5 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula Sampai Profesional

Dibaca Normal: 8 menit aja
pen tablet

Akan sangat sulit jika kamu menggambar digital menggunakan mouse. Daripada repot, kami punya 5 rekomendasi pen tablet yang bisa menjadi pilihanmu agar lancar saat menggambar digital.

Coba sebutkan apa saja starter pack yang dibutuhkan seorang digital painter? 抽

Ada tiga barang yang wajib banget ada, yaitu PC atau laptop desain grafis, mouse, dan pen tablet.

Sekarang kita fokus pada barang yang ketiga, yaitu pena digital. Ini merupakan alat yang digunakan sebagai pengganti pensil dan kertas yang kamu pakai untuk menggambar secara manual.

pen tablet 1

Ilustrasi menggambar dengan tablet grafik (sumber: lectureinprogress.com)

Tinggal install dan colok USB maka sudah bisa langsung digunakan deh. Praktis banget!

Saat ini sudah ada berbagai macam jenis pena digital. Dari banyak jenis dan merek yang ada di pasaran, tentu kamu harus pintar memilah manakah yang worth it untuk dibeli. Harganya tidak murah loh. Bakalan sayang banget kalau sampai salah beli, GenK. 儭

Untuk menghapus kebingungan kamu itu, kami akan membagikan beberapa daftar rekomendasi pen tablet yang bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli.

Apa Itu Pen Tablet?

Menurut Wikipedia, drawing pad atau pen tablet adalah hardware yang digunakan untuk menggambar dengan tangan dan kemudian memasukkan gambar atau sketsa tersebut langsung ke dalam komputer layaknya menggambar manual menggunakan pensil. 儭

pen tablet 2

Contoh tablet grafik (sumber: reviewkomputer.com)

Dalam satu set drawing pad terdapat tablet digital dan sebuah kursor yang digerakkan oleh pena digital. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu per satu yuk!

  • Tablet Digital

Tablet memiliki permukaan yang pipih. Digunakan sebagai alas gambar atau pengganti kertas. Terdiri dari perlengkapan elektronik yang mampu mendeteksi gerakan kursor dari pena digital. Hasil gambar tidak terlihat di sini, melainkan di layar komputer, GenK.

  • Pena Digital

Kalau yang ini merupakan pengganti pensil jika kamu menggambar secara manual. Nama lain dari pena digital adalah stylus. Tidak memakai tinta, melainkan sudah dalam bentuk elektronik.

Saat kamu menggambar di atas tablet digital, alat tersebut akan menerjemahkannya menjadi sinyal digital. Kemudian langsung dikirim ke komputer. Setiap titik atau gerakan yang kamu buat merupakan representasi titik atau gerakan yang terjadi di layar komputer.

  • USB

Merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara tablet digital dengan komputer. Tidak perlu digunakan jika tablet grafik milikmu punya fitur wireless.

Baca Juga
Tiga Animator Indonesia Jagoan 2D

Bagaimana Cara Memilih Pen Tablet yang Tepat?

Jika kamu adalah seorang pemula, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli drawing pad. Bisa dilihat dari sisi kualitas, spesifikasi, harga, dan tingkat kenyamanan saat kamu menggunakannya.

pen tablet 3

Ilustrasi menggambar dengan pen digital (sumber: lynda.com)

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu, GenK.

  • Pilih ukuran yang sesuai dengan tempat kamu menggambar

Saat kamu pergi ke toko elektronik untuk membeli drawing pad, pasti penjual akan menawarkan berbagai macam model dan ukuran kepada kamu, GenK. Ingat! Jangan kalap mata! Belum tentu yang modelnya bagus cocok buat kamu.

Pastikan ukuran tablet digital pas dengan space yang ada di meja kerja kamu. Area kerja yang lebih besar tentu akan memberi lebih banyak ruang untuk menggambar.

Biasanya semakin besar ukuran tablet maka akan semakin tinggi pula kualitas input, karena punya tombol kontrol yang lebih banyak. Sehingga bekerja pun jadi lebih efisien.

  • Tergantung tumpuan tangan

Selain dari space kerja, perhatikan juga bagaimana cara tangan kamu saat menggambar. Apakah bertumpu dengan pergelangan tangan atau siku?

Jika tangan kamu saat menggambar bertumpu di pergelangan tangan, maka pilihlah tablet digital ukuran S atau M (kecil).

Sedangkan jika tangan kamu saat menggambar bertumpu pada siku, maka pilihlah tablet digital ukuran L (besar). Coba perhatikan deh. Saat kamu bertumpu pada siku, maka akan memakan banyak tempat untuk menggambar. Makanya disarankan untuk membeli tablet digital dengan ukuran besar.

  • Perhatikan tingkat sensitivitas stylus

Tingkat sensitivitas stylus dibagi menjadi 3 level, yaitu 2048, 4098, dan 8192. Ketiga level tersebut menentukan tekanan dari stylus. Ini akan sangat terasa jika kamu mulai terbiasa menggunakan tablet grafik.

Level tekanan 8192 adalah yang terbaik, GenK. Namun buat kamu yang masih pemula disarankan untuk menggunakan stylus level 4098. Karena level tersebut mempunyai performa dan harga pen tablet yang ideal untuk kamu yang baru mulai belajar digital painting.

Apa sih yang dimaksud tekanan pada stylus?

Mungkin kamu akan bertanya demikian.

Sebenarnya maksud tekanan di sini adalah bagaimana cara kamu membuat goresan di tablet dengan menggunakan stylus. Ibarat menggambar pakai pensil, semakin kuat kamu menekan pensil maka akan semakin tebal pula hasil goresannya. Ini juga berlaku pada drawing pad. Sensitivitas tekanan yang lebih banyak akan memberi lebih banyak variasi dalam ketebalan garis, GenK.

  • Ada tombol untuk kontrol sederhana

Ada banyak merek tablet grafis yang dilengkapi dengan tombol fungsional. Tombol ini memang diprogram sesuai dengan kebutuhan kamu.

Beberapa model tablet menyertakan kunci di sekitar permukaan tablet digital. Sementara beberapa model menyertakan tombol pada stylus.

Tombol kontrol ini dapat menghemat waktu dan membuat pekerjaan jadi lebih efektif dengan melakukan navigasi secara langsung pada tablet.

  • Pilih drawing pad sesuai budget

Saat membeli barang, kamu tidak hanya melihat review produk, tetapi juga pertimbangkan harga pen tablet yang ditawarkan.

Sekarang lihat saldo tabunganmu. Kira-kira berapa banyak jumlah uang yang akan kamu sisihkan untuk membeli tablet grafis. Jika kamu lebih mengedepankan kualitas, maka kami sarankan untuk membeli merek Wacom. Namun jika budget kamu terbatas, maka kami menyarankan untuk membeli pen tablet murah seperti merek XP-PEN atau HUION.

Semua tergantung apa yang lebih kamu prioritaskan. Jadi gak perlu lama-lama deh galaunya.

Baca Juga
Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Jenis-Jenis Pen Tablet

Karena tadi sudah membahas soal tips dan trik sebelum membeli seperangkat tablet grafik, sekarang saatnya membahas jenis-jenisnya nih, GenK. Seperti yang sudah kami janjikan di atas, berikut adalah rekomendasi pen tablet untuk pemula sampai profesional.

  • Wacom Intuos Pro

pen tablet 4

Wacom Intuos Pro (sumber: backcs.co.uk)

Pen tablet yang kami rekomendasikan pertama buat kamu adalah Wacom Intuos Pro. Untuk membeli satu set set tablet ini, kamu perlu merogoh kocek dalam-dalam, GenK. Walaupun demikian, harga gak akan bohong deh. Karena tablet grafik ini menawarkan beragam fitur yang sangat canggih.

Terdapat 3 jenis ukuran, yaitu small, medium, dan large. Hadir dengan sensitivitas tekanan pena yang maksimal, yaitu pada level 8192. Sehingga saat kamu menggambar di atas tablet digital rasanya hampir sama dengan menggambar di kertas. Memungkinkan kamu untuk membuat goresan yang alami layaknya menggambar secara manual.

Kombinasi antara sensitivitas tekanan dan alaminya goresan menjadikan tablet ini sangat potensial untuk para desainer grafis. Pokoknya cocok banget buat kamu yang hobi menggambar dan melukis digital yang ingin menonjolkan detail dan ketelitian.

Selain dua kombinasi yang impresif, ada juga teknologi ExpressKeys dan Touch Ring. Keduanya merupakan tombol kontrol yang dapat digunakan sebagai jalan pintas agar menghemat waktu kerja.

Berikut adalah detail spesifikasi Wacom Intuos Pro ukuran M:

Area Aktif Tablet Digital 8.7 x 5.8 inci
Level Stylus 8192
Tombol Kontrol 8 ExpressKeys
Wireless Support Bluetooth
  • Wacom Bamboo CTL 471

pen tablet 5

Wacom Bamboo CTL 471 (sumber: pcmag.com)

Masih dari perusahaan Wacom, rekomendasi tablet berikutnya adalah Wacom Bamboo CTL 471. Kalau yang ini lebih ringan daripada Intuos Pro. Hadir dengan kualitas bawaan yang canggih dan menawarkan ergonomi yang sangat baik. Sehingga tablet ini mudah dibawa kemana-mana saat bekerja.

Tenang saja, GenK, tablet grafik ini kompatibel untuk Windows dan mac OS.

Selain itu keunggulan dari Wacom Bamboo adalah posisinya dapat dibalik, sehingga ideal digunakan oleh pengguna yang tangan kanan maupun tangan kiri (kidal).

Mau membuat ilustrasi? Bisa.

Mau mendesain karakter? Juga bisa.

Semua objek bisa kamu buat dan oleh siapa saja, GenK.

Supaya lebih paham apa saja spesifikasi yang ditawarkan oleh Wacom Bamboo CTL 471, berikut adalah detailnya. Yuk dicek!

Area Aktif Tablet Digital 5.8 x 3.6 inci
Level Stylus 1024
Resolusi 2540 LPI
Titik Akurat 0.02 inci
Report Rate 133 RPS

Baca Juga
7 Cara Membuat Infografis Cepat dan Mudah

  • HUION H640P

pen tablet 6

HUION H640P (sumber: ebay.com)

Sekarang saatnya membahas produk dari HUION. Rekomendasi tablet grafik berikutnya adalah HUION H640P. Walaupun harganya tergolong murah, tapi kualitasnya gak murahan, GenK.

Karena harganya yang cukup terjangkau inilah banyak desainer pemula yang akhirnya memilih alat ini. Dari segi brush terbilang nyaman untuk membuat goresan-goresan sederhana.

Ukurannya yang tidak terlalu lebar, tipis, serta ringan membuat tablet ini ideal untuk dibawa kemana-mana. Gak bakalan bikin tas kamu sesak deh. Jarak kampus dan kantor sejauh apa pun bukan masalah.

Berikut adalah detail spesifikasi HUION H640P yang wajib banget kamu ketahui jika tertarik untuk membelinya, GenK:

Area Aktif Tablet Digital 6.3 x 3.9 inci
Level Stylus 8192
Resolusi 5080 LPI
Tombol Kontrol 6 Tombol Kontrol

  • XP-Pen Deco 01

pen tablet 7

XP-Pen Deco 01 (sumber: sa.pricena.com)

Drawing pad yang berikutnya akan kami bahas adalah seputar XP-Pen Deco 01 yang cocok banget untuk pemula. Tablet ini dapat mendeteksi sensitivitas tekanan sampai level 8192 loh. Sehingga goresan brush yang kamu buat akan terlihat lebih realistis. Mau melukis digital dengan menonjolkan detail juga bisa.

Karena area aktif permukaan tablet digitalnya besar, sangat memungkinkan kamu untuk menggambar dalam kondisi cahaya gelap. Gak perlu takut mencong ya, GenK.

Tablet ini juga mempertimbangkan untuk pengguna tangan kiri (kidal). Makanya, tablet ini bisa dibalik arah bagi kamu yang terbiasa menulis dan menggambar dengan tangan kiri.

Bentuknya yang tipis dan ringan cocok dibawa kemana saja. Bahkan jika kamu sedang mencari inspirasi desain di luar ruangan. Ketebalan tablet ini hanya 8 mm. Tipis banget! Ransel pun tidak akan sumpek kalau kamu mesti bawa tablet ini kemana-mana.

Ini dia detail spesifikasi XP-Pen Deco 01:

Area Aktif Tablet Digital 10 x 6.25 inci
Level Stylus 8192
Resolusi 5080 LPI
Titik Akurat 0.01 inci
Report Rate 266 RPS

Baca Juga
Cara Membuat Nirmana Sedotan Mudah dan Gak Ribet

  • Wacom Cintiq Pro 13HD Creative Pen Display

pen tablet 8

Wacom Cintiq Pro 13HD Creative Pen Display (sumber: wacom.com)

Sedikit berbeda dari tablet grafik yang sebelumnya sudah kami jelaskan, dengan Wacom Cintiq, kamu bisa langsung menggambar di atas layarnya, GenK! Canggih banget!

Hadir dengan seri LCD yang memiliki akurasi warna full HD dengan perkiraan 87%. Ini merupakan angka yang sangat tinggi untuk standar akurasi warna. Jadi kamu gak perlu khawatir antara warna di layar saat kamu mendesain dengan warna saat karya kamu dicetak. Persis seperti ekspektasi kamu.

Kompatibel untuk Windows maupun macOS.

Jika kamu adalah seorang ilustrator dan desainer grafis profesional, drawing pad ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Akan tetapi untuk menikmati fitur canggih dari Wacom Cintiq, kamu harus merogoh kocek dalam-dalam hingga belasan juta rupiah. Namun harga yang mahal benar-benar sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Berikut adalah rincian spesifikasi Wacom Cintiq 13HD Creative Pen Display:

Area Aktif Tablet Digital 11.6 x 6.5 inci
Ukuran Layar 13.3 diagonal
Level Stylus 8192
Input Grafik HDMI atau Mini Display Port dengan kabel adaptor

Masing-masing pen tablet memiliki fitur spesial. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya. Tidak perlu beli yang mahal jika kamu tidak nyaman saat menggunakanya, begitu pula sebaliknya. Utamakan kenyamanan, maka menggambar digital pun jadi lebih semangat dan kreatif! 予

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Nirmana Sedotan Mudah dan Gak Ribet

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Moodboard Kece yang Praktis dan Simpel

Seni Rupa & Desain

7 Referensi Template PPT Keren yang Menginspirasi

Seni Rupa & Desain

7 Langkah Cara Membuat Kliping yang Unik dan Kreatif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link