Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Dibaca Normal: 4 menit aja
prinsip tipografi

Anak desain grafis mana suaranya? Ini dia artikel khusus, buat kamu yang selalu berkutat dengan ragam elemen visual dan puluhan revisi. Kami akan membahas secara lengkap tentang prinsip tipografi di sini. Dijamin, proses pembuatan desainmu akan jadi lebih mudah. 

Jika konten adalah sang raja, maka tipografi adalah mahkota dan desain adalah tahtanya.  Tipografi menjadi salah satu elemen penting dalam dunia industri kreatif, atau secara spesifik di bidang desain grafis, GenK. 

Tipografi adalah elemen esensial yang  akan membantumu membuat setiap konten jadi lebih menarik. Bukan hanya tampil lebih oke, kontenmu juga bisa lebih mudah diterima oleh konsumen loh. Maka dari itu, prinsip tipografi dasar merupakan hal yang harus dikuasai kalau kamu ingin sukses dalam dunia desain grafis. Yuk simak penjelasan lengkapnya!

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Pengertian Tipografi 

Prinsip tipografi 1

Struktur tipografi (sumber: changemediagroup.com)

Langkah pertama untuk belajar prinsip tipografi adalah dengan mengenal terlebih dahulu pengertian tipografi yang sebenarnya, GenK. Ibarat kata pepatah nih, tak kenal maka tak sayang. 🤭

Tipografi merupakan media yang digunakan  untuk menerjemahkan suatu karya visual ke dalam bentuk bahasa yang dapat dengan mudah dimengerti oleh orang banyak. 

Mulai detail piksel yang menyusun bentuk koma, sampai menyusun blok teks pada baseline grid, tipografi akan membantumu merancang struktur informasi dengan lebih tertata. 

Berbicara soal tipografi bukan hanya tentang bermain font dan berkreasi dengan typeface, tapi bagaimana memanfaatkan tipografi sebagai alat untuk memaksimalkan potensi sumber daya berupa elemen desain dengan lebih baik. 

Baca Juga
Psikologi Warna: Cara Mengenal Seseorang lewat Warna Favoritnya

Font vs Typeface 

Prinsip tipografi 2

Perbedaan antara font dan typeface (sumber: digitalsynopsis.com)

Setelah membahas pengertian tipografi di atas, pasti ada satu pertanyaan yang kemudian muncul di benakmu, apa sih perbedaan antara typeface dan font? Hayo, siapa yang sering kebingungan dengan dua istilah yang umum dipakai di dunia desain grafis ini? 🤔

Baik di bidang desain cetak maupun digital, font merupakan kombinasi karakter yang meliputi berat, ukuran, dan gaya dari suatu huruf, angka, atau simbol tertentu. Sementara typeface merujuk ke bentuk desain visual karakter dari sekumpulan huruf tadi. 

Kalau diibaratkan nih, typeface merupakan ‘wajah’ yang membedakan antara suatu keluarga huruf dengan kumpulan huruf lainnya dan font adalah badan yang merupakan satu kesatuan elemen tipografi itu sendiri. 

Baca Juga
Tiga Animator Indonesia Jagoan 2D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

6 Aturan Membuat Original Character, Biar Tidak Plagiat!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Poster Film Sesuai Genre

Seni Rupa & Desain

Ragam Seni Penuh Nilai Estetik dari 5 Jenis Printmaking

Seni Rupa & Desain

Merealisasikan Ide dengan 5 Tahapan Design Thinking Berikut Ini

Seni Rupa & Desain

Mirip Tapi Tak Serupa, Ini Dia Perbedaan Antara Emoji dan Emoticon

Seni Rupa & Desain

Tak Hanya Lukisan, 5 Jenis Fine Art Berikut Punya Nilai Estetika Tinggi

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>