Cara Menerapkan Orisinalitas Desain Biar Karyamu Beda dari yang Lain

Dibaca Normal: 4 menit aja
orisinalitas desain

Membuat karya orisinil merupakan suatu hal yang paling diinginkan seorang seniman. Tentu saja kamu juga dipengaruhi oleh banyak hal ketika menciptakan sebuah desain. Hal-hal tersebut merupakan sumber yang menjadi referensi, terutama seperti influence-mu, penemuanmu akan sesuatu yang baru, passion-mu, serta proses pembuatan desain itu sendiri. Nah, ada caranya untuk menciptakan orisinalitas desain di dalam karyamu biar desain kamu jadi orisinil banget. Mari kita simak!

1. Rencanakan konsep yang orisinil

perencanaan konsep desain

sumber: instructables.com

Pemikiran atau ide yang orisinil bisa membantumu menyelesaikan berbagai project baru. Setiap seniman membutuhkan konsep yang orisinil. Pikirkan ide seperti apa yang ingin kamu ekspresikan? Jika kamu merasa idenya masih terlalu mengambang, coba tuliskan atau buat desain sketsa sebagai gambaran. Ini akan sangat membantumu mengeksplorasi ide dengan lebih baik lagi.

2. Resapi dan abadikan peristiwa yang terjadi di sekitar

mengabadikan momen

sumber: pexels.com

Pengalaman dan kejadian yang menyenangkan biasanya membuatmu menemukan hal baru. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai sumber ide keaslian desain kamu, lho. Jadi, kamu bisa mengamati keadaan di sekitarmu. Saat ada suatu hal menarik kamu bisa langsung mencatatnya, memotret atau merekamnya dalam video. Ini bisa menjadi inspirasi yang menarik bagimu. Kamu pun bisa menjadikannya materi project yang bagus buatmu.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Mengenal Procreate, Pesaing Adobe Photoshop untuk Gambar Digital

3. Pertimbangkan satu atau banyak sumber

penggunaan berbagai sumber

sumber: tutsplus.com

Sebagai seniman dan desainer, ada banyak sumber yang bisa dijadikan inspirasi. Nah, kamu bisa menghindari kekakuan untuk menggunakan sumber hanya satu saja. Sebab, kenyataannya, ketika kamu bisa menggunakan banyak sumber sekaligus, ini akan membantumu lebih mudah dalam membuat karya yang orisinil. Jadi, kamu bisa bereksperimen dengan sumber-sumbermu tersebut.

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Seni Rupa & Desain

Ikebana, Seni Merangkai dan Memaknai Bunga dari Jepang

Seni Rupa & Desain

Karya Seni Indah Ini Terbuat Dari Berbagai Jenis Makanan, Loh!

Seni Rupa & Desain

Bikin Tulisan Kece Lewat 8 Aplikasi Pembuat Font Ini

Seni Rupa & Desain

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa & Desain

6 Referensi Gaya Desain Grafis yang Menginspirasi 

Quizzes

Slider