏻‍♀️

Step 1 – Menyiapkan alat dan bahan

Cara membuat nirmana sedotan yang pertama adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. 

Sebenarnya hanya ada tiga benda yang dibutuhkan, yaitu sedotan, gunting, dan penggaris. Di luar ketiga benda tersebut hanya menjadi barang alternatif saja, GenK. 

Step 2 – Membuat kuncian

Perlu lem gak yah? 😬

Jawabannya adalah tidak, karena kamu sudah membuat kuncian jadinya tidak perlu menggunakan lem lagi deh. Kuncian berfungsi sebagai penghubung antara kerangka sedotan satu dengan sedotan lainnya.

Semakin kuat kuncian, akan semakin kokoh pula kerangkanya. Oh iya, kuncian juga terbuat dari sedotan loh. So, kamu gak perlu pusing menyiapkan bahan lain. 

Cara membuat kuncian nirmana sedotan sangat mudah. Berikut adalah step-by-step pembuatannya:

cara membuat nirmana sedotan

  1. Potong sedotan menjadi 3-5 cm. 
  2. Setelah itu potong bagian tengahnya, tapi jangan sampai putus yah. Fungsinya agar sedotan bisa ditekuk.
  3. Kemudian potong juga di masing-masing ujung sisi sedotan sesuai gambar di atas. Fungsinya supaya kuncian bisa masuk ke lubang sedotan lain. 
  4. Selesai deh kunciannya. Buat kuncian sedotan sebanyak-banyaknya, karena kuncian akan sangat dibutuhkan nantinya.

Step 3 – Memotong sedotan untuk kerangka dasar

Next, karena ini tutorial cara membuat nirmana sedotan bentuk kubus, kamu membutuhkan 12 rusuk kubus dari bahan sedotan, GenK. 

Siapkan sejumlah sedotan, potong sampai panjangnya menjadi 8 cm, dan lakukan terus step tersebut sampai terkumpul 12 batang. 😉

Baca Juga
Cara Membuat Maket Rumah Sederhana untuk Pemula

Step 4 – Memasang kuncian

Ambil satu batang sedotan yang sudah kamu buat pada step sebelumnya. Masukkan kuncian di bagian ujung sedotan A dan sambungkan ke bagian ujung sedotan B.

Step 5 – Membuat bentuk persegi sampai jadi kubus

Sambungkan setiap sedotan menggunakan kuncian sampai membentuk persegi. Setelah itu lanjut lagi sampai akhirnya membentuk kubus. Pastikan posisi kuncian sudah tepat supaya kerangkanya kokoh. 💪

Contoh Nirmana Sedotan

Berikut ini adalah beberapa contoh nirmana sedotan yang dewa banget desainnya. Sangat bagus kalau mau dijadikan sebagai referensi saat brainstorming ide. 🤯

nirmana sedotan

Bentuk nirmana trimatra (sumber: insta-stalker.me)

nirmana trimatra

Contoh nirmana sedotan (sumber: insta-stalker.me)

nirmana trimatra

Kerangka nirmana sedotan (sumber: insta-stalker.me)


Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini Dia Fenomena Ilusi Optik di Sekitar Kita

Seni Rupa & Desain

Ini Dia Tutorial Cara Menggambar Wajah Lengkap!

Seni Rupa & Desain

Hand Lettering, Teknik Menggambar Huruf Kekinian

Seni Rupa & Desain

Desain Grafis ala Jepang, Indahnya Perpaduan Tradisional dan Modern

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link