Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
original character

Membuat original character atau OC itu butuh tips dan trik tersendiri. Memang agak sulit, tapi bukan mustahil untuk dipelajari. Kamu ingin membuat OC? Ayo simak penjelasan dan cara pembuatannya!

Setiap ilustrator atau komikus berlomba-lomba unjuk gigi untuk memberikan kesan terbaik kepada pembaca. Karena mereka harus bersaing dengan banyaknya ilustrator berbakat di luar sana. Salah satu caranya adalah dengan membuat original character yang menonjolkan ciri khas masing-masing kreator. 

Tapi, apa itu original character atau OC? Di artikel kali ini kami akan membahas soal apa itu OC dan bagaimana cara membuatnya. Buat kamu yang haus akan informasi, yuk simak penjelasannya!

Apa Itu Original Character?

original character 1

(sumber: aminoapps.com)

Original character atau OC adalah karakter yang dibuat bukan berdasarkan karakter lain yang sudah ada sebelumnya. Sehingga tidak melanggar hak cipta seseorang atau pihak tertentu. 

Dengan kata lain, kamu sebagai kreator akan membuat karakter fiktif baru yang dimulai dari nol. Istilah ini awalnya digunakan dalam dunia fanfiction yang merujuk pada karakter baru yang tidak diperkenalkan secara resmi dalam sebuah cerita, biasanya ditemukan di platform baca buku online, GenK.

OC biasanya dibuat oleh author atau fan artist yang memang gemar menggambar. Namun ada aturannya loh. Misal kamu sangat suka dengan karakter Asuna dari anime “Sword Art Online”. Meskipun dia adalah favoritmu, kamu tidak boleh membuat karakter yang mirip dengannya jika ingin dikatakan sebagai karya OC.

Baca Juga   7 Jenis Logo dan Cara Penggunaannya yang Wajib Diketahui Anak Desain

Bagaimana Cara Membuat Original Character?

Berkarya dan terus berkarya. Ini adalah saat yang tepat untuk menunjukkan skill menggambarmu kamu kepada mereka. Buatlah original character sebagai identitas kamu untuk mulai terjun ke dunia ilustrasi. Berikut adalah beberapa cara membuat original character. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita mulai!

1. Membuat Konsep Karakter

Pertama-tama buatlah konsep karakter dari segi fisik. Apa jenis kelaminnya? Apakah dia manusia atau mungkin hybrid? Jelmaan manusia dan kelinci? Apakah dia punya kekuatan super? 

desain karakter

Desain karakter (sumber: behance.net/chabeescalante)

Berikutnya tentukan dari segi psikologisnya. Apakah dia periang? Pemurung? atau mungkin seseorang yang moody. Nantinya semua hal tersebut menjadi landasan watak dan kepribadian tokoh.

Kerahkan seluruh imajinasimu untuk membuat konsep dasar karakter. Konsep dasar ini kemudian akan digunakan sebagai landasan untuk membuat OC kamu kedepannya. Maka dari itu pastikan kalau semuanya sudah matang dan siap untuk masuk ke tahap perancangan yang berikutnya.

2. Membuat Nama Karakter

Seperti baru terlahir ke dunia, karakter buatanmu juga butuh nama, GenK. Pemilihan nama menjadi penting sebagai salah satu cara untuk melakukan branding diri saat pertama kali dilihat oleh pembaca. Ini dia beberapa saran saat pemilihan nama:

  1. Jangan memberikan nama yang sama denganmu. Beberapa orang merasa OC adalah cerminan diri, sehingga kadang terlalu banyak intervensi soal kehidupan asli si ilustrator. Akibatnya, karakter buatanmu tidak 100% orisinil karena copy-paste dari pribadimu sendiri. 
  2. Nama Jepang? Boleh juga tuh. Menggunakan nama ala Jepang dapat menggaet hati para pecinta Jejepangan. Sehingga mereka jadi tertarik dengan OC buatanmu. Namun tetap ingat untuk tidak terlalu memaksakan jika original character milikmu ternyata berasal dari luar Jepang.
  3. Pilih nama yang bermakna. Segala sesuatu pasti bermakna, termasuk nama OC kamu, GenK. Pilihlah nama bermakna yang berhubungan dengan sifat dan watak tokoh yang bakal kamu rancang di desain karakter nantinya.
  4. Hindari nama yang terlalu panjang. Di beberapa daerah ada yang menggunakan lebih dari 3 penggal kata untuk nama. Namun dalam pembuatan OC, hindari penggunaan nama yang terlalu panjang, karena tidak semua pembaca akan mengingat nama OC-mu, GenK.
Baca Juga   Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

3. Mulai Mendesain Karakter

Desain karakter adalah proses memvisualisasikan karakter yang disesuaikan dengan konsep dasar, seperti fisik dan psikologisnya. Konsep tersebut kemudian dikembangkan menjadi nama, bentuk tubuh, pose, ekspresi, sampai gaya busana karakter OC-mu.

(sumber: giphy.com)

Dalami dulu tentang apa itu OC, lalu kenali karakter seperti apa yang kamu buat di konsep dasar agar lebih mudah menerjemahkannya ke dalam bentuk visual. Terdapat beberapa hal yang menjadi fokus saat mendesain karakter:

  1. Gunakan konsep natural. Kami tahu, desain adalah sesuatu yang bebas. Apalagi kalau ini berhubungan dengan OC, kamu pasti ingin menumpahkan segala imajinasimu ke dalamnya bukan? Eits, segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik loh. Membuat appeal karakter yang natural juga sudah oke kok.
  2. Kostum dan aksesoris sebagai ciri khas. “Oh, yang baju merah punya kekuatan menembakkan api! Kalau yang baju hijau mampu memanipulasi pandangan manusia!”, ini merupakan bukti bahwa kostum dan aksesoris bisa meninggalkan kesan di benak pembaca.

Ingin menguasai cara mendesain karakter lebih lanjut? Simak penjelasan lengkap di artikel kami sebelumnya.

4. Plot Seputar Masa Lalu Karakter

original character 4

(sumber: giphy.com)

“Wah! Dia mirip denganku!”

Baik disadari atau tidak, memiliki kesamaan masa lalu dengan seseorang nyatanya mampu mempererat ikatan batin loh. Makanya ketika pembaca melihat original character milikmu memiliki kesamaan dengannya, mereka langsung tertarik untuk mencari tahu lebih dalam bagaimana kisah OC-mu. Berikut adalah beberapa kejadian masa lalu yang sering digunakan sebagai plot cerita:

  1. Kehilangan seseorang yang dicintai, seperti keluarga, sahabat, atau hewan peliharaan.
  2. Mengalami masa-masa kelam di bangku sekolah, seperti bullying, susah bergaul, persaingan antar siswa, dan lain-lain.
  3. Punya kebiasaan aneh, misalnya suka hujan, suka minum kopi tepat jam 4 sore menjelang senja, atau gemar memotret dari atas rooftop sekolah.
  4. Perceraian orang tua, biasanya dialami oleh tokoh utama yang akhirnya merubah hidupnya di masa mendatang.
  5. Dan masih banyak lagi, GenK!

5. Menentukan Superpower 

superpower

(sumber: giphy.com)

Bisa teleportasi, mengendalikan angin, atau berlari melebihi kecepatan mobil, ini merupakan contoh superpower yang kerap digunakan ilustrator untuk original character-nya. Yap, tidak semua karakter memiliki superpower, tapi kalau kamu ingin memberikan kekuatan spesial pada OC-mu, kami punya beberapa tips yang dapat kamu terapkan. Ini dia beberapa tipsnya:

  1. Hindari overpower. Overpower atau OP itu gak baik loh, GenK. Cukup pilih satu keistimewaan yang ada pada diri OC buatanmu. Kalau terlalu OP, pembaca jadi berasumsi duluan kalau siapapun musuhnya pasti dia yang akan menang. Jadi gak seru deh.
  2. Pilih kekuatan yang sangat spesial. Meskipun OC milikmu hanya punya satu jenis kekuatan, tapi pilihlah kekuatan yang sangat spesial. Sehingga ada pembeda antara protagonis dengan tokoh lainnya.
Baca Juga   Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

6. OC x OC

oc couple

(sumber: kemonozume.tumblr.com)

Maksudnya adalah memasangkan antara satu OC dengan OC lainnya. Ini menjadi cara yang paling mudah untuk menarik minat pembaca yang memang doyan jadi shipper. Selain itu, pasangan yang kamu buat ini berguna untuk membangun fandom dan euforia penggemar. Dijamin gak akan menyesal, GenK! Buat kapal OC x OC-mu berlayar!

Semoga cara membuat original character di atas dapat membantu kamu untuk terus berkarya yah, GenK. Tunggu apa lagi? Segera ambil alat gambar dan mulai membuat OC pertamamu. Yuk bikin sekarang!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

            Artikel Selanjutnya